Perbedaan Yamaha V-Ixion Biasa dengan Tipe R

0

Jakarta, Otomotif1.com – Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi merilis Yamaha V-Ixion generasi terbaru yang hadir dalam dua varian, yaitu versi biasa dan versi R. Naked bike ini diklaim sangat nyaman, karena memakai rangka deltabox dan suspensi monocross yang menunjang kestabilan berkendara.

Keduanya memiliki fitur dan keunggulan masing-masing. All New V-Ixion mengusung mesin 150 cc LC4V yang diklaim bertenaga dan responsif. Keunggulan utama motor ini adalah disematkannya fitur slipper clutch, yang bisa mencegah hentakan saat gigi transmisi diturunkan beberapa tingkat.

Namun bukan hanya sekedar penambahan huruf ‘R’, kedua varian motor sport andalan Yamaha tersebut memiliki perbedaan mulai dari tampilan hingga sektor dapur pacu. Berikut ini beberapa perbedaan antara V-Ixion biasa dan tipe R.

Mesin

Perbedaan paling utama ada pada penggunaan mesin. Yamaha V-Ixion biasa dilengkapi mesin 150 cc, sementara V-Ixion R menggunakan mesin yang sama pada Yamaha R15, yakni mesin 155 cc dengan teknologi Valve Variable Actuation (VVA).

Besaran tenaga, V-Ixion biasa 12,2 kW/8500 rpm, dan torsi 14,5 Nm/7500 rpm, dan R punya 14.2 kW / 10000 rpm, serta torsi 14.7 Nm/8500 rpm.

“Secara pengaturan, tenaga, hingga torsi tetap sama antara V-Ixion R dengan R15,” ungkap Ridwan Arifin, Service Education YIMM di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (27/4/2017).

Transmisi

Mengikuti pada perbedaan mesin yang diusung, jumlah gigi transmisi juga berbeda, tipe biasa masih sama, yaitu 5-percepatan, sedangkan R sudah 6-percepatan.

Kaki-kaki

Selanjutnya terdapat perbedaan pada pelek dan ukuran ban belakang. V-Ixion R lebih besar dari versi biasa. Varian R punya ukuran ban 130 dan ukuran pelek empat inchi lebih besar.

Dimensi

Perbedaan ukuran dimensi terlihat jelas. Pada V-Ixion R,jarak sumbu roda lebih panjang tipe R (1.320 mm), sedangkan versi biasa 1.295 mm.

Knalpot

Penggunaan knalpot juga terlihat berbeda, dimana pada tipe R lebih pendek dan ukurannya lebih kecil dan pendek sehingga terlihat lebih sporti.

Pilihan Warna

All New V-Ixion R tersedia tiga pilihan warna, yaitu matte red black, blue silver dan green white. Sedangkan, versi standar terdiri dari warna matte silver, red black dan matte black.

Leave A Reply

Your email address will not be published.