Geber 160 Km/Jam di Tol Pandaan-Malang, All New Nissan Livina Tetap Anteng dan Nyaman

Surabaya, Otomotif1.com – Semenjak debut pertamanya kemunculan Mitsubishi XM Concept, saya tidak menyangka bahkan membayangkan jika ternyata purwarupa tersebut akan lahir sebagai generasi terbaru dari All New Nissan Livina. Dan semenjak kemunculan perdananya di Kota Surabaya pada 28 Febaruario 2019, akhirnya semua terjawab dengan gamblang.

Platform dari Mitsubishi Xpander menang benar-benar diserap dengan sempurna oleh Nissan Indonesia. Hal ini demi melanjutkan kesuksesan dari LMPV yang pernah begitu dominan di era tahun 2007.

Karena sebagai produk kembar dari Xpander, maka rasa mengemudinya pun tidak jauh berbeda, yang sangat berbeda ketika kita berada dalam kabin. Dimana eksterior All New Livina memang cukup elegan dengan balutan kulit sintetis dan moncong yang mengusung bahasa desain ‘V-Motion’ pada grill nya.

Sementara, pada lampu utamanya nyaris sama, hanya saja sedikit berbeda karena Nissan menerapkan desain meruncing dan memang sangat pas sekali dengan bentuk grill. Sedangkan lampu DRL yang menyipit sama persis dengan Xpander.

Sampai di sini, bisa disimpulkan jika All New Livina memiliki karakter yang cenderung lebih elegan, sedangkan Xpander lebih ke arah macho.

Beberapa hari lalu, media Surabaya mendapat kesempatan menjajal performa dari All New Nissan Livina bertipe VE, sekaligus mencoba tol Pandaan-Malang yang baru saja diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo.

Kesan pertama ketika baru memasuki kabin All New Livina VE, untuk menutup pintu memang kita butuh ektra tenaga. Hal ini mungkin bisa jadi disebabkan karena tebalnya karet peredam pada daun pintu. Dampak positif dari tebalnya karet peredam tentu kita akan mendapati kabin yang senyap dan kedap ketika kendaraan melaju.

Begitu kita duduk dibalik kemudi, kita disambut dengan jok berbalut kulit sintetis yang mudah diatur posisinya sesuai dengan postur tubuh. Meski pada fitur audio sama dengan saudara kembarnya,  tapi pada desain hardware All New Nissan Livina lebih elegan dibandingnya saudaranya.

Justeru yang menjadi keunggulan dari All New Livina yang kami test ini ada pada fitur safety. Karena bukan hanya ada kamera parkir, tapi juga All New Nissan Livina sudah dilekapi dengan sensor parkir.

Tak menunggu waktu lama, kami pun akhirnya memacu kendaraan yang katanya masuk jajaran Low MPV padahal yang kami temukan justru adalah fitur yang jauh di atas LPMV pada umumnya.

Saya berkesimpulan bahwa rasanya tidak seperti mengemudi sebuah LMPV. Bantingan suspensinya yang lembut dan handlingnya yang sangat oke, membuat All New Livina ini bisa disejajarkan dengan sebuah Medium MPV.

Mengandalkan mesin berkubikasi 1.500 cc, memang tidak bisa kami sebut mesin yang kencang. Tapi, power sebesar 104 dk dengan torsi 141 Nm sudah cukup bisa diandalkan sebagai kendaraan keluarga sehari-hari.

Ditambah lagi dengan ground clearance 205 mm, All New Livina dipastikan tetap nyaman melibas jalanan yang tidak rata ataupun trek tanah sekalipun.

Adapun yang menjadi catatan kami di sini, adanya beberapa ketiadaan elemen pemanas pada kaca belakang. Namun, hal ini masih bisa diatasi dengan mengandalkan wiper belakang.

All New Nissan Livina begitu anteng ketika digeber dengan kecepatan 160 km/jam, sistem kemudi tetap stabil ketika diajak berakselerasi di jalanan bebas hambatan.

Kesimpulan

All New Nissan Livina bisa menjadi solusi untuk menjadi kendaraan pilihan keluarga. Dengan segala keunggulannya, plus desain V-Motion dan pilihan warna yang menjadi ciri khas Nissan, maka secara tampilan mobil ini layak dipinang.

Penjualan All New Livina di Surabaya

Hadirnya All New Nissan Livina, tentu semakin menambah amunis jualan Nissan Indonesia di Jawa Timur khususnya Kota Pahlawan Surabaya.

Menurut penuturan Yusea Kurnia Abadi Branch Manager Nissan A Yani Surabaya, penjualan Nissan di pada lebaran dan mudik tahun lalu sempat melonjak sebesar 20 persen. Dan diharapkan dengan hadirnya All New Nissan ini akan mengulang sukses pada lebaran dan mudik tahun lalu.

“Idul Fitri memang selalu dijadikan momen untuk mendongkrak penjualan Nissan, selain juga mengadakan pameran dan kegiatan promo seperti trade in. Memang, Lebaran pada tahun ini tidak seramai seperti pada tahun lalu,” ujarnya.

Nampaknya persoalan yang sama juga dirasakan oleh hampir semua agen pemerang merek (APM). Jika pada tahun banyak momen yang membuat sedikit lesu jualan mobil belakangan ini. Salah satu penyebabnya karena tahun ini adalah tahun pemilu.

Meski demikian, Yusea yakin sales Nissan bisa tumbuh 100 persen pada Idul Fitri tahun ini.

“Kami yakin pencapaian pada Idul Fitri tahun ini akan tumbuh lebih baik dibandingkan dengan pencapaian pada bulan April lalu,” imbuhnya.

Lebih jauh Yusea menuturkan, keyakinan tumbuhnya pasar Nissan karena kehadiran All New Nissan Livina yang belakangan begitu menjadi buah bibir sepanjang even GIIAS Surabaya 2019 yang baru saja usai digelar, sampai saat ini All New Nissan Livina menjadi faktor utama naiknya penjualan Nissan di Surabaya.

“All New Nissan Livina menjadi backbone penjualan Nissan di Indonesia, dengan kontribusi sebesar 80 persen. Jika sebelum kehadiran All New Nissan Livina, jualan Livina hanya sekitar 15 unit saja setiap bulannya, kini jualan Livina bisa dua kali lipatnya,” pungkasnya.

Berikut daftar harga On The Road (OTR) untuk Jawa Timur

All New Nissan Livina

E MT : IDR 204,5 Juta

EL MT : IDR 228,5 juta

EL AT : IDR 238 juta

VE AT : IDR 255,5 juta

VL AT : IDR 267,5 juta

All New Nissan Serena

X: IDR 456 juta

HWS: IDR 473 juta

 

 

 

You might also like