Marshrustka ‘Angkutan Kota’ Rasa Roller Coster di Negara Beruang Merah Rusia

Otomotif1.com –  Rusia sebagai negara super power ternyata memiliki Angkot (Angkutan Kota) yang tidak jauh berbeda dengan yang ada di Indonesia. Namanya Marshrustka, bukan taksi juga bukan bus. Kendaraan merupakan moda transportasi umum yang bisa membantu para pelancong juga warga Rusia untuk menaklukan kemacetan lalu lintas di pinggiran Kota Moskow.

Dilansir dari Discover Russia rbth.com, Marshrutka  sendiri memiliki arti dalam bahasa Rusia adalah “Peredayte voditelyu,” atau “peredayte za proezd,” yang berarti “tolong oper (uang) ke sopir.”

Dari artinya tersebut, kendaraan umum ini memang tidak memiliki kondektur yang ada hanya seorang sopir yang merangkap kondektur untuk menerima uang bayaran dari penumpangnya.

Lantas bagaimana caranya jika ada penumpang yang duduk di belakang kemudian ingin membayar ? Mudah saja, caranya dengan mengoper uang penumpang dari belakang kepada penumpang yang terdepan untuk disampaikan kepada sang sopir.

Foto : istimewa/rbth.com

 

Di Rusia sendiri sebagian warganya menganggap sopir marshrutka seperti seperti seorang super hero. Kenapa demikian ? Karena sopir marshrustka hampir sering mengemudi dengan hanya mengandalkan satu tangan saja. Karena satu tangannya lagi untuk mengambil ongkos para penumpang.

Sang sopir akan memutar lengannya secara tidak wajar, untuk menghitung jumlah uang yang diberikan dengan menimbang beratnya, dan memberi kembalian — fleksibilitas lengan si sopir benar-benar mengejutkan penumpang. Semua itu terjadi dengan sangat cepat, terkadang membuat situasi cukup berbahaya.

Pada 2016 lalu, pemerintah kota Moskow mulai melarang semua bisnis marshrustka. Kini, tersedia bus sebagai penggantinya. Namun belakangan, marshrutka mulai muncul kembali, menghubungkan pinggiran kota dengan area-area terpencil di Oblast Moskovskaya.

Foto: Istimewa/rbth.com

 

Di sebagian besar wilayah Rusia lain, marshrutka masih legal dan bahkan terdapat banyak rute antar daerah tetangga yang jauh lebih cepat dan lebih murah dibandingkan naik bus besar atau kereta api.

Ugal-ugalan Dan Berkecepatan Tinggi

Pengemudi ugal-ugalan bukan hanya ada di Indonesia. Jika di Jawa Timur kita pasti tidak asing dengan bus super cepat yang ugal-ugalan seperti Sumber Kencono dan Eka, di Rusia sopir masrhrustka tidak jauh beda dengan sopir bus yang ada di Indonesia.

Bahkan banyak muncul lelucon di Rusia tentang angkutan marshrustka yang mengidentikan dengan sebuah roller custer seharga 25 Rubel. Ditambah lagi marshrutka tidak berhenti di setiap halte bus, sang sopir kerap meminta para penumpangnya untuk berteriak kencang saat hendak turun. Jika tidak, maka jangan salahkan sang sopir jika penumpang akan berhenti jauh dari tempat yang dituju.