Siap Taklukan African Twin, New Yamaha Tenere 700 Diluncurkan di EICMA 2018

Otomotif1.com – Yamaha baru saja meluncurkan New Tenere 700 diajang pembuka EICMA 2018, Selasa (6/11). Sebenarnya, ini adalah prototipe yang dilihat dalam ajang EICMA 2017 lalu.

Dengan desain yang ringkas dan transmisi tenaga linier, mesin CP yang dikembangkan khusus untuk menawarkan performa terbaik dari sebuah motor petualang.

Meski bergaya agresif, Yamaha berusaha semaksimal mungkin memastikan Tenere 700 World Raid bisa menampilkan lebih banyak rider yang dapat diakses.

New Yamaha Tenere 700 tampil dengan mesin silinder ganda 689 cc yang sama dengan MT-07. Berikut adalah gambar utama: 72 hp dari mesin kembar paralel CP2, 21 depan / 18 belakang, ban jenis tabung, ABS yang dapat diganti.

Sasis dari New Tenere 700 dibuat sedemikian rupa untuk dioptimalkan di medan off-road dan off-road. Motor ini juga menggunakan garpu depan upside down dan monoshock pada bagian belakang. Selain itu, motor ini menggunakan serat karbon pada panel samping, fender depan dan bagian belakang.

Sementara untuk penerangan, New Tenere 700 dilengkapi dengan lampu empat elemen proyektor, mirip dengan motor Yamaha Paris-Dakar. Selain itu, ada perangkat navigasi dan tangki bahan bakar berukuran besar.

Pada sistem keamanan New Tenere 700 tampaknya sangat siap untuk diajak berpetualang, lihat saja perisai mesin aluminium besar dan kuat, perlindungan radiator, pelindung tangan, ground clearance tinggi dan kursi tinggi 880 mm.

Setelah Kawasaki meluncurkan Versys series dan Honda dengan African Twin di pasaran Eropa, kini Yamaha siap menerjunkan New Tenere 700 di pasar yang sama akan menjadi lawan bagi kedua merek tersebut. Rencananya, Yamaha baru akan memasarkan New Tenere 700 ini di pasar Eropa pada paruh kedua tahun 2019.

Diajang EICMA 2018 ini, selain New Tenere 700, Yamaha datang dengan versi GT untuk roda tiga Niken dan beberapa produk unggulan lainnya seperti edisi khusus untuk XSR 700 – Scrambler, YZF-R1 dan versi IronMax untuk skuternya.