Kinerja di Tahun 2018 Meningkat, Suzuki Marine Targetkan Buka Dealer di Pulau Batam Pada 2019

Jakarta, Otomotif1.com –  Produk lain dari Suzuki di Indonesia, yang masih satu atap dengan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yaitu produk Suzuki Marine yang tidak kalah moncer penjualanya di tahun 2018.

Sebagai produk mesin tempel atau outboard motor (OBM), Suzuki OBM juga mengalami kenaikan sebesar 3% dibandingkan pada tahun 2017. Raihan ini bersumber dari penjualan mesin tempel 4 tak sebesar 42% dari total penjualan Suzuki Marine.

Pada tahun 2018, Suzuki Marine meluncurkan seri DF325A, mesin tempel 4 tak dengan teknologi terbaru yang memiliki konsumsi bahan bakar lebih efisien. Mesin kapal dengan dual propeller ini sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan para pemilik kapal dan pengusaha, terutama untuk bisnis transportasi dan pariwisata.

Peningkatan penjualan mesin tempel Suzuki juga diikuti dengan pertumbuhan penjualan suku cadang Suzuki Marine.

Pada tahun 2018, penjualan suku cadang Suzuki Marine meningkat sebesar 21,9% dibandingkan tahun sebelumnya. Pertumbuhan ini didukung oleh hadirnya sembilan diler resmi yang tersebar di Padang, Jakarta, Cilacap, Surabaya, Bali, Tarakan, Ternate, Ambon, dan Papua.

Lewat kesembilan diler ini, Suzuki memberikan layanan sales, service, dan spare parts kepada pelanggan serta memberi kesempatan sea trial kepada calon pelanggan agar bisa merasakan keandalan mesin tempel Suzuki. Selain itu, Suzuki Marine juga bekerjasama dengan 48 bengkel mitra yang memberikan layanan sevice dan spare parts kepada konsumen.

Untuk mendekatkan diri dengan pelanggan, Suzuki Marine rutin melakukan customer gathering. Dalam  kegiatan ini, Suzuki Marine memperkenalkan produk, fitur, dan cara perawatan mesin tempel kepada pelanggan yang mayoritas terdiri dari nelayan dan transporter.

Selain melalui customer gathering, Suzuki Marine juga aktif mengikuti beberapa pameran, seperti Deep and Extreme Indonesia 2018, IIMS, PRJ, dan GIIAS.

Sebagai wujud tanggung jawab sosial, pada 28 Oktober 2018 Suzuki Marine mengadakan kegiatan “Clean Up the World” yang bertema “Bersih Berawal Dariku” di Pantai Matahari Terbit, Sanur, Bali.

Bukan hanya sekadar gerakan membersihkan pantai, melalui kegiatan ini Suzuki Marine ingin mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan pantai.

Untuk meningkatkan penjualan mesin tempel, pada tahun 2019 Suzuki Marine berencana membuka diler baru di Batam. Melihat pangsa pasar yang terus bertumbuh, Suzuki Marine menargetkan pertumbuhan penjualan tahun 2019 sebesar 12% dibanding 2018. Suzuki Marine juga akan terus mengadakan customer gathering dan berpartisipasi di beberapa pameran untuk semakin mendekatkan diri dengan pelanggan.

 

You might also like