All New Hyundai Santa Fe 2018, Meluncur di Surabaya

Tampil Lebih Strong, Bold & Charismatic

Surabaya, Otomotif1.com – Sukses memukau pengunjung GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 yang berlangsung di ICE, BSD awal Agustus 2018. All New Hyundai Santa Fe 2018 diperkenalkan di Surabaya.

Bertempat dipusat perbelanjaan Pakuwon Trade Centre (PTC) Kota Surabaya, All New Santa Fe 2018 diperkenalkan dihadapan masyarakat dan media Kota Surabaya, Kamis (13/9).

All New Hyundai Santa Fe bukan saja booming lantaran film Ant Man, tapi menjadi magnet di ketika world premiere di ajang GIIAS 2018 yang berlangsung di BSD. Meski ada beberapa fitur lawas yang dihilangkan, All New Hyundai Santa Fe 2018 ini tetap menarik untuk miliki oleh para penggila SUV high class di Indonesia.

Kelebihan yang dapat dilihat All New Santa Fe ini, memiliki desain baru yang lebih besar dan bisa menampung penumpang pada baris ketiga lebih baik dari model sebelumnya. Hal ini sebabkan model pilar D yang jauh lebih tegak.

Selain itu, pada desain eksterior depan All New Santa Fe 2018 mengusung dua bahasa desain baru, yaitu Composite Light dan Cascending Grille.

Composite Light merupakan ciri khas dari bahasa desain yang dimiliki Hyundai yaitu menempatkan LED Daytime Running Light (DRL) berada di atas LED headlight.

Sedangkan Cascending Grille, balutan aksen garnish yang kental pada panel grille, sehingga LED DRL memberikan nuansa eksterior depan yang tegas dan dinamis.

Kemudian, untuk mengejar eksterior depan pada pilar A sengaja dirancang lebih mundur dari area bonnet (hidung) depan serta garis atap yang ramping. Aksen fluid line, terasa semakin kental lewat garis bodi yang dari LED DRL sampai ke area taillight belakang, yang memberi kesan lapang dan kekar.

Pada bagian belakang, All New Santa Fe stop lampnya sudah menggunakan LED yang mengambil konsep 3D ketika dinyalakan, sehingga tidak menganggu pengendara yang berada di belakangnya

Beberapa fitur seperto puddle lamp dan velg 19 inci tetap disematkan untuk varian tipe XG dan GLS menggunakan velg 18 inci dengan model terbaru. Untuk ukuran velg di pasar global, sebenarnya All New Santa Fe generasi keempat ini memiliki empat versi dengan ukuran mulai 17 inci sampai 19 inci. Hanya saja yang beredar di Indonesia menggunakan velg 19 inci dan 18 inci.

Lanjut pada bagian interior, kita akan tercengang bahwa mobil ini memang benar-benar berbeda sekali dengan generasi sebelumnya. Generasi keempat ini banyak sekali memiliki fitur dibandingkan pendahulunya.

Lihat saja pada bagian tombol-tombol yang memenuhi dekat transmisi. Di situ ada drive mode, electric parking brake, auto parking brake, hill descent control dan parking sensor. Hanya saja sayangnya, pada generasi keempat ini fitur eagle eye view dan power back door hilang. Pantas saja, jika generasi keempat All New Santa Fe 2018 harganya tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya.

Beralih pada bagian tengah, juga sudah komplit mulai tombol AC dual zone dengan micro air filter ionizer dan ventilasi AC dibaris kedua dan ketiga tetap dipertahankan.

Fitur baru lainnya seperti, keyless entry, push start stop engine button, electric driver seat, 2 airbags, hill start assist, electric stability control dan padlle shifter lengkap tersaji pada SUV yang tampil memukau diajang Geneva Auto Show awal 2018 lalu.

Sayangnya, pada All New Santa terbaru ini tidak semua unit mendapatkan Panoramic Sunroof, fitur ini hanya ada pada varian XG. Meski demikian, head unit untuk semua tipe sudah menggunakan unit terbaru dengan model floating dan seharusnya sudah pasti canggih, hanya saja untuk varian di Indonesia ini hanya diberikan ukurna layar 5 inci. Dan kembali menjadi pertanyaan, SUV semewah ini tidak ada kamera mundur.

Soal bagasi, sepertinya tidak dipertanyakan lagi. All New Hyundai Santa Fe 2018 memiliki bagasi sangat luas yaitu 547 liter. Jika kursi baris kedua dilipat, area kargo SUV ini bisa membesar hingga 1.695 liter.

Sekarang kita beralih kesoal dapur pacu All New Santa Fe. Sejatinya tidak ada perubahan dengan generasi sebelumnya. Mengandalkan mesin 2.400 cc, 4 silider DOHC yang diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 182 hp dan torsi 238 Nm. Pada mesin bensin tenaga disalurkan ke seluruh roda melalui sistem transmisi otomotis dengan 6 percepatan.

Pada varian mesin diesel, mengandalkan kapasitas mesin berukuran 2.200 cc CRDi yang diyakini memiliki tenaga paling buas dikelasnya. Untuk varian diesel ini jumlah gigi transmisinya bertambah 2 buah menjadi 8. Hal ini disinyalir untuk menambah efisiensi BBM.

All New Santa Fe 2018 untuk Jawa Timur On The Road (OTR) dibanderol sebagai berikut :

All New Santa Fe GLS Gasoline AT     Rp 524.175.000

All New Santa Fe XG Gasoline AT      Rp 545.175.000

All New Santa Fe GLS CRDI AT          Rp 575.175.000

All New Santa Fe XG CRDI AT           Rp 595.175.000

 

 

 

You might also like