Shock Breaker RCB SB-2 Series, Jagonya Balap dan Nyaman Untuk Harian

Otomotif1.com – Setelah dunia otomotif dibuat heboh dengan banyaknya informasi berita mengenai velg RCB, yang belakangan banyak di buru oleh team balap, baik road race maupun dragbike. Sekarang giliran shockbeaker RCB ikut menjadi buruan mereka.

Salah shockbreaker RCB yang banyak diburu adalah SB-2 Series. Shockbreaker khusus untuk motor bebek, matic dan motor sport ini juga menjadi incaran team balap yang kebanyakan turun di kelas bergengsi Yamaha RX King Open.

Sebagai info saja, RCB sudah banyak mengeluarkan model shockbreaker, mulai dari A Series, M Series, C Series, S Series, EB-2 Series, SB-2 Series, DB-2 Series, RB-2 Plus Series, EB-3 Series/Line, SB-3 Series, DB-4 Series, SB-5 Series, DB-5 Series, E-2 Line, S-2 Line dan yang terakhir adalah DB-2 Line.

Dari sekian banyak model sokbreker RCB tadi, ada beberapa modelnya yang menarik untuk diulas. Salah satunya model sokbreker RCB yang memiliki kode SB-2 Series. Untuk SB-2 sendiri lebih banyak dipakai untuk motor motor bebek, tapi bisa juga disematan pada motor sport seperti Yamaha RX King.

Bahkan SB-2 sendiri sepertinya sudah menjadi piranti wajib buat suspensi motor balap road race. Dan salah satu kelas yang rata-rata kuda besi pacunya memakai sokbreker SB-2 adalah kelas khusus Yamaha RX King Open. Yang sering dilombakan oleh Bodiza Event Organizer, maupun ajang balap IndoSpeed beberapa waktu lalu.

Dikelas khusus RX King, hampir semua motor yang turun di arena sirkuit untuk suspensinya rata-rata memakai sokbreker SB-2. Bisa jadi ini menjadi fenomena menarik dunia balap kita, seperti yang disampaikan oleh H. Baharudin selaku promotor balap dari Bodisa Event Organizer.

“Memang saya akui untuk kelas khusus RX King , rata-rata motor yang turun di arena sirkuit menggunakan sokbreker SB-2. Bahkan tidak hanya dikelas RX King saja, untuk kelas bebek maupun metic juga sudah banyak yang memakai shockbreaker RCB tapi beda seri ya,” terang H Baharudin.

Apa sih kelebihan yang dimiliki oleh shockbreaker RCB dengan berbagai modelnya tadi? Sekilas dijelaskan singkat oleh H. Baharudin selaku promotor sekaligus juga seorang mantan mekanik balap mengatakan.

“Sesuai pengalaman saya, sokbreker RCB sangat mudah saat melakukan setting suspensi. Dua komponen utama pada sokbreker  yaitu spring (per) dan dampernya juga bisa memberikan sifat berbeda saat dilakukan setting. Untuk motor balap alangkah baiknya disetting lebih keras untuk suspensinya. Biar sifat pegas pada pernya lebih tegas alias keras. Fungsinya agar saat motor dalam kecepatan tinggi dan menikung tajam, pembalapnya bisa mudah untuk mengendalikan motornya racing linenya,” papar H Baharudin.

Bukan hanya di arena balap saja sokbreker RCB bisa diandalkan. Tapi untuk harian sudah banyak pula yang memakainya. Karena kalau dilihat dari speknya, untuk SB-2 ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan produk lain.

Untuk Big Damper Piston memiliki diameter -35MM, dengan Piston Rod Diameter -14 MM, ditambah lagi dengan tabung gas, High Preasure Nitrogen Type. Dan satu legi kelebihannya adalah Full Alloy Body, ditambah pula dengan tampilan model dan warna yang oke punya.

Harganya sangat memasyarakat bila dibandingkan dengan kualitas dan keindahan modelnya. Shockbreaker RCB model SB-2 Series dibandrol dengan harga sepasang Rp. 2 jutaan. Dengan pilihan warna  yellow, red, titan, dan white.  Pastinya tidak akan rugi memilih sokbreker RCB, karena selain kwalitasnya ok, modelnyapun bisa merubah tampilan motor anda lebih fashionable.

 

You might also like