Bersama Jeep Willys Peninggalan PD II, Albert Ibrahim Jelajahi Jawa Sampai Bali

Otomotif1.com – Nama Albert Ibrahim dikalangan pecinta Jeep Willys di Indonesia tentu bukan nama yang asing. Dia bukan saja sebagai pecinta, pengoleksi dari Jeep Willys, melainkan juga founder dari Willys of Jeep Indonesia (WOI) yang didirikanya bersama sahabat dekatnya Aan Darmujiyanto pada 8 Oktober 2017. WOI sendiri wadah dimana para penggila kendaraan eks Perang Dunia ke-2 ini berkumpul dan melakukan berbagai kegiatan.

Indonesia termasuk negara yang memiliki penggemar Jeep Wilys cukup banyak. Jeep Willys sendiri dikembangkan oleh American Bantam Car Company of Butler dan di uji coba oleh AD Amerika di Camp Holabird, Baltimore pada 23 September 1940.

Jeep Willys banyak digemari karena legendanya yang begitu melekat pada Perang Dunia ke-2, sehingga banyak sekali dari kalangan tertentu yang menjadikannya barang koleksi karena nilai sejarahnya.

Di Indonesia sendiri nama Albert Ibrahim dan Jeep Willys tidak bisa dipisahkan. Kecintaannya pada Jeep Willys dibuktikannya dengan melakukan perjalanan seorang diri (Lone Ranger) mengelilingi Pulau Jawa dan Bali baru-baru ini.

Dengan menggunakan Jeep Willys kesayangannya yang dibuat tahun 1944, Albert Ibrahim melakukan perjalanan sejauh 1680 milles atau kurang lebih sekitar 3000 km.

“Awalnya sih pengen manasin Jeep aja, sekalian ketemu dengan banyak teman di daerah,” ujar pria bertampang keras ini.

Albert Ibrahim menghabiskan waktu 11 hari sejak pertama dirinya berangkat dari rumahnya di daerah Cibubur, pada 27 Juni 2019 sekitar jam 03.00 WIB.

Perjalanan hari pertama ditempuhnya dari Jakarta menuju Salatiga, dilanjutkan pada hari kedua menuju Madiun, Mojokerto dan Sidoarjo. Masuk ke hari ketiga, Albert mulai masuk Kota Surabaya, Pasuruan dan beristirahat di Situbondo sebelum melanjutkan perjalanannya kembali.

Dari Situbondo, kemudian Albert menyeberangi selat Bali, menuju Gilimanuk dan Lovina. Dari Lovina Albert kembali melanjutkan perjalanan menuju Singaraja, Bedugul.

Dari Bedugul menuju Denpasar, Albert harus tinggal cukup lama karena Jeep Willys miliknya mengalami masalah di Singaraja.

“Saya terpaksa bermalam di Singaraja karena ada masalah pada gearbox, yang membuat kendaraan saya tidak bisa oper 3. Dan terpaksa saya bongkar di rumah teman saya di daerah Singaraja. Dan yang membuatnya lama, karena spare part Jeep saya ini tidak ada di Singaraja, adanya di Denpasar. Jadi kita harus nunggu kiriman spare part dari Denpasar,” cerita Albert ketika di hubungi Otomotif1.

Albert Ibrahim menggemari jip memang sejak lama. Selain menggilai jip, Albert juga gemar berpetualang, menurut pemilik dapur restorasi jip lawas Bert’s Garage,”Dengan berpetualang, saya sekaligus menguji ketangguhan kendaraan yang saya miliki, dari pada rusak hanya disimpan, lebih baik rusak kita gunakan”.

Perjalanan terberat yang dilaluinya ketika berada di kawasan jalur pantura dari Cirebon menuju Semarang. Albert harus memasang terpal pada Jeep Willys nya karena sengatan matahari yang begitu terik.

Kembali melanjutkan perjalananya usai tunggangannya di servis, dari route awal yang sudah direncanakan melalui jalur selatan, Akhirnya Albert kembali melanjutkan perjalanan dari Denpasar menuju Banyuwangi menuju Bandung melalui jalur Pantura alias jalur utara.

“Route awal saya Denpasar dan lanjut ke Banyuwangi, tetapi karena tertunda di Singaraja, jadi saya putuskan kembali melalui jalur pantura menuju Bandung kemudian  menuju Jakarta,” ujarnya.

Akhirnya pada 7 Juli 2019, Albert berhasil finish di Jakarta sekitar pukul 24.42 WIB. Meski gagal melalui jalur selatan yang sudah direncanakannya, namun perjalanan ini sangat memberi kesan mendalam bagi Albert Ibrahim.

Selama perjalanan touring Lone Ranger alias sendiri bersama Jeep Willys miliknya, Albert menghabiskan biaya untuk BBM sebesar Rp 5 juta.

“Saya pakai Pertamax, pernah saya coba palai Pertalite Jeep Willys saya jadi boros, jadi saya putuskan untuk memakai Pertamax. Untuk beristirahat, saya banyak istirahat di tempat umum seperti SPBU atau rumah rumah penduduk,” sambungnya lagi.

Sebelum melakukan touring keliling Pulau Jawa ini, Albert juga pernah melakukan perjalanan dari Bedugul Bali, Banyuwangi, Merapi Jogya, Bromo, Surabaya, Tasikmalaya dan Kerinci Sumatera.

Diakhir ceritanya, Albert Ibrahim berpesan kepada para pemilik Jeep Willys di tanah air,”Jangan pernah takut mogok mengendarai jip tua, jika selalu dirawat dengan baik dan benar, I’m not old but I’m classic,” tandas pria yang rencananya akan kembali melakukan touring dengan Jeep Wilysnya ke Eropa dalam waktu dekat.

You might also like