10 Cara Merawat Mobil Baru dengan Baik dan Benar

Bagi anda yang saat ini memiliki mobil baru dan penasaran bagaimana sebenarnya cara merawat mobil baru yang baik dan benar. Artikel yang akan kami bahas saat ini sangat cocok untuk anda.Cara merawat mobil baru tidaklah susah. Walaupun mobil baru anda perlu perawatan agar tetap terlihat bagus dan baik dalam segi penampilan maupun performa mesin.

Anda perlu melakukan perawatan rutin tersebut dirumah. Meskipun perawatan yang akan kami paparkan ini sangat sederhana namun akan sangat mempengaruhi kinerja mobil anda. Nah, untuk anda yang memiliki mobil baru, berikut beberapa cara merawat mobil baru yamg dapat anda lakukan secara rutin demi menjaga performa mobil baru anda :

  1. Menjaga Interior Mobil dari Jamur

Cara pertama adalah dengan menjaga interior mobil dari jamur yang biasanya menyerang bagian kaca mobil maupun cat body mobil. Bila sampai terdapat jamur yang melekat pada bagian mobil tersebut, tentunya akan mengurangi tampilan mobil anda dan membuat mobil baru anda terlihat kotor. Tentu saja anda tidak mau kan, mobil baru kesayangan anda kotor hanya gara-gara jamur.

  1. Rutin Mencuci Mobil

Selanjutnya adalah jangan lupa rutin mencuci mobil kesayangan anda. Meskipun ini sepele, tapi ini sangat penting. Membersihkan mobil secara teratur akan sangat mempengaruhi kinerja mobil anda. Mencuci mobil sebenarnya mudah saja, hanya diperlukan kehati-hatian dan juga kecermatan sehingga nantinya tidak ada mobil yang rusak atau lecet akibat pencucian.

Kotoran yang terlalu lama melekat didalam mobil akan sulit untuk dibersihkan dan kemungkinan terparah adalah akan mengakibatkan kerusakan pada mobil baru anda. Setelah mencuci bersih, gunakanlah lap microfiber untuk mengeringkannya agar tidak menimbulkan baret pada body mobil anda. Bila anda memang ragu, anda dapat mencuci mobil anda di salon-salon mobil dikota anda.

  1. Menghindari Sinar Matahari Berlebih

Saat anda melakukan perjalanan jauh, bukan tidak mungkin mobil baru anda akan lama terpapar sinar matahari selama diperjalanan. Namun cobalah sebisa mungkin meletakkan kendaraan anda ditempat teduh, mungkin saat anda memarkir kendaraannya ataupun saat anda istirahat dalam perjalanan.

Anda juga dapat memberikan kain penutup pada mobil anda bila kondisinya sedang panas. Dikarenakan jika mobil anda terpapar sinar matahari terlalu lama akan membuat cat mobil anda mudah kusam dan juga memudar. Tentunya anda tidak mau kan cat mobil baru anda segera memudar?

  1. Menjaga Cat Mobil

Menjaga cat mobil anda agar terjaga keindahan dan keasliannya sangatlah penting. Karena pengaruh cuaca, sinar matahari dan lainnya dapat membuat cat mobil anda mudah kusam. Namun disini anda dapat menggunakan pelindung cat mobil anda. Saat ini terdapat beberapa jenis pelindung cat mobil dipasaran dengan harga, kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang dapat anda pertimbangkan sebelum membelinya. Lebih jelasnya, anda dapat menanyakannya kepada tempat-tempat yang menyediakan jasa pelapisan cat agar lebih jelas.

  1. Rutin Membersihkan Bagian Dalam Mobil

Ini juga sangat penting. Selain membersihkan bagian luar mobil, anda juga harus memperhatikan bagian dalam (Interior) mobil baru anda. Karena ini akan sangat mempengaruhi kenyamanan anda saat berkendara.

Untuk membersihkannya, anda hanya perlu menyiapkan lap bersih dan juga cairan pembersih (shampo) mobil. Semprotkan cairan tersebut dan gosokkan pada bagian-bagian interior yang akan dibersihkan dengan menggunakan lap tersebut.

Selain itu, jangan sampai lupa membersihkan debu didalam mobil secara rutin. Anda dapat menggunakan vacuum cleaner khusus untuk mobil. Bersihkan debu-debu yang menempel pada mobil baru anda khususnya bagian kolong jok mobil, sela-sela mobil, karpet dan lain sebagainya yang terbuat dari karet.

Keluarkan bagian-bagian mobil yang kotor, cuci hingga bersih lalu keringkan. Secara rutin, anda harus membersihkan debu yang menempel pada mobil anda, ini akan membuat sirkulasi udara didalam mobil anda lebih sehat dan bersih, yang akan membuat anda lebih nyaman berkendara.

  1. Merawat Mesin Mobil

Mesin merupakan komponen penting yang bekerja untuk menggerakkan kendaraan, Namun seringkali kondisi mesin ini luput dari perhatian pemilik mobil. Kondisi mesin ini sangat berpengaruh pada kinerja mobil, sudah seharunya diperlukan perawatan khusus untuk mesin anda.

Cara perawatannya adalah dengan rutin membersihkan debu-debu pada bagian mesin mobil. Anda dapat membersihkannya dengan mengelapnya dengan kain ataupun sikat pembersih. Saat ini sudah banyak jenis pembersih mesin mobil anda, yang dijual dipasaran.

  1. Rutin Mengganti Oli Mesin

Salah satu cara merawat mobil baru adalah dengan rutin melakukan pergantian oli mobil. Paling tidak minimal lakukan 6 bulan sekali pergantian oli. Oli yang terlalu lama dan tidak diganti akan menyebabkan pengendapan, sehingga menimbulkan gangguan pada performa mesin mobil anda. Selain oli mesin, perhatikan juga kondisi oli power steering, rem dan transmisi. Fungsi oli dalam mobil adalah melancarkan kinerja komponen-komponen didalam mobil anda.

  1. Gunakan BBM yang Berkualitas

Tips lainnya dalam merawat mobil baru adalah menggunakan bahan bakar kendaraan yang berkualitas. Penggunaan bahan bakar yang tidak tepat akan mengakibatkan kerusakan pada mesin mobil anda. Sehingga akan mempengaruhi kinerja dari mesin mobil anda. Anda dapat membeli bahan bakar resmi dan terdaftar di stasiun peengisian bahan bakar.

  1. Bersihkan Bagian Bawah Mobil

Ini yang paling sering tidak diperhatikan oleh pemilik mobil. Bagian bawah mobil juga perlu diperhatikan. Anda dapat menggunakan kain dan cairan pembersih debu dan kotoran yang melekat di bagian-bagian kolong spartbor dan bagian bawah lainnya.

Tujuan dari membersihkan bagian bawah mobil adalah sebagai penopang bodi mobil dari bahaya karat yang dapat merusak bagian mobil tersebut. Juga jangan lupa mengecek ban mobil anda ketika ingin bepergian, baik tekanan angin maupun ketebalan ban. Ini akan menghindari anda dari bahaya kecelakaan saat berkendara.

  1. Hindari Penggunaan Kendaraan Yang tidak Tepat

Beberapa hal yang perlu dihindari pada penggunaan mobil baru adalah menggunakan mobil dengan kapasitas kecepatan tinggi. Dikarenakan dengan kecepatan tinggi, akan membuat mesin mobil anda cepat mengalami kerusakan.

Selain itu, perhatikan pula penggunaan transmisi yang benar. Sesuaikan transmisi mobil anda dengan fungsi yang sebenar-benarnya. Bila anda sedang dalam kecepatan yang rendah, maka gunakan gigi yang rendah, begitupun sebaliknya.

Hindari juga, jangan terlalu sering mengerem mobil anda secara mendadak. Selain membuat kapas rem mobil anda cepat rusak, ini juga membahayakan pengendara dan ini yang terakhir, sesuaikan beban yang ada di mobil anda dengan beban ideal. Hindari memasukkan muatan yang berlebih yang dapat membuat mobil anda cepat rusak. Kelebihan muatan dalam mobil juga membuat mobil anda tidak stabil dan menjadi penyebab kecelakaan dalam berkendara.

 

Nah, itu tadi 10 cara merawat mobil baru anda dengan baik dan benar. Cara-cara diatas memang sederhana namun tentu saja dapat menjaga performa mobil anda agar selalu baik dan juga menghindari diri anda dari berbagai macam bahaya ketika melakukan perjalanan. Terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca artikel di otomotif1. Tunggu artikel-artikel luar biasa selanjutnya. Salam.

UPDATE TERBARU

Related news

Hati-Hati Jika Ingin Memodifikasi Ban Pada Kendaraan Anda! Bisa Berakibat Fatal Saat Berkendara

Otomotif1.com l – Penggunaan ban bagi sebagian orang seringkali dianggap sebagai hal yang biasa-biasa saja. Perhatian dan pengetahuan tentang ban tidak banyak dimiliki oleh kebanyakan...

Hadapi Musim Penghujan, Mulailah Lakukan Pengecekan Kendaraan dan Persiapan Berkendara Saat Hujan

Otomotif1.com – Beberapa bulan ini beberapa wilayah di Indonesia sudah memasuki musim hujan. Ketika memasuki musim hujan tentu ada hal yang perlu disiapkan sebelum...

Tips Berkendara Aman Melewati Genangan di Kala Musim Penghujan dari Mitsubishi

Otomotif1.com – Berbagai wilayah di Indonesia sudah mulai memasuki musim penghujan, akibatnya ketika hujan lebat terdapat area yang tergenang banjir. Berkendara di tengah guyuran...

Berkendara Aman dan Nyaman Saat Hujan Untuk Sahabat Daihatsu

Otomotif1.com l – Saat ini disebagian besar wilayah Indonesia sudah mulai memasuki musim penghujan, intensitas hujan yang tinggi mengharuskan pengendara untuk lebih berhati-hati dalam...
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here