Mudik Dengan Skutik, Kenapa Enggak

Jakarta, Otomotif1.com – Mudik menjadi ajang pemuncak dari hari kemenangan untuk merayakannya bersama keluarga di kampung halaman. Banyak cara ditempuh oleh para pemudik untuk ‘menyempurnakan’ hari kemenangan di kampung halaman, mulai dari dengan menggunakan angkutan umum, kendaraan pribadi roda empat, bahkan untuk jarak menengah, tidak sedikit pemudik yang menggunakan motor.

Aktivitas mengunjungi keluarga di kampung halaman sudah menjadi pemandangan biasa setiap tahun menjelang Lebaran. Tradisi ini sudah dilakukan entah kapan tepatnya di negeri yang indah ini.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selaku distributor Skutik MAXI Yamaha juga menaruh konsen pada aktivitas pemudik tahun ini.

Salah satunya dengan mencoba mencari tahu seorang pemudik sekaligus pengguna salah satu skutik Maxi Yamaha yaitu Yamaha Lexi asal Gunung Kidul yang tinggal sehari-hari di wilayah Tangerang, Banten.

Eko Kahono, adalah satu dari sekian juta pemudik yang menggunakan motor untuk merayakan lebaran di lampung halaman. Eko juga adalah pengguna Yamaha Lexi, yang pada tahun ini juga akan mudik dengan motor kesayangannya.

”Untuk pertama kalinya saya akan menggunakan Lexi warna hitam milik saya, rencananya 30 Mei nanti berangkat dari Tangerang. Teman-teman saya juga mau pakai Lexi, diajak bareng karena sama-sama ke area Jawa. Saya pilih motor ini karena ukuran bodi yang Maxi dan rasanya nyaman. Ruang kakinya luas dan bisa pakai bagasi juga buat membawa barang. Yang saya suka stang Lexi bikin tangan nggak pegel. Colokan charger handphone juga membantu agar handphone tetap aktif dalam perjalanan nanti. Sehari-hari saya juga pakai Lexi buat kerja dan sudah pernah turing seputar Jawa Barat,” papar Eko.

Tips Safety Perjalanan Jarak Jauh

Mudik dengan sepeda motor tentunya tidaklah mudah, banyak kendala dan aturan yag harus dipahami dan jalankan oleh pemudik, agar mudik menjadi lancar dan tidak terjadi hambatan apalagi kecelakaan di jalur mudik.

Tingginya jumlah laka lantas pada tahun 2018 sebanyak 1.154 kasus kecelakaan dan jumlah terbanyak terjadi pada pemudik yang menggunakan roda dua. Tentunya, ini harus disikapi dengan bijak oleh para pemudik. Mulai dari kesiapan kendaraan, sampai kesiapan mental pemudik.

Nah, pada kesempatan ini kami punya tips untuk pengendara motor khususnya pemudik yang menggunakan kendaraan motor untuk berlebaran di kampung halaman.

  1. Lakukan pemeriksaan sepeda motor seperti pengecekan oli, tekanan ban, kelistrikan dan fungsi rem.
  2. Istirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan bergizi agar konsentrasi berkendara terjaga baik. Disarankan berangkat pagi hari karena kondisi badan lebih fit dan fokus di jalan. Sedangkan kalau berangkat di malam hari bukan jam ideal berkendara karena merupakan jam biologis manusia untuk istirahat / tidur.
  3. Berkendara tidak lebih dari 2 jam tanpa istirahat agar tetap konsentrasi di jalan. Gunakan tempat istirahat yang disediakan.
  4. Jangan berkendara lebih dari dua orang dan jangan membawa barang berlebihan untuk menjaga safety saat berkendara di jalan.
  5. Siapkan jas hujan. Gunakan sepatu yang menutupi mata kaki, helm full face SNI dan body protector, jaket dan celana panjang berbahan yang tebal, sarung tangan.
  6. Buat perencanaan berkendara dan cek rute terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi mengenai rute yang aman dan karakter jalan yang dilalui.
  7. Beristirahatlah jika lelah jangan memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan.

Semoga tips ini bermanfaat, selamat mudik dan selamat berlebaran, Minal Aidin Wal fa idzin, mohon maaf lahir dan batin

You might also like