Ferrari SF90, Plug-in Hybrid Pertama di Dunia Diluncurkan

Maranello, Otomotif1.com – Ferrari meluncurkan supercar yang menjadi andalan terbarunya yaitu SF90 Stradale. Ini adalah Ferrari dengan mesin V8 yang buas dan dikawinkan dengan tiga motor listrik, sehingga memberikan power dengan daya gabungan sebesar 986 Hp.

Dilansir dari Carbuyer  kehadiran Ferrari SF90 adalah era baru bagi dunia otomotif, karena ini adalah untuk pertama kalinya supercar dengan mesin plug-in Hybrid di dunia.

Mengambil nama yang diambil dari tim balap F1 Ferrari, SF90  sekaligus menandai 90 tahun usia Scuderia Ferrari di ajang balap bergengsi ini.

Menggendong mesin yang sepenuhnya dikerjakan ulang dari mesin V8 3,9 liter turbo Ferrari yang fenomenal, ini adalah mesin delapan silinder paling kuat dari perusahaan Italia yang pernah dibuat yang mampu menghasilkan power 769 hp dan torsi 800 Nm, yang digabungkan dengan sistem hybrid, menggunkaan tiga motor listrik dan baterai 7,9kWh dengan dua motor listrik yang terpasang diantara mesin dan transmisi, dan unit lainya berada  pada roda.

Dengan tenaga baterai lithium-ion sebesar 7,9 kWh yang mampu menghasilkan total output 217 hp, kemudian dikombinasikan dengan mesin V8, sehingga total power yang disemburkan dari mesin ini mencapai hampir 1.000 hp.

Dengan power sebesar itu, Ferrari SF90 Stradale hanya membutuhkan waktu 2,5 detik untuk mencapai kecepatan 0-100 km/jam, sebelum menyentuh top speed 340 km/jam.

Mesin jenis baru V8 4.0 liter turbo bertenaga 769 hp dan torsi 800 Nm digabungkan dengan sistem hybrid, menggunakan tiga unit motor listrik. Satu motor listrik terpasang di antara mesin dan transmisi, sementara dua unit lainnya berada di roda depan.

Motor listrik tersebut ditenagai baterai lithium-ion 7,9 kWh yang menghasilkan total output 217 hp, sehingga dengan kombinasi mesin V8 tenaga yang dihasilkan mencapai 986 hp atau 1.000 ps. Dengan sistem all-wheel drive, SF90 Stradale bisa melesat 0-100 km/jam dalam 2,5 detik, sebelum menyentuh top speed 340 km/jam.

Meskipun SF90 memiliki kecepatan yang luar biasa, tapi mobil ini juga dapat melaju dengan mengandalkan motor listrik sejauh 25 km, dengan kecepatan tertinggi sekitar 85 km/jam dengan pengaturan eDrive. Tenaga ini dibuat melalui gearbox otomatis dual-clutch delapan kecepatan baru.

Selain mesin baru, mobil ini juga diciptakan dengan menerapkan metode multi material yang disematkan pada seluruh body dan sasis baru yang terbuat dari serat karbon dan alumunium, yang membuatnya tidak hanya ringan tetapi juga memiliki kekuatan lentur.

Tampilan SF90 Stradale dengan lampu LED otomatis super tipis dan pembagi besar di bagian depan, dan kanopi yang terlihat seperti sepotong kaca. Di bagian belakang, desainnya sebagian besar ditentukan oleh aerodinamika, sehingga memiliki penopang terbang, diffuser besar, dan spoiler belakang aktif, yang muncul saat diperlukan. Lampu ekor lebih persegi dari Ferraris sebelumnya, dan knalpot ganda keluar tepat di tengah.

Pada bagian interior, Ferrari memperlihatkan evolusi desain dengan teknologi modern dengan yang futuristic pada panel instrument digital 16-inci yang dapat dikonfigurasi sepenuhnya di depan pengemudi.

Produksi SF90 tidak terbatas pada jumlah tertentu, dan sekitar 2.000 orang sudah ada dalam daftar tunggu untuk membelinya. Harga belum terungkap tetapi diperkirakan angka awal sekitar £ 350.000 – £ 400.000.

You might also like