Tersengat Plagiat Desain Motor, PLN Jatim (cukup) Berikan Klarifikasi Lewat Sosmed ?

Surabaya, Otomotif1.com – Media otomotif akhir pekan ini dihebohkan dengan kasus penjiplakan desain grafis pada motor listrik Gesits, pesanan Perusahaan Listrik Negara (PLN). Kasus ini berawal dari unggahan Facebook Komunits Pengguna Coreldraw Indonesia, pada Sabtu 8 Februari 2020.

Dalam unggahan tersebut, seorang warganet yang diketahui bernama Putra Jr, membagikan unggahan tentang kekecewaannya karena desain hasil karyanya diduga telah dijiplak oleh motor Gesits pesanan PLN.

Putra Jr menceritakan awal mula desainnya dijiplak oleh pihak yang tak bertanggungjawab tersebut. Awalnya ada seorang klien yang memesan stiker untuk proyek motor. Kemudian, si klien tersebut meminta dibuatkan desain oleh Putra.

“Setelah jadi, kemudian gambar desain tersebut saya kirim ke klien,” terang Putra.

Dalam kelanjutannya, klien tersebut meminta Putra untuk menunggu konfirmasiatau persetujuan dari pihak pemesan. Namun sebelumnya, mereka sudah tawar menawar harga dan sudah menyepakati harga tersebut.

Tunggu punya tunggu, ternyata setelah sekian lama tidak kabar kelanjutan dari si klien. Kemudian Putra berinisiatif untuk menjemput bola dengan menanyakan langsung perihal kerjasama proyek desain motor listrik tersebut pada kliennya.

Menurut penjelasan dari pihak klien yang dituliskan Putra, sampai saat ini belum ada kesepakatan dari pihak terkait.

Setelah beberapa bulan berlalu, Putra sangat terkejut dengan kiriman gambar dari seorang temannya yang mengatakan bahwa desainnya dijiplak.

Keterkejutan Putra tidak sampai disitu, karena yang menjiplak desainnya ternyata digunakan untuk motor Gesits pesnana dari PLN. Dari penampakannya, sekilas memang identik dengan desain yang dikirim Putra kepada kliennya.

Bahkan, di fanpage resmi PLN Jatim di Facebook, motor Gesits dengan desain serupa dipajang. Berikut penampakan salah satu fotonya yang dipajang di fanpage PLN.id. Hal tersebut pun sontak menyeret banyak warganet untuk mengomentari kasus dugaan penjiplakan. Banyak dari mereka yang menyarankan untuk membawa kasus itu ke kepolisian.

“Lapor mbah. Pencurian hak kekayaan intelektual itu nama nya. soalny uda ada nego dan blm diambil keputusan kok tau tau uda dibuat di tmpt lain,” tulis Urip Wibowo mengomentari unggahan di grup komunitas Motuba.

“Keras mbah industri kreatif, sudah sering terjadi yg seperti ini. Jangankan perorangan gitu, agency periklanan aja masih sering digituin. Misalnya Agency A pitching sama klien yg udah gede, setelah pitching gak ada kabar sebulan duabulan. Eh tau2 campaign dari si klien nongol pake idenya si Agency A, tapi bukan Agency A yg ngeksekusu hehehe sakit tapi tak berdarah mbah,” tambah Valentino Epson.

Respon PLN Atas Kasus Plagiat Ini

Ternyata cukup memberikan klarifikasi via medsos FB pula seperti di bawah ini. Idealnya jika permasalahan ini cepat selesai, tentu lebih bijak terjadi pertemuan antara pihak PLN, produsen motor Gesits dan pemilik desain, Putra Jr.