Kopdar Akbar Innova Community, Gelar Baksos Peduli Sungai Musi 2019

Palembang, Otomotif1.com – Dengan tajuk ‘Innova Community Peduli Sungai Musi 2019’, gelaran ketiga Kopdar Akbar Sumatera 2019 yang berlangsung pada 7-9 Maret 2019 di Kota Palembang, Sumatera Selatan sukses digelar.

Diikuti oleh 492 member anggota Innova Community (IC) yang datang bersama keluarga seperti dari Chapter Sumatera dan Jabodetabek.

Dalam kegiatan ini sedikitnya 14 chapter terlibat dalam aksi baksos membersihkan Sungai Musi, dan beberapa tamu undangan dari komunitas otomotif di Sumatera.

Setelah semua member IC dan tamu undagan berkumpul, akhrinya beramai-ramai menju lokasi awal kegiatan dengan melakukan konvoi sekaligus mengkampanyekan GATELL (Gerakan Tertib Lalu Lintas).

GATELL adalah sebuah kampanye yang sedang digalakan oleh para member IC, gerakan GATELL seperti mentaati semua rambu-rambu dan peraturan lalu lintas dan tidak menggunakan strobe, sirine dan patwal saat konvoi. Namun memaksimalkan penggunaan Rakom (Radio Komunikasi), sehingga tidak mengganggu hak-hak pengguna jalan lainnya.

“Kegiatan CSR yang beragam kali ini  sebagai bentuk keprihatinan dan kepedulian kami dr Innova Community terhadap lingkungan dan pendidikan anak2 di Indonesia, terutama di daerah yang tertinggal dengan fasilitas sangat minim.  Dengan adanya kopdar Akbar  Sumatera  kami  harapkan bisa mempererat hubungan persaudaraan antar member Innova Community, dan berguna bagi anggota IC, lintas komunitas, masyarakat dan lingkungan,” ujar Nugraha Reza, Ketua Umum Innova Community Pusat.

Dalam kegiatan ini juga diisi dengan penyuluhan dari BASARNAS mengenai kebencanaan dan aspek keselamatan. Tidak cukup berhenti sampai di sini saja, kegiatan lain yang tidak kalah pentingnya juga dilaksanakan oleh IC seperti safety driving campaign yang diikuti oleh seluruh peserta.

Sebagai bentuk kepedulian social terhadap lingkungan di Kota Palembang, dalam acara ini juga IC membagi-bagikan tempat sampah dan melepaskan 40.000 bibit ikan Belida yang dibawa khusus dari Pengembangan Budidaya Ikan Air Tawar (BBPBIAT) yang berlokasi di Sukabumi, Jawa Barat, untuk disebar di Sungai Musi bersama dinas Pariwisata dan pemerintah Kota Palembang.

Dalam sambutannya Kepala Destinasi dan Industri Pariwisata Palembang, Agusti sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Innova Community, salah satunya dengan melakukan kegiatan bersih-bersih Sungai Musi dan melepas ikan asli Sungai Musi yaitu ikan Belida.

“Kegiatan ini sangat positif dengan membersihkan sampah plastick di area sungai, pemberian keranjang sampah dan  menebar 40.000 benih ikan di Sungai Musi agar ekosistem menjadi lebih  seimbang dan bisa mengembalikan habitat Ikan di Sungai Musi. Karena saat ini populasi ikan di sungai Musi banyak berkurang akibat penangkapan yang tidak terkendali. Sedangkan Sungai musi sebagai ladang mata pencaharian nelayan dan salah satu pusat pariwisata di Palembang. Hal ini sesuai program pemerintah Kota Palembang  – Gotong Royong menjaga dan merawat Sungai Musi. Semoga Innova Community bisa melanjutkan kegiatan yang berguna untuk lingkungan baik di Palembang atau di daerah lain,” paparnya.

Acara di tutup dengan melanjutkan program literasi. Kali ini IC Peduli Literasi  membantu salah satu sekolah yang terkenal dengan sebutan sekolah “Laskar Pelangi” Madrasah Ibtidaiyah (MI) Munawarul Fajri.

Sekolah Islam itu berada di ujung Kabupaten Banyuasin, tepatnya di Desa Jerujung. Madrasah yang didirikan pada 2009 dari swadaya masyarakat itu menjadi satu-satunya pusat pendidikan resmi yang berdiri di desa setempat.

Di sini Innova Community menyerahkan sumbangan berupa buku, alat tulis serta peralatan sekolah dan ibadah,  white board, alat peraga pendidikan serta alas untuk melapisi lantai tempat belajar dan mengajar.

 

You might also like