LCGC Dongkrak Penjualan Daihatsu Sepanjang Mei 2019

Jakarta, Otomotif1.com – Ketika penjualan sejumlah kendaraan anjlok pada Mei 2019 atau sepanjang bulan Ramadhan, Daihatsu justeru mengalami penjualan yang cukup baik, meski tidak bisa dikatakan besar, tapi penjualan Daihatsu khususnya di segmen LCGC terbilang sangat membantu pangsa pasar Daihatsu.

Setidaknya hal ini diketahui dengan diterbitkannya pencapaian penjualan Daihatsu sepanjang Mei 2019.

Tercatat pada bulan Mei 2019, total angka retail sales Daihatsu mencapai 17.486 unit, naik sekitar 32% dibanding bulan April lalu, yakni sebesar 13.216 unit. Hal ini tidak lepas dari tingginya permintaan masyarakat saat menjelang libur lebaran lalu.

Terkait pasar otomotif secara nasional keseluruhan, penjualan retail sales khusus bulan Mei 2019 mencapai sekitar 93 ribu unit, naik sekitar 16% dibandingkan bulan April lalu.

Jika dibandingkan dengan peningkatan pasar, penjualan retail Daihatsu mengalami kenaikan yang lebih tinggi, sehingga pangsa pasar Daihatsu pada bulan Mei berkontribusi sekitar 18,6%.

Pada penjualan retail sales Daihatsu masih didominasi oleh Sigra dengan torehan 6.163 unit (35%), diikuti oleh Ayla 2.540 unit (15%), dan Xenia 2.533 unit (14%). Lalu disusul line-up lainnya seperti GranMax Pick up (PU) sebesar 2.512 unit (14%), dan Terios 1.846 unit (11%).

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Sahabat Daihatsu yang telah memilih Daihatsu sebagai kendaraan mereka. Kami bersyukur karena Daihatsu masih dapat mempertahankan posisi nomor 2, dan mencapai pangsa pasar untuk retail sekitar 18,6% pada bulan Mei lalu,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Daihatsu Sigra Masih Tetap Jadi Primadona di Jatim

Penjualan Daihatsu di Jawa Timur khususnya Kota Surabaya sepanjang Mei 2019 naik cukup signifikan, hal ini didorong dengan penjualan ritel sales di segmen LCGC yaitu Sigra dan Calya.

“Khususnya Sigra penjualan di Surabaya dan sekitarnya masih terbilang cukup baik,” ujar Kepala Wilayah Astra Daihatsu Jatim, Tunjung Pramusinto kepada Otomotif1, beberapa waktu lalu di Surabaya.

Pada bulan Mei 2019 memang mendekati mudik Lebaran 1440 H hal ini mendorong orang membeli kendaraan untuk keperluan mudik dan liburan. Hal ini pun di amini oleh pria yang baru saja duduk menggantikan Budhy Lau yang sekarang ditugaskan untuk memegang wilayah Sumatera.

“Sepanjang jualan bulan Mei 2019 penjualan unit Daihatsu khususnya Sigra cukup besar, apalagi mendekati Lebaran Idul Fitri. Untuk total seluruhan penjualan Daihatsu selama Mei 2019 untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya sebesar 1.400 unit,” ujarnya meski tidak menjabarkan secara rinci.

You might also like