Proliner Pecahkan Rekor Sebagai Knalpot Terbanyak Dipakai Team balap Nasional Sepanjang Tahun 2018

Otomotif1.com – Sepanjang tahun 2018, dunia olah raga otomotif  khususnya balap motor racing menjadi saksi sejarah keunggulan salah satu knalpot terbaik yang diproduksi di dalam negeri yaitu Proliner.

Bahkan meski tanpa pengakuan dari MURI, Proliner sukses memecahkan rekor sebagai knalpot terbanyak yang digunakan team balap nasional papan atas di Indonesia.

Brand Proliner tentu bukan brand yang asing bagi para penggila motor di tanah air. Produk knalpot aftermarket Proliner yang diproduksi PT Gloria Karya Sukses, yang  berlokasi di kawasan industry Millenium Tiga Raksa, Tangerang sukses mengangkat brandnya sebagai knalpot pilihan para jawara racing di tanah air.

Proliner, adalah knalpot yang memang fokus untuk motor racing, bukan hanya mampu mendongkrak nama team balapnya saja, melainkan juga bisa mengharumkan nama pembalapnya, karena keberhasilannya menjuarai even balap naik nasional hingga internasional.

Untuk skala nasional, pembalap Fitriansyah Kete dari team Astra Racing Team (ART) Jogya, adalah satu pembalap nasional yang menjadi juara uum Kejurnas IRS dikelas 250 cc yang mempercayakan Proliner untuk knalpot motornya.

Sementara itu, untuk balap international, knalpot Proliner juga mendapat kepercayaan digunakan para motor para pembalap baik Indonesia maupun Malaysia. Terutama untuk para pembalap yang turun di kelas UB150 diajang ARRC (Asian Road Race Championship) 2018.

Salah satu portal media on-line terkemuka di Indonesia pada 10 Desember 2018 lalu menulis, tentang keberhasilan pembalap asal Malaysia, Helmi Azam dari team SCK Rapido Hi-REV Honda Racingf Team, yang menjadi juara di kelas underbone 150 atau UB150, yang juga mempercayakan knalpot Proliner untuk di tancapkan pada mesin Honda GTR 150 yang digebernya.

Proliner Hasil Riset Technical Profesional

Melalui divisi Riset and Development (R&D) Proliner, Mr Aco dan Mr Eko menuturkan tetang produk ini.

Knalpot Proliner yang khusus untuk balap maupun yang di pasarkan secara umum sudah melalui proses  riset terlebih duhulu.

“Kita lebih senang bila ada team balap yang ingin melakukan riset knalpot di tempat kita, so tentunya hasilnya bisa lebih sangat maksimal,” ungkap Mr Aco.

Lebih jauh Aco menegaskan kalau semua produk knalpot Proliner baik yang pasarkan secara umum maupun yang khusus support team balap, semuanya sudah melalui tahapan riset.

Tujuannya jelas untuk memaksimalkan fungsi knalpot biar bisa  menghasilkan tenaga ‘lebih’ pada setiap putaran rpm . Hal inilah yang menjadi dasar rumusan menghasilkan knalpot berkwalitas seperti Proliner.

“Intinya, dari produk Proliner ini memiliki kelebihan power pada semua putaran baik atas maupun bawah, selain fungsi utamanya sebagai gas buang,”lanjut  Aco.

Knalpot Proliner yang sudah banyak dipakai team balap nasional. Umumnya knalpot Proliner khusus team balap didesain secara khusus dengan teknik pipa terpisah, memakai istilah P1 dan P2, baru menyambung ke silencer.

.Sedang lobang diameter menjadi rahasia perusahaan, yang jelas harus disesuaikan dengan kapasitas mesin sesuai risetnya. Juga alur lekukan pipa knalpot, sudah termasuk teknik untuk menjadi penahan udara biar bisa memberikan dorongan saat gas digeber.

Kenapa Proliner harus dibuat terpisah untuk pipa lehernya ?

Alasan logisnya menurut Aco, hal ini agar bisa meredam getaran mesin, juda memudahkan pemasangan knalpot yang dilakukan oleh engine builder

“Yang jelas menurut pengalaman saya, kenalpot itu harus bisa berfungsi secara maksimal. Dan lebih penting dari itu, system gas buang pada knalpot itu idealnya harus ada tahanan udara di dalam pipa. Fungsinya tidak lain untuk bisa menciptakan dorongan tenaga saat gasnya digeber,” puncak Aco.