Dua Pembalap Muda Team Suzuki Ecstar Siap Panaskan Aspal MotoGP 2019

Otomotif1.com – Team Suzuki Ecstar MotoGP melansir secara resmi team balapnya yang baru untuk musim balap MotoGP 2019. Diperkuat dengan pembalap muda asal Spanyol bertalenta, Alex Rins yang tetap dengan nomor lambung #42 dan pembalap muda belia yang memulai debutnya di MotoGP tahun ini, Joan Mir dengan nomor lambung #36, sekaligus tampilan livery terbaru dan perkembangan terbaru Suzuki GSX-RR 2019 yang siap menghadapi aspal panas MotoGP 2019.

Liburan musim dingin dipergunakan dengan maksimal oleh dua The Young Gun Team Suzuki Ecstar untuk menjajal mesin baru yang disematkan pada Suzuki GSX-RR di Sirkuit Sepang Malaysia. Hal ini untuk menemukan akselerasi tenaga pada mesin yang semakin  meningkat, tanpa kehilangan daya cengkram ban, serta meningkat kedinamisan motor saat menikung masuk dan keluar.

Menurut Shinicihi Sahara, Project Leader pada Team Suzuki Ecstar mengakalan, bahwa teamnya saat ini sangat antusias untuk melewati musim balap MotoGP 2019, hal ini disebabkan karena banyak aspek setelah banyaknya pembaharuan pada mesin GSX-RR yang semakin meningkat powernya.

“Bagi kami, musim MotoGP 2019 akan menjadi musim yang penting. Di satu sisi tim kami masih memiliki Alex Rins, yang masih muda dala hal usia tetap memiliki pengalaman dengan tim kami dan mesin GSX-RR. Sementara di sisi lain, hadirnya pembalap muda yang sangat berbakat yaitu, Joan Mir. Dan pada tanun ini kami juga diperkuat oleh tim penguji kami dan Silvian Guintoli yang menjadi bagian dari tim kami, yang akan memberikan kami umpan balik penting sepanjang musim balap MotoGP 2019, tanpa melupakan kerja keras yang dilakukan oleh para tim yang berada di belakang layar yang telah menguji motor GSX-RR di Hamamatsu, Jepang. Kami tegaskan, kami memiliki tim yang baik dan solid , dan kami yakin 2019 kami bisa meraih hasil positif,” paparnya.

Lineup dari Suzuki Ecstar 2019 memang masih ada muka lama, yaitu Alex Rins yang dipercaya dengan pengalamannya selama ini di ajang bergengsi MotoGP 2019 akan banyak meraih podium.

Wajar saja jika Team Suzuki Ecstar berharap banyak pada pembalap asal spanyol ini, karena sepanjang 2018, Alex Rins sukses meraih 5 podium sepanjang MotoGP 2018.

“Setelah akhir musim lalu, kami memiliki ide-ide yang jelas tentang apa yang kami butuhkan untuk meningkatkan penampilan kami, semua pembalap kami memberi kami hampir semua permintaan, umpan balik, dan arahan yang sama dan kami sekarang telah menyelesaikan sebuah paket yang diharapkan akan membuktikan kerjasama menjadi efektif. Kami telah mengembangkan mesin spek baru, sasis spek baru, dan kami telah membuat beberapa perbaikan dalam elektronik dan juga di fairing. Ini sejalan dengan filosofi Suzuki – yang bukan untuk menghancurkan dan membangun kembali dari ketiadaan, tetapi untuk terus tumbuh langkah demi langkah pada apa yang telah kita capai. Bagi kami berkendara adalah suatu keharusan, dan atas dasar itu kami telah mencoba untuk meningkatkan setiap sektor sepeda motor tanpa mengorbankan keseimbangan pada keseluruhan,” ujar Ken Kawauchi,  Technical Manager  Team Suzuki Ecstar.

Masuknya Joan Mir untuk menggantikan Andrea Ianone yang sekarang membalap untuk Aprilia, tentun saja sebuah berita bagus untuk perkembangan Suzuki diajang MotoGP 2019.

Debut Joan Mir selama ini telah membuktikan bahwa dirinya tidak gentar oleh pembalap kelas atas, hal ini dibutkikan dengan penampilan yang solid dalam tes pada bulan November 2018 lalu di Valencia dan Jerez.

Pembalap muda asal Spanyol yang menampik Honda dan malah memilih bergabung dengan Team Suzuki Ecstar ini dipastikan akan menjadi momok bagi para pembalap senior.

Dan tanpa ada tekanan di pundaknya, tahun ini akan menjadi fase pembelajaran dalam keterlibatannya dengan Tim SUZUKI ECSTAR.

“Saya sangat bersemangat untuk kembali ke GSX-RR. Musim dingin ini sudah sangat lama tanpa berkendara, tetapi saya fokus pada latihan fisik saya, yang sejauh ini memberikan hasil positif. Tentu saja saya masih perlu berjam-jam lagi di atas motor baru, ada begitu banyak hal yang masih perlu saya pahami untuk menjadi lebih efektif, tetapi saya merasa sangat didukung oleh tim dan saya akan mengandalkan kekayaan pengalaman mereka untuk meningkatkan prestasi, dan juga untuk berkontribusi perbaikan saya sendiri untuk motor saya,” tegas Joan Mir.

Sementara itu, sang Manager Team Suzuki Ecstar, Davide Brivio menjelaskan, musim balap ini akan menjadi musim balap yang menarik dan kompetitif. Pada tahun lalu tim kami mengejutkan banyak orang dengan kemajuan besar kami yang dengan cepat kembali ke posisi podium, dan pada tahun 2019 ini kami semakin untuk bisa bersaing dengan para pembalap lain dan meraih podium.

“Memiliki Alex Rins melanjutkan karir bersama kami sangat penting ketika mencoba meningkatkan kinerja tim kami. Dia memiliki kesegaran mental anak-anak muda, tetapi juga konsistensi dan kepala bijaksana dari pengalamannya selama dua tahun terakhir. Ini semakin dipererat oleh hasil baik yang diraihnya pada 2018, dengan akhir yang bagus untuk musim ini. Dia telah menunjukkan bakatnya dan sekarang kita harus bekerja keras untuk mengambil langkah selanjutnya bersamanya, karena sangat menyadari betapa kuatnya pesaing kita juga. Selain itu, kami memulai proyek dengan Joan Mir, pendatang baru yang akan melakukan debut di kelas atas. Ini adalah ketiga kalinya kami melakukan rookie, dan kami akan bekerja keras untuk melanjutkan tren positif yang kami miliki dengan membawa pembalap muda. Kami sangat percaya bahwa ia memiliki bakat yang hebat, dan sekarang adalah waktunya bagi tim untuk mengeluarkan semua potensinya dengan Suzuki GSX-RR,” pungkasnya.

You might also like