Pasar Otomotif Nasional Tak Bergairah, Ini Tanggapan Astra Daihatsu Motor

Jakarta, Otomotif1.com – Sampai saat sejumlah Agen Pemegang Merk (APM) bahkan dealer di daerah mengeluhkan masih lesunya pasar otomotif. Pasca Pilpres yang baru selesai beberapa bulan lalu, diharapkan dapat merubah angka penjualan otomotif secara nasional, buktinya sampai saat ini tidak juga merubah peta penjualan kendaraan di tanah air.

Hal ini bukan Cuma dirasakan oleh kendaraan penumpang tetapi juga dirasakan oleh kendaraan komersial. Ada sejumlah komentar mengenai kondisi saat ini, dikarenakan imbas dari isu pasar global yang sedikit memanas antara Tiongkok dengan Amerika Serikat, yang berimbas pada lesunya pasa otomotif nasional.

Hari ini, Rabu (14/8) PT Astra Daihatsu Motor menurunkan rilisnya tentang penjualan kendaraannya dalam kurun waktu 7 bulan terakhir sepanjang 2019.

Dari data yang diupdate dan dikirimkan lewat rilis resminya tersebut, ADM mencatat pada periode Januari-Juli 2019, total angka retail sales Daihatsu mencapai 100.031 unit dan whole sales sebesar 100.038 unit.

Sementara itu terkait dengan pasar otomotif secara nasional, ADM menuliskan penjualan retail sales sampai Juli 2019 mencapai angka lebih dari 587 ribu unit, atau turun sekitar 11 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2018 lalu.

Hal ini juga tidak berbeda dengan penjualan whole sales nasional di tahun 2019 berada diangka lebih dari 570 ribu unit, atau turun sekitar 13 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2018 lalu.

Pihak ADM mengakui, selama periode 7 bulanan penjualan Daihatsu secara total mengalami penurunan kuantitas jika dibandingkan periode yang sama di tahun 2018 lalu.

Meski demikian, pihak ADM mengklaim meski pasar otomotif dan angka penjualan Daihatsu sedang mengalami penurunan, pangsa pasar Daihatsu secara nasional mengalami kenaikan dan kontribusi sebesar 17,2 persen untuk retail sales. Sementara kontribusi untuk whole sales sebesar 17,5 persen.

Untuk pangsa retail sales sendiri, ADM masih tertolong dengan penjualan Sigra yang memperoleh penjualan sebesar 29.923 unit (30 %),diikuti oleh Gran Max (PU) 19.658 unit (19%,), dan Xenia 14.102 unit (14%). Untuk penjualan Ayla, dan Terios berada di kisaran angka lebih dari 12 ribu unit dengan kontribusi sekitar 12-14%.

Melihat pasar otomotif nasional yang tengah lesu, hal ini ditanggapi serius oleh Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra.

“Di tengah lesunya pasar mobil Indonesia yang turun 11,1%, kami bersyukur Daihatsu turun hanya 9,6%, sehingga secara market share Daihatsu naik sebesar 0,3% menjadi 17,2%,” ujarnya.

You might also like