Mitsubishi Targetkan Penjualan 160.000 Unit

Jakarta, Otomotif1.com – Meningkatnya penjualan otomotif di tahun 2018 sebesar 6%, nampaknya memberi dampak positif terhadap kontribusi penjualan PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), sehingga berhasil meningkatkan volume penjualan dan pangsa pasar pasar di segmen kendaraan penumpang dan niaga di tahun 2018.

Dan untuk menghadapi penjualan di tahun 2019, nampaknya MMKSI sudah menyiapkan strategi untuk meraih sebesar-besarnya pangsa pasar otomotif di Indonesia.

Proyeksi target GAIKINDO untuk penjualan kendaraan di tahun 2019 sebesar 1,1 juta unit, semakin memacu semangat dan optimism MMKSi untuk berkompetisi dalam memberikan layanan penjualan dan purna jual terbaik kepada konsumen.

Merujuk pada data penjualan retail GAIKINDO tahun 2018, kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia mencatat angka penjualan sebanyak 146.805 unit (Jan-Des 2018), yang terdiri dari penjualan model kendaraan penumpang 98.964 unit (Pajero Sport, Xpander, Outlander sport, Delica dan Mirage), terjadi peningkatan penjualan lebih dari 174% dari tahun sebelumnya, atas kontribusi Xpander yang sukses diterima pasar Indonesia. Capaian penjualan kendaraan niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia sebanyak 47.841 unit (Triton, Colt L300 dan Colt T-120ss) naik 9,6% dibandingkan dengan capaian tahun 2017. Secara total, angka penjualan kendaraan (penumpang dan niaga ringan) Mitsubishi di Indonesia meningkat sebesar 84%.

(ki-ka) Eiichiro Hamazaki – Head of Aftersales Unit; Michimasa Kono – Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI; Irwan Kuncoro – Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI Permana Razy – Director PT MMKSI.

 

Sebagian besar model kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi berhasil menaikkan pangsa pasar dan mampu meredam penurunan penjualan di masing-masing segmen.

Capaian penjualan kendaraan niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia sebanyak 47.841 unit diantaranya di capai oleh produk Triton, ColtL300 dan Colt T-120 SS yang naik sebesar 9,6% dibandingkan tahun 2017. Secara pangsa pasar nasional pada awal Maret 2018, MMKSI mendapat porsi sebesar 14,2% atau naik dari tahun 2017 sebanyak 8,1%.

“Kami yakin dengan hasil postif di tahun 2018, makan di tahun 2019 penjualan dan pangsa pasar kami akan kembali naik,” ujar Nakarmura saat Gathering Media yang digelar di bilangan SCBD, Rabu malam (13/3).

Sementara itu, pada kendaraan komersial sendiri, produk MMKSI yang sangat cepat mengalami pertumbuhan adalah Mitsubishi Xpander.

Sejak diluncurkan di ajang GIIAS 2017, angka penjualan Mitsubishi Xpander secara retail sudah mencapai 100.000 unit pada awal Maret 2019. Capaian penjualan retail ini menjadikan Xpander sebagai model kendaraan yang mencapai penjualan tercepat di kelas small-MPV dalam kurun waktu 18 bulan.

Seremoni penyerahan unit ke-100.000 dilaksanakan pada kesempatan pertemuan tahunan MMKSI dan media massa nasional pada 13 Maret 2019.

“MMKSI mengucapkan terima kasih atas dukungan rekan-rekan media yang telah mendukung aktivitas brand Mitsubishi Motors sepanjang tahun 2018. Hubungan dan sinergi yang terjalin baik antara MMKSI dan media di Indonesia terwujud melalui berbagai pemberitaan positif yang disampaikan kepada masyarakat, terbukti menjadi pemacu MMKSI untuk memberikan layanan terbaik kepada konsumen pada keseluruhan proses kepemilikan kendaraan, serta mencapai target penjualan yang telah ditetapkan. Berbagai capaian yang diraih MMKSI diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap industri otomotif, pertumbuhan ekonomi dan kepentingan masyarakat Indonesia secara luas,” ungkap Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI.

Untuk tetap mempertahankan pangsa pasar dan bahkan menaikan pangsa pasar di tahun 2019, salah satu strategi MMKSI adalah dengan meluncurkan beberapa produk terbaru dan melakukan penyegaran yang telah dikembangkan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Naoya Nakamura – President Director PT MMKSI (kanan) menyerahkan kunci secara simbolis kepada perwakilan konsumen unit Xpander ke-100.000 yang diterima Billy Thomas – Owner PT Srikandi Diamond Motors di Jakarta.

 

Sayangnya, pihak MMKSI belum mau membeberkan dengan detail produk apa saja yang akan diluncurkan di tahun 2019.

Namun demikian, bocoran yang beredar rencana kedepan, MMKSI tidak akan melanjutkan produksi Mirage, dan lebih fokus pada penjualan Xpander dan Pajero Sport.

Sementara untuk kendaraan niaga, sebagaimana yang sudah dikatehui Mitsubishi Colt T120SS juga tidak akan dilanjutkan, untuk saat ini otomatis MMKSI hanya mengandalkan dua produknya pada kendaraan ringan yaitu Triton dan L300.

Sebagai informasi saja, untuk saat ini waktu inden dan pengiriman unit Xpander sudah berjalan normal dengan rata-rata pengiriman maksimal satu bulan untuk wilayah DKI Jakarta. Rencana kedepan, produksi pada pabrik Mitsubishi Motors di Indonesia akan ditingkatkan hingga mencapai 160.000 unit pertahaun pada tahun fiscal 2020.

Selain menambah kapasitas produski, MMKSI juga berencana untuk menambah dealer resmi kendaraan penumpang. Total dealer kendaraan penumpang yang telah beroperasi selama 2018 adalah sebanyak 15 dealer. Total jumlah dealer MMKSI saat ini sebanyak 127 outlet di seluruh Indonesia.

Selain itu, MMKSi juga memiliki target pengembangan dealer resmi dengan fasilitas Mitsubishi Bodi & Cat agar konsumen mudah mendapatkan layanan one-stop service yang lengkap melalui dealer dengan fasilitas 3S+B&C.

Untuk fasilitas seperti ini, MMKSI baru memiliki 10 fasilitas resmi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sementara dari sisi layanan purna jual dan kepuasan konsumen, MMKSI menerima penghargaan No.1 Customer Service Index (CSI) dari JD Power, yang membuktikan bahwa konsumen mendapatkan layanan purna-jual yang baik sekaligus kepuasan tertinggi dari brand Mitsubishi Motors di Indonesia. Ini melengkapi penghargaan serupa yang diterima Mitsubishi Motors di Indonesia pada tahun 2011, 2012 dan 2014.

Sebagai sarana pendukung utama pencapaian target, aktivitas above the line, below the line, PR dan digital akan lebih terintegrasi dengan peningkatan saluran komunikasi yang lebih optimal seperti dengan menggelar beragam event, mulai dari partisipasi pada pameran otomotif berskala international, regional hingga pameran yang diselenggarakan dengan menerapkan standar MMKSI dalam desain booth dan konsep pameran untuk memperkuat brand Mitsubishi Motors.

You might also like