Daihatsu Ayla Turbo Concept, LCGC Yang Mampu Menyemburkan Tenaga 200 Hp

Karawang, Otomotif1.com – Kejutan kembali dihadirkan Daihatsu dengan menghadirkan Ayla Turbo Concept Media Test Drive yang dilaksanakan pada Rabu 6 Maret 2019.

Mengambil lokasi di area fasilitas Research and Development (R&D) Centre, Karawang, Jawa Barat para media otomotif diberikan kesempatan untuk menjajal akselerasi dari Ayla Turbo. Sebagai informasi, pusat R&D Daihatsu adalah yang pertama dan terlengkap yang ada di Indonesia. Tidak mengherankan jika banyak produk otomotif yang ‘menumpang’ R&D Centre Daihatsu untuk melakukan uji coba produknya sebelum diluncurkan.

Ruang mesin mobil konsep Ayla Turbo, dengan kapasitas mesin 1.2L, mampu menyemburkan tenaga sebesar 200 HP.

 

Daihatsu Ayla Turbo Concept ini sebenarnya adalah produk yang sudah diperkenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 lalu sebagai mobil Racing Sport entry Hatchback.

Dan uji coba Ayla Turbo yang baru saja dilaksanakan, adalah kelanjutan dari peluncuran Ayla Turbo di ajang GIIAS 2018 tersebut.

Sebagai bagian dari tren Turbo Aspirated yang mendunia, juga tren otomotif terkini, Ayla Turbo dirancang untuk menunjukan transformasi city car yang praktis dan spacious, sehinga menjadi sebuah mobil yang bukan hanya tampil sporty tapi juga racy.

Mobil konsep Ayla Turbo tampak front quarter view.

 

Ayla Turbo yang dirancang dengan mengusung konsep Thrilling Simplicity, karena setiap garis desain, bentuk dan permukaan Ayla Turbo sangat diperhitungkan dengan detail sekali, sehingga memiliki performa yang sangat optimal.

Hebatnya lagi, Ayla Turbo adalah produk anak negeri sendiri karena rancang bangunnya dilakukan di R&D Daihatsu Indonesia. Tentu saja hal ini akan menjadi inspirasi bagi para penggemar otomotif untuk melakukan modifikasi kendaraannya, khususnya yang menggunakan teknologi turbo di Indonesia, bahwa Indonesia sudah mampu merancang sebuah kendaraan dengan mesin turbo.

Manajemen Daihatsu berfoto bersama mobil konsep Ayla Turbo di R&D Center, Karawang pada Rabu, 6 Maret 2019.

 

Modifikasi mobil konsep Ayla Turbo ini memiliki perubahan yang signifikan, meliputi pada mesin, transmisi, exhaust system, bodi mobil, suspensi, roda, dan yang utama adalah penyematan komponen turbocharger, sehingga mobil konsep Ayla Turbo ini layak uji di sirkuit, serta sesuai dengan standar regulasi yang telah ditetapkan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Tak hanya itu, melalui uji coba dan pengetesan mobil yang dilakukan oleh Daihatsu, mobil konsep Ayla Turbo menghasilkan luapan performa tenaga sebesar 200 HP dengan Torsi sebesar 242 NM, serta raihan kecepatan 0–100 Km/jam, yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 10,3 detik.

“Sebagai ajang pembuktian kemampuan R&D ADM, maka mobil konsep Ayla Turbo ini dapat menjadi inspirasi bagi pelanggan, dan penggemar modifikasi, sehingga mobil Daihatsu khususnya Ayla Turbo ini bisa memenuhi hasrat modifikasi yang lebih maksimal”, ujar Pradipto Sugondo, R&D Executive Officer PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Walaupun sudah diketahui bersama, mobil konsep turbo ini tidak untuk diproduksi secara masal. Namun demikian, lewat Daihatsu Ayla Turbo setidaknya pabrikan Daihatsu di Indoensia sudah memberikan masukan luar biasa jika mobil LCGC juga bisa dimodifikasi bahkan dipasangi turbo.

 

You might also like