Test Drive Daihatsu Xenia 2019 Surabaya – Malang Sampai Kelud, Kabin Lebih Seyap dan Akselerasi Lebih Mantap

Surabaya, Otomotif1.com – Bersama dua jurnalis otomotif Jawa Timur, Otomotif1 berkesempatan untuk menjajal Grand New Daihatsu Xenia yang pada Januari 2019 diluncurkan di Kota Surabaya.

Rute yang kami tempuh untuk menjajal ketangguhan Grand New Xenia ini dimulai dari Kota Surabaya, Malang dan Kelud pada Senin – Selasa 25-26 Februari 2019.

Start dari Astra Daihatsu Panglima Sudirman, Kota Surabaya, kami langsung menembus kemacetan menuju tol luar kota menuju Kota Malang yang berudara sejuk. Unit yang kami gunakan adalah Grand New Xenia dengan transmisi manual, dengan kapasitas mesin 1.300 cc. Harapan kami tadinya ingin mencoba Grand New Xenia 1.5, maksudnya agar kami bisa tahu sejauh mana impresi Grand New Xenia dengan mesin berkapasitas 1.500 cc.

Impresi menjajal Grand New Xenia 1.3 yang kami pakai, tentu tidak jauh beda dengan All New Xenia yang pernah kami jajal beberapa waktu lalu. Menggunakan mesin 1NR-VE DOHC Dual VVT-i dengan kapasitas mesin tepatnya 1.329 cc yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 95 hp pada 6.000 rpm dan torsi 120 Nm pada 4.200 rpm.

Sedikit yang membedakan antara All New Great Xenia 1.3 dengan Grand New Xenia 1.3 memang banyak dari segi tampilan. Tapi tuggu dulu, ternyata setelah kami rasa dan raba, ada sedikit perbedaan terutama dari interior dan akselerasi.

Pertama, ketika kami memasuki kabin tidak ada yang aneh atau lain dari penampilan interior. Hanya saja memang sedikit berbeda ketika kita duduk sedikit lama sambil memperhatikan sisi interior new dual tone colors dan desain centre cluster dengan sentuhan black piano, yang membuat mobil sejuta umat ini tampil sedikit mewah.

Begitu pun saat kita duduk di belakang kemudi, posisi jok dengan kemudi sangat nyaman, menghidupkan AC pun sangat mudah karena sudah menggunakan teknologi digital. Dengan tampilan seperti ini bukan hanya mudah, tapi menambah aksen mewah pada interior Grand New Xenia semakin tampak.

Lanjut melintasi jalan Tol Sidoarjo kendaraan kami pacu 100-120 km/jam. Desingan roda (noise pada putaran roda) sangat minim terdengar. Tepatnya, Grand New Xenia jauh lebih kedap dari All New Great Xenia yang hadir pada 2018 lalu.

Selain itu, laju kendaraan lebih ‘anteng’ hal ini disebabkan karena adanya perbaikan pada sasis yang membuatnya dapat melaju kencang dengan tenang.

Ubahan lain ada pada audio Grand New Xenia. Jika pada All Great New Xenia hanya ada 4 titik speaker. Kita akan merasakan sound dari speaker Grand New Xenia jauh lebih baik, hal ini disebabkan jumlah speaker sebanyak 6 titik pada Grand New Xenia 2019. Apalagi ditambah dengan antena shark fin yang menghasilkan suara radio jauh lebih baik dari antena biasa.

Selain itu, pengoperasian 2-Din touchscreen Audio pada Grand New Xenia juga didukung dengan teknologi konektivitas yang dapat terhubung dengan smartphone. Tidak hanya itu, pengaturan audio juga dapat dilakukan dilakukan dari steer (kemudi) yang membuatnya menjadi tidak ribet untuk mengatur audio.

Namun yang membuat kami sedikit merasakan perbedaan jauh ketika kami merasakan kabin Grand New Xenia jauh lebih kedap dari generasi sebelumnya. Baik kekedapan kabin maupun kenyamanan Grand New Xenia juga kami rasakan ketika keluar pintu tol Pandaan dan jalan mulai tidak begitu bagus.

Dengan kondisi aspal yang tidak rata dan sesekali lobang tergilas serta sedikit menanjak bahkan menikung, kami merasakan kenyamanan. Hal ini sebabkan karena noise level improvement, reinforcement dan penyempurnaan pada karakter suspensi yang membuat Grand New Xenia lebih kedap, lebih anteng, nyaman dan stabil ketika melintasi jalan yang kurang bagus.

Selain itu, steering response improvement yang merupakan electric power steering  dengan setting terbaru yang diterapkan pada Grand New Xenia, membuat mobil ini lebih nyaman ketika diajak bermanuver.

Meski kami mencoba Grand New Xenia 1.3 ketika kami melibar jalanan berlikung dengan tanjakan cukup tinggi memasuki wilayah Taman Nasional Kelud, kendaraan ini cukup handal bahkan power selalu ada, sehingga kami tidak mengalami kesulitan saat melibas medan jalan yang cukup melelahkan ini.

Dari hitungan kami setelah menempuh perjalanan sejauh 225 kilometer, dengan medan jalan yang berbeda-beda, konsumsi bahan bakar Grand New Xenia 1.3 rata-rata mencapai 14,5 kilometer per liter.

Selain kenyamanan kabin serta ketangguhan mesin, Grand New Xenia yang sekarang tampil lebih modern dan sporty tampak dinamis dengan desain baru, dengan lampu headlamp LED yang pencahayaan nya sangat membantu ketika melintasi medan gelap usai disirami hujan. Dengan teknologi lampu LED tersebut, pencahayaan di malam hari lebih terang dan fokus.

Grand New Xenia memiliki 8 pilihan warna serta 3 warna baru, yaitu Pearl White, Bronze Metalic dan Blue Metalic. Sementara 5 warna lainnya ada Icy White, Classic Silver, Dark Red Metalic, Dark Grey Metalic dan Midnight Black.

Grand New Xenia 2019 dibanderol dengan harga mulai dari tipe terendah Rp 187.100.000 hingga tipe tertinggi Rp 232.200.000 (OTR Surabaya dan Malang).

 

You might also like