Tidak Laku di Jepang, Suzuki Baleno Buatan India Akhirnya Disuntik Mati untuk Pasar Jepang

Otomotif1.com – Selain di Indonesia, Suzuki Baleno adalah salah satu mobil yang diimpor dari India untuk pasar Jepang. Meski Baleno berkuasa dan menjadi kendaraan yang paling laris di India, tapi kenyataan di negeri asalnya, Jepang malah jeblok.

Sejumlah alasan akhirnya terkuak pasca penjualan Suzuki Baleno yang diproduksi di India. Salah satu alasan yang paling relevan dan dapat di terima karena Suzuki Baleno yang mengusung merek Jepang, ternyata tidak begitu kental nuansa Jepang yang ditampilkan oleh Suzuki Baleno.

Kok bisa demikian ? Jelas saja, karena Suzuki Baleno yang kita ketahui saat ini diproduksi di pabrik maruti Suzuki di Manesar, India.

Hal inilah yang menjadi alasan Suzuki Baleno akan segera suntik mati untuk pasar Jepang pada bulan Juni 2020 mendatang.

Perlu dicatat di sini bahwa tidak seperti India, yang mendapatkan versi facelift dari Baleno, Suzuki telah menjual model pra-facelift di Jepang. Baleno adalah satu-satunya mobil yang diimpor Suzuki ke Jepang dari India sejauh ini.

Penting juga dicatat di sini bahwa tidak seperti kebanyakan model lain yang dijual oleh Suzuki, Baleno tidak datang dengan opsi 4WD di Jepang. Bahkan teknologi SHVS hibrid ringan tidak ditawarkan.

Suzuki Baleno telah dijual di Jepang sejak Maret 2016 dan sekarang, setelah lebih dari empat tahun, sepertinya akhir karir hatchback ini akhirnya sudah dekat. Mobil itu diimpor dari India.

Di Indonesia sendiri, Suzuki Baleno juga dipasarkan secara resmi oleh Suzuki Indomobil Sales (SIS). Didatangkan langsung dari India secara CBU, Suzuki Baleno sendiri baru mendapatkan pembaharuan di penghujung tahun 2019 silam.

Pada saat peluncuran, Baleno hanya dijual dengan mesin Dualjet 1.2 liter K12C, yang tersedia di India dengan pengenalan facelift. Mesin ini menghasilkan tenaga maksimum 91 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 118 Nm pada 4.400 rpm. Baleno spec Jepang hanya tersedia dengan opsi CVT.

Suzuki Baleno sendiri memang memiliki beberapa keistimewaan terutama dari segi price to feature. Meskipun Suzuki Baleno didatangkan secara CBU, namun mobil ini mampu di jual dengan harga murah di segmennya. Namun meski dengan harga yang relative dibawah kedua rivalnya Yarris dan Jazz, Suzuki Baleno masih belum mampu berhasil membalap kedua rivalnya tersebut.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here