10 Komponen Penyusun Aki Mobil Paling Lengkap Beserta Penjelasannya

Sudah tidak asing lagi kan dengan benda yang satu ini? Ya benar, Akumulator atau disebut Accu ataupun aki.  Akumulator (Accu atau aki) merupakan sebuah alat yang dapat menyimpan energi (umumnya energi listrik) dalam bentuk energi kimia. Contoh-contoh akumulator adalah baterai dan kapasitor. Pada umumnya, kata akumulator (Accu atau aki) hanya dimengerti sebagai “Baterai” Mobil. Sedangkan dalam bahasa inggris, kata akumulator bisa juga mengacu pada baterai, kapasitor, kompulsator dan lain sebagainya.

Aki merupakan sel yang banyak kita jumpai karena banyak digunakan pada sepeda motor maupun mobil. Aki termasuk sel sekunder karena selain menghasilkan listrik, aki juga dapat diisi arus listrik kembali.

Didalam standart internasional, setiap satu cell akumulator memiliki tegangan sebesar 2 volt. Sehingga aki 12 volt, memiliki 6 cell sedangkan aki 24 volt terdiri dari 12 cell.

Seperti yang kita ketahui bersama, aki sangat penting peranannya sebagai komponen yang menciptakan akselerasi dalam mobil yang kita gunakan. Selanjutnya aki digunakan untuk mensuplai (Menyediakan) arus listrik ke sistem starter, sistem pengapian, sistem lampu baik interior maupun eksterior, audio video dalam mobil maupun komponen lainnya yang berhubungan dengan listrik lainnya dalam mobil.

Sudah tuntas pembahasan terkait definisi dan fungsi dasar dari akumulator (Accu atau aki), selanjutnya akan dibahas tuntas mengenai apa saja komponen-komponen penyusun yang terdapat pada aki. Nah, buat anda sekalian yang selama ini belum tahu apa saja komponen penyusun aki, dapat menyimak dan membaca hingga habis artikel dibawah ini.

Sebelumnya, ada beberapa tipe accu atau aki seperti aki dengan tipe timah-asam (Lead acid), aki penawaran ringan atau aki bebas perawatan, aki berventilasi, dan juga aki rapat (Sealed baterai).

Nah, berikut ini adalah 10 komponen penyusun aki yang harus anda ketahui, beserta penjelasannya :

  1. Kotak Baterai

Kotak Baterai yang terdapat pada aki mobil berfungsi sebagai :

    • Penampung dan pelindung bagi semua komponen baterai yang ada didalamnya seperti layaknya sel, penghubung sel, pemisah sel, palt baterai dan yang lain sebagainya.
    • Selain itu, kotak baterai ini juga berfungsi sebagai ruang endapan-endapan pada bagian bawah kotak baterai. Pada umumnya warna baterai ini transparan, ini agar dapat melihat jumlah elektrolit baterai tersebut berapa jumlahnya.

2. Tutup Baterai

Komponen yang kedua adalah tutup baterai, umunya tutup baterai ini berfungsi untuk :

    • Tutup bagian atas baterai
    • Tempat dudukan terminal-terminal baterai
    • Dan Lubang Ventilasi

3. Plat Baterai

Plat baterai pada aki terdiri dari plat positif dan plat negatif. Keduanya berbahan antimony dan paduan timah. Salah satu yang mempengaruhi kemampuan baterai dalam mengalirkan arus adalah jumlah dan ukuran platnya. Semakin besar dan banyak platnya, maka semakin besar pula platnya. Bagian ini pula yang biasanya membuat aki cepat kering, untuk itu kenali tanda aki yang kering agar bisa memberikan penanganan lebih cepat.

   4. Separator atau Penyekat

Komponen yang terdapat pada aki selanjutnya adalah separator atau penyekat. Separator sendiri ditempatkan diantara plat positif dan plat negatif. Adapun bentuk dari separator ini memiliki pori-pori supaya memumngkinkan larutan elektrolit melewatinya. Separator berfungsi juga guna mencegah hubungan simgkat antar plat.

   5. Sel

Lalu sel. Sel atau elemen pada aki ini terdiri atas satu plat positif dan plat negatif yang dibatasi oleh penyekat diantara kedua plat tersebut. Sel-sel baterai dihubungkan secara seri atau dengan lainnya, sehingga jumlah sel baterai akan menentukan besarnya tegangan baterai yang dihasilkan.

   6. Penghubung Sel

Berikutnya adalah penghubung sel. Penghubung sel adalah plat logam yang dihubungkan dengan plat-plat baterai. Ada 2 jenis plat penghubung pada setiap sel yaitu untuk plat positif dan plat negatif. Penghubung sel pada lipat positif dan negatif akan disambungkan secara seri untuk semua sel. Dengan melakukan perawatan pada komponen ini, berarti anda melakukan salah satu cara merawat aki kering untuk menjaga kondisi baik aki secara keseluruhan.

  7. Pemisah Sel

Bagian ini merupakan bagian dari kotak yang memisahkan setiap sel yang ada didalam komponen-komponen aki, tanpa adanya bagian yang satu ini, tentu saja aki tidak bisa bekerja dengan baik.

     8. Terminal Baterai

Pada umunya ada dua buah terminal pada baterai yakni terminal positf dan terminal negatif yang terletak pada atas aki. Dalam hal ini sebaiknya anda dapat membedakan mana terminal positif dan mana terminal negatif.

    9. Tutup Vensitalasi

Tutup ventilasi ini hanya terdapat pada jenis baterai yang basah, yang fungsinya sebagai tutup lubang yang digunakan untuk menambah atau memeriksa aki baterai dan juga terdapat buang ventilasi yang berfungsi untuk membuang gas hidrogen.

   10. Larutan Elektrolit

Larutan elektrolit yaitu cairan pada baterai yang itu campuran dari asam sulfat (H2SO4) dan juga air (H2O). Secara kimia, campuran tersebut bereaksi dengan bahan aktif pada plat baterai untuk menghasilkan listrik. Baterai yang terisi penuh mempunyai kadar 36% asam sulfat dan 64% air.

 

Itulah tadi 10 komponen penyusun aki mobil yang dapat kami paparkan. Bagi anda sekalian yang selama ini belum tahu terkait komponen penyusun aki, semoga artikel diatas sangat membantu anda. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel di otomotif1, tunggu artikel-artikel terbaik selanjutnya. Salam.

 

 

 

 

UPDATE TERBARU

Related news

Hati-Hati Jika Ingin Memodifikasi Ban Pada Kendaraan Anda! Bisa Berakibat Fatal Saat Berkendara

Otomotif1.com l – Penggunaan ban bagi sebagian orang seringkali dianggap sebagai hal yang biasa-biasa saja. Perhatian dan pengetahuan tentang ban tidak banyak dimiliki oleh kebanyakan...

Hadapi Musim Penghujan, Mulailah Lakukan Pengecekan Kendaraan dan Persiapan Berkendara Saat Hujan

Otomotif1.com – Beberapa bulan ini beberapa wilayah di Indonesia sudah memasuki musim hujan. Ketika memasuki musim hujan tentu ada hal yang perlu disiapkan sebelum...

Tips Berkendara Aman Melewati Genangan di Kala Musim Penghujan dari Mitsubishi

Otomotif1.com – Berbagai wilayah di Indonesia sudah mulai memasuki musim penghujan, akibatnya ketika hujan lebat terdapat area yang tergenang banjir. Berkendara di tengah guyuran...

Berkendara Aman dan Nyaman Saat Hujan Untuk Sahabat Daihatsu

Otomotif1.com l – Saat ini disebagian besar wilayah Indonesia sudah mulai memasuki musim penghujan, intensitas hujan yang tinggi mengharuskan pengendara untuk lebih berhati-hati dalam...
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here