Sambut HUT RI ke-74, Jasa Raharja Gelar Bersih Bersih Rambu Lalulintas  

Surabaya, Otomotif1.com – Menyambut HUT RI ke-74 sekaligus mendukung keselamatan ber-lalulintas serta bukti nyata BUMN hadir untuk negeri, PT Jasa Raharja Jawa Timur menggelar kegiatan pembersihan rambu rambu lalu lintas di beberapa jalan strategis yang ada di Provinsi Jawa Timur.

Acara yang digelar serentak diseluruh Indonesia, juga dilakukan serentak dibeberapa daerah di Jawa Timur seperti Kota Surabaya, Sidoarjo dan Gresik, Kamis pagi (8/8).

Dari pantauan Otomotif1 kegiatan bakti sosial bersih-bersih rambu lalulintas dilakukan oleh semua karyawan Jasa Raharja mulai jajaran direksi sampai lapisan bawah.

Kepala Bagian Klaim Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Timur, Yudi Prsatowo mengatakan, kegiatan bersih-bersih rambu lalulintas ini dilakukan serentak oleh PT Jasa Raharja (persero) diseluruh Indonesia dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74 Tahun, selain upaya untuk mengurangi angka kecelakaan lalulintas di jalan raya, akibat rambu-rambu lalulintas yang sudah kusam.

“Dalam kegiatan sendiri ada kurang lebih sekitar 50 papan rambu lalu lintas yang kita bersihkan di wilayah Sidoarjo, Gresik dan Kota Surabaya” ungkapnya, Kamis (8/8/2019).

Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat membuat papan rambu lalu lintas yang kusam menjadi bersih dan jelas terlihat bagi pengguna jalan. Hal ini tentunya penting agar dapat menurunkan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Provinsi Jatim.

“Kedepan kegiatan seperti ini tentunya akan kita rutinkan. Hal ini karena papan rambu lalu lintas memegang peranan penting, agar pengguna jalan bisa lebih berhati-hati dalam berkendara supaya tidak terjadi kecelakaan lalu lintas,” tukasnya.

Yudi juga menambahkan, bahwa angka kecelakaan pada Januari hingga Juli 2019 mengalami penurunan jumlah kecelakaan lalulintas di Jawa Timur.

“Ditahun 2019 ini ada penurunan jumlah kecelakaan lalulintas hingga menmcapai 25 persen dibanding tahun 2018. Kebanyakan angka kecelakaan yang terjadi akibatkan karena faktor human eror dan melanggar rambu lalulintas,” jelasnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kanit Laka Polresta Sidoarjo, AKP Sugeng Sulistiyono ketika turut membersihkan rambu-rambu lalu lintas di sepanjang jalan Pahlawan Kota Sidoarjo, Kamis (8/8).

Menurut AKP Sugeng kecelakaan sering terjadi terutama di lokasi black spot atau daerah rawan kecelakaan yang minim rambu lalulintas atau bahkan mungkin warnanya sudah memudar akibat kotoran jalan.

“Kegiatan bersihbersih rambu lalu lintas ini sangat bagus sekali, dan kami sangat mendukung sekali, selain untuk mengurangi angka laka lantas, juga menambah estetika Kota Sidoarjo, juga menambah usia rambu lalu lintas yang ada sekarang ini,” ujarnya.

Menurut AKP Sugeng rambu lalulintas sebagai sarana ketertiban harus dapat terlihat secara maksimal. Hal ini untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

“Rambu lalu lintas sebagai penuntun pengendara tidak boleh kusam apalagi kotor sehingga pengendara tidak ragu-ragu untuk melihtas sambil melihat rambu lalulintas. Jika rambu lalu lintas bersih, tentu tidak akan menganggu pandangan pengendara sehingga pengendara tidak ragu untuk mematuhi rambu lalulintas tersebut,” paparnya.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat membuat papan rambu lalu lintas yang kusam menjadi bersih dan jelas terlihat bagi pengguna jalan. Hal ini tentunya penting agar dapat menurunkan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Provinsi Jawa Timur.

Bersih-bersih rambu lalulintas dilakukan di 50 titik mulai dari Jalan Pahlawan Sidoarjo, meliputi rambu-rambu yang berada diputaran arah pintu perlintasan kereta api, sampai rambu lalulintas yang terhalang oleh ranting.

 

 

You might also like