Test Ride Kawasaki KLX 150 Tembus Jalur Liar Puncak Bromo Tengger Semeru

Pasuruan, Otomotif1.com – Sebanyak 13 rider menguji ketangguhan Kawasaki KLX 150 dengan menembus jalur liar Puncak Bromo Tengger, Semeru Sabtu (11/1). Meski mengusung basic sasis dan mesin yang sama dengan pendahulunya, namun tampang KLX 150BF dan KLX 150R saat ini tampil lebih fresh.

Terlalu sering ngetes motor di jalur onroad alias aspal, sekalinya dapat motor dengan ban kasar alias trail, rasanya begitu bersemangat sekali. Ini adalah pengalaman pertama kali untuk Otomotif1, melakukan tes motor trail dengan menggunakan Kawasaki KLX 150BF,KLX 230 dan KLX230R.

PT Surapita Unitrans sebagai dealer utama Kawasaki untuk wilayah Jawa Timur, Bali, Lombok dan NTT mengajak beberapa media untuk mencoba beberapa line up, yang menjadi backbone jualannya selama ini.

Mengambil titik start dari Desa Ngadipuro, Nongkojajar, Pasuruan Jawa Timur, seluruh anggota langsung digiring menuju jalanan aspal menanjak sebelum akhirnya mulai memasuki jalur kecil dengan jalan tidak rata alias tanah lempung licin dan sangat menantang di kawasan Hutan Lindung di kaki pegunungan Bromo.

Mungkin bagi Otomotif1, ini adalah jalur yang cukup berat dan menguras tenaga ketahanan fisik benar-benar di kuras ketika semakin dalam memasuki kawasan cagar alam ini. Kondisi jalan yang selebar kurang dari 3 meter, dipenuhi dengan lubang menganga sedalam 90 cm sampai lebih. Hal ini membuat skil pengguna semakin ditantang, dan kekuatan dari sasis motor teruji.

Tidak sedikit dari kami yang harus terjerembab masuk ke dalam lubang, sehingga motor terpaksa harus di tarik bersama-sama (evakuasi).

Kondisi ini membuat mata kami melihat bagaimana tangguhnya sasis Kawasaki juga mesin berkapasitas 150 cc yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 12PS pada 8.000 rpm dengan torsi maksimum sebesar 11.,3 Nm pada 6,500 rpm dari KLX 150BF sangat teruji di medan terjal ini.

“Jalur ini belum seberapa untuk menguji ketahanan dari KLX 150BF, ini masih ‘jalur bayi’ (jalur pemula-red),” ujar James Alexander, Area Sales & Marketing Manager PT Surapita Unitrans.

Desain

Tampang KLX 150 terbaru ini terlihat tegas dan sporti berkat desain bodi yang serba tajam. Hanya saja lampunya memang sedikit agak membulat, tidak setajam versi lama. Lantas perbedaan dimana antara versi Kawasaki KLX150BF dengan Kawasaki KLX 150SE ? Untuk versi SE sudah dibekali dengan handguard dan engine guard, serta menggunakan pelek berwarna hitam, yang memberikan kesan garang.

Fitur dan Teknologi

Pada versi BF mengusung beberapa fitur unggulan yang membuatnya nampak lebih gagah. Tidak hanya pelek alumunium berkelir hitam yang sangat enteng tapi kuat, hadirnya upside down berukuran 35mm membuatnya nampak lebih berotot.

Sementara untuk suspensi belakang sudah menggunakan model unitrack dengan setelah 5 tingkat preload. Fitur tambahan pada KLX terbaru ini sudah sematkannya speedongmeter, yang dilengkapi dengan fuelmater alias takaran bensin, sehingga penggunanya tidak perlu lagi melihat ke dalam tangki untuk melihat volume bensin.

Untuk versi SE, juga sudah dibekali dengan handguard dan engine guar. Uniknya, untuk fitur toolbox, kini terletak pada sisi kiri bawah, sementara pada versi lama berada di atas spartboard belakang.

Riding Position & Handling

Posisi duduk tentu sangat menentukan pada motor trail. Posisi duduk pada KLX 150 ini memang snagat khas trail, santai dengan stang lebar. Hal ini membuat siku bisa menekuk dan membuat penggunanya sedikit rileks kala menaklukan jalur tidak rata. Sementara kondisi posisi kaki memang agak kedepan, hal ini justeru membuat pengguna semakin rileks.

Jok KLX 150 cukup tebal, sehingga cukup empuk. Dengan menggunakan pelek 21 dan 18 inci, membuatnya jadi lebih tinggi.

Dengan bobot kosong 118 kg, handling KLX 150 ini terbilang cukup ringan. Karakter suspensi sangat empuk sekali.

KLX 150 sangat mudah untuk menaklukan tanjakan curam, penggunaan pelek besar juga membuatnya tidak mudah terjerembab ke dalam lubang.

Performa

Tetap mempertahankan mesin 144 cc 2 klep SOHC, dengan pasokan BBM melalui karburator, performanya tidak jauh berbeda dengan versi lama. Pada putaran bawah sangat smooth. Kenaikan putaran mesin perlahan, kendati gas sudah diputar sampai mentok, khas karakter karburator vakum Keihin NCV24. Jadi penggunanya mesti sabar ketika butuh akselerasi cepat, misalnya saat menyalip kendaraan.

Harga OTR Jawa Timur

Harga Kawasaki KLX 150 di Surabaya dibanderol mulai dari Rp 30,7 Juta untuk varian paling bawah Standard, sementara varian tertinggi BF SE Extreme dihargai Rp 38,91 Juta.

Untuk informasi lebih lanjut bisa mengujungi Dealer Kawasaki PT Surapita Unitrans untuk mendapatkan penawaran terbaik. Ada 5 varian Kawasaki KLX 150 yang tersedia di Indonesia.

You might also like