Gandeng Bosch, Kawasaki Jadi Motor Pertama Paling Aman di Dunia

Jepang, Otomotif1.com – Tingginya angka kecelakaan yang mengakibatkan kematian pada kendaraan bermotor, nampaknya menjadi perhatian bagi perusahaan teknologi asal Jerman, Bosch.

Sebagaimana kita ketahui, teknologi bantuan bagi pengemudi dan keselamatan berkendara, mungkin sudah menjadi fitur yang wajib tersedia pada kendaraan di era modern saat ini. Tapi, fitur semacam ini sangat jarang terdapat pada kendaraan roda dua. Nah, mulai tahun 2020 ini salah satu perusahaan sepeda motor raksasa asal Jepang Kawasaki menjalin kerjasama dengan perusahaan teknologi asal Jerman, Bosch.

Hal ini disampaikan oleh pabrikan motor yang berbasis di Minato, Jepang ini belum lama ini. Dalam persnya tersebut, pihak Kawasaki telah mengumumkan bahwa sistem bantuan pengendara tingkat lanjut yang dikembangkan oleh perusahaan Bosch akan dimasukkan dalam sepeda motor Kawasaki di masa depan – yang pertama bagi produsen sepeda motor Jepang.

Dengan hadirnya fitur canggih ini, Kawasaki adalah produsen otomotif roda dua pertama di dunia yang menerapkan teknologi keselamatan seperti ini. Bahkan pihak Kawasaki sendiri melansir, sudah merencanakan untuk meluncurkan sepeda motor dengan basis teknologi Advenced Rider Assistance  System Bocsh di tahun 2021.

Advanced Assider System Bosch terdiri dari tiga elemen: ACC (adaptif cruise control), peringatan tabrakan ke depan dan perlindungan blind spot.

Teknologi Ini membentuk sistem komprehensif untuk keselamatan sepeda motor dan menampilkan teknologi ADAS (sistem bantuan pengemudi tingkat lanjut) yang sama yang digunakan dalam mobil. Teknologi yang mendasari dalam sistem mutakhir ini adalah sensor radar, sistem rem, sistem manajemen mesin dan HMI (antarmuka mesin manusia) Bosch, yang semuanya bekerja bersama untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan bagi pengendara sepeda motor.

Penelitian kecelakaan di rumah oleh Bosch menunjukkan bahwa sistem bantuan pengendara tingkat lanjut dapat mencegah satu dari tujuh kecelakaan sepeda motor. Ini berkat elektronik sistem bantuan yang secara terus-menerus memantau sekeliling sepeda motor dan merespons situasi berbahaya yang berpotensi lebih cepat daripada yang dapat ditanggung manusia.

Kawasaki telah berusaha mencapai tujuan menjadi “Menyenangkan dan Menghargai untuk Mengontrol” dengan keselamatan dan kenyamanan pengendara di garis depan, melalui pengembangan dan penggunaan sistem pendukung pengendara seperti KTRC (Kawasaki Traction Control) dan KIBS (Kawasaki Intelligent anti-lock Brake Sistem). Dengan penerapan sistem Bosch ini, tujuannya adalah untuk menawarkan lebih banyak lagi kepada pengendara kemampuan untuk menikmati sepeda motor Kawasaki dengan cara yang aman.

Fitur Bosch Advanced Rider Assistance System

  1. ACC (kontrol jelajah adaptif)

Mengendarai dalam lalu lintas yang padat dan menjaga jarak yang benar mengikuti mobil di depan mengambil banyak konsentrasi dan dapat berat bagi pengendara. ACC menyesuaikan kecepatan kendaraan dengan arus lalu lintas dan menjaga jarak aman yang diperlukan. Ini bisa efektif dalam mencegah tabrakan ujung-belakang yang disebabkan oleh jarak yang tidak memadai ke kendaraan di depan. Dan ACC tidak hanya menawarkan lebih banyak kenyamanan bagi pengendara, tetapi juga memungkinkan mereka untuk lebih berkonsentrasi di jalan, terutama saat lalu lintas padat.

  1. Peringatan Tabrakan

Bosch telah mengembangkan fungsi peringatan tabrakan untuk sepeda motor untuk mengurangi risiko tabrakan ujung belakang dan untuk mengurangi konsekuensi potensial. Jika sistem mendeteksi bahwa kendaraan lain sangat dekat dan pengendara tidak bereaksi terhadap situasi, teknologi ini akan memberikan peringatkan kepda pengendara melalui sinyal akustik atau optik.

  1. Deteksi blind-spot

Sebuah sensor radar memantau sekeliling sepeda motor dan membantu pengendara mengubah jalur dengan aman. Sistem memeriksa apakah ada objek di area yang biasanya sulit dilihat pengendara, dan setiap kali ada kendaraan di titik buta pengendara, teknologi memperingatkan mereka melalui sinyal optik pada kaca spion.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here