Yamaha Indonesia Resmikan Kelas Khusus di Tasikmalaya

Tasikmalaya, Otomotif1.com  –  Sebagai bentuk kepedulian untuk kemajuan vokasi pendidikan nasional, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM),  meresmikan SMK Kelas KHusus Yamaha yang ke-49 di SMK AL Falah Tasikmalaya, 13 Desember 2018.

Lewat kerjasama ini, Yamaha memberikan dukungan berupa fasilitas bengkel, ruang teori serta donasi unit sebagai bahan ajar agar pendidikan yang diterima siswa SMK Kelas Khusus Yamaha lebih komprehensif sesuai dengan kondisi aktual dunia kerja.

Acara peresmian Kelas Khusus Yamaha secara khusus dihadiri perwakilan Direktorat Pembina Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) Bambang Budi Santoso,  Sekda Kabupaten Tasikmalaya Drs Iin Aminudin, Kepala Seksi Pelayanan KCD Wilayah XII Dedi Suryadin serta GM Aftersales & Motorsport YIMM, M Abidin.

Direktur PSMK, yang diwakili Analis Program, Bambang Budi Santoso menjelaskan, KKY merupakan implementasi pengembangan sekolah kejuruan melalui industri. Kerjasama ini dinilai akan memberi pengaruh positif pada peningkatan akses dan mutu dari pendidikan SMK itu sendiri.

“Hari ini melalui kerja sama antara Yamaha dengan SMK Al-Falah memberikan pengaruh positif. Pembukaan Kelas Khusus Yamaha ini adalah implementasi dalam meningkatkan akses bagi dunia pendidikan agar terintegrasi dengan industri. Ini juga merupakan upaya peningkatan standar mutu pendidikan SMK agar bisa sesuai dengan kebutuhan industri. Bahkan adik-adik SMK ini harus mulai berpikir tentang berwirausaha juga,” jelasnya.

Sementara itu, Yamaha Indonesia yang diwakili M Abidin, GM Aftersales & Motorport, meresmikan Kelas Khusus Yamaha serta memberikan donasi unit sepeda motor dan engine kepada 14 SMK di wilayah Jawa Barat. Dia menyampaikan bahwa donasi ini untuk memotivasi siswa SMK agar terus meningkatkan diri guna menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif.

“Kemarin Yamaha Indonesia menerima penghargaan dari Kemendikbud RI atas dukungan serta kontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan SMK di Indonesia. Ini jadi tantangan bagi perusahaan untuk berkontribusi lebih dalam meningkatkan kualitas serta daya saing generasi muda Indonesia, bukan hanya generasi muda yang siap kerja tetapi juga siap berwirausaha. Semoga melalui Kelas Khusus Yamaha ini teman-teman SMK siap menjawab tantangan industri karena kurikulum pendidikannya sudah disamakan dengan industri itu sendiri.” tegas M Abidin.

Program SMK Binaan Yamaha sebagai bagian dari CSR (Cooperate Social Responsibility) sudah dilaksanakan sejak tahun 2003 hingga saat ini.

Program ini untuk mempersiapkan siswa dan siswi SMK siap pakai di dunia kerja dan kewirausahaan, melalui standarisasi kurikulum Teknik Sepeda Motor sesuai kurikulum Yamaha Technical Academy yang selaras dengan perkembangan industri sepeda motor terkini.

Kurikulum ini juga mengacu pada Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia sehingga mampu mengurangi kesenjangan dunia pendidikan dan dunia industri.

 

You might also like