40 Tahun Transformasi Pikap 1 Ton Mitsubishi Triton, Ini Dia Tampang Ubahannya

Surabaya, Otomotif1.com – Membicarakan sebuah kendaraan pikap (pick-up), tidak bisa dilepaskan dari sosok kendaraan pabrikan asal Jepang ini. Mitsubishi telah menjadi produk kendaraan pikap yang sukses bukan saja di Jepang, tapi juga di Indonesia.

Dalam empat dekade kemunculannya, pikap 1 ton Mitsubishi ini muncul perdana pada September 1978 diberi nama FORTE.

Model pertama ini dinamakan FORTE. Sementara di beberapa pasar ekspor menggunakan nama lain seperti di Indonesia dikenal dengan nama L200.

 

Lewat kendaraan ini lahir sebuah pikap yang mampu menempuh semua jenis medan dimanapun di seluruh planet ini. Sebuah kendaraan yang dikembangkan dengan arahan desain, untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan sebuah pikap dengan keandalan yang luar biasa, daya tahan dan performa daya angkut, dengan pengendalian, utilitas, kenyamanan dan pengendaraaan yang dapat disamakan dengan sebuah sedan.

FORTE dikembangkan untuk memberikan kapasitas angkut 1 ton namun tetap mudah untuk dikendarai melalui kombinasi kehandalan yang tangguh, easy-to-drive, dan kapasitas angkut yang impresif. Kombinasi ini segera menjadi favorit di seluruh dunia, dari daerah dingin bersalju hingga wilayah gurun pasir yang sangat panas.

Untuk memastikan konsumen dapat melaju lebih jauh, Mitsubishi Motors membangun warisan four-wheel-drive dengan menambahkan versi 4×4 pada tahun 1980.

Model ini menjadi fondasi bagi kendaraan 4WD Mitsubishi saat ini, seperti PAJERO/MONTERO dan DELICA.

Model pikap ini segera berganti nama menjadi TRITON di banyak pasar dan memberikan dampak yang mendalam pada bisnis Mitsubishi Motors. Platform generasi pertama dan kedua diproduksi di Pabrik Ohe Mitsubishi Motors.

Sejak generasi ketiga yang hadir pada 1995, produksi model ini dipusatkan di Pabrik Laem Chabang di Thailand dan diekspor ke seluruh dunia. Pabrik ini merupakan pabrik terbesar Mitsubishi Motors saat ini dengan kapasitas produksi sekitar 400.000 kendaraan.

Generasi Kedua (Maret 1986)

Pergantian model total. Tiga tipe variasi bodi diperkenalkan: Single Cab, Club Cab, dan Double Cab dengan pilihan bodi pendek dan panjang untuk Single Cab. Pilihan penggerak 2WD dan 4WD tersedia dengan pilihan mesin bensin 2.0 liter, bensin 2.6 liter, dan diesel 2.5 liter (meningkat dari 2.3 liter).

Mei 1991 Diperkenalkan dengan nama STRADA untuk pasar Jepang (khusus Double Cab).

Generasi Ketiga (November 1995)

Model truk pikap baru L200 STRADA diperkenalkan di Thailand.

Produksi dipusatkan di pabrik MSC Laem Chabang untuk ekspor ke seluruh dunia.

Tiga variasi bodi yaitu Single Cab, Club Cab, dan Double Cab untuk ekspor. Menggunakan mesin diesel 2.5 liter atau 2.8 liter dengan mekanisme 4WD yang dilengkapi dengan sistem inovatif “Easy Select 4WD”.

Generasi Keempat (Agustus 2005)

Pikap TRITON baru diperkenalkan di Thailand dan penjualan di pasar lain juga dimulai secara berurutan setelah peluncurannya di Thailand.

Hadir dengan tiga konfigurasi bodi yaitu Single Cab, Club Cab dan Double Cab yang ditenagai oleh mesin diesel common-rail pengembangan terbaru 2.5 liter dan 3.2 liter. Tersedia dalam pilihan penggerak 2WD dan 4WD yang dilengkapi dengan sistem “Easy Select 4WD” atau “Super Select 4WD”.

Generasi Kelima (November 2014)

Generasi kelima diluncurkan di Thailand yang diikuti dengan penjualan di negara lain.

Menggunakan tiga konfigurasi bodi yaitu Single Cab, Club Cab dua pintu, dan Double Cab. Powertrain adalah mesin diesel pengembangan terbaru 2.4 liter MIVEC turbo, 2.5 liter turbo, dan mesin bensin 2.4 liter. Tersedia dalam pilihan drivetrain 2WD dan 4WD yang tersedia dengan sistem “Super Select 4WD-II” yang mengadopsi electronic actuator.

Sudah empat dekade dengan lima generasi sejak pertama diluncurkan pada September 1978, Mitsubishi Triton mengalami beberapa perubahan.

 

You might also like