4 Fungsi Differential Gear yang Paling Utama

Salah satu komponen pada mobil yang biasa disebut dengan differential gear sama pentingnya dengan komponen mesin mobil yang lainnya. Tentunya sudah tidak asing lagi bukan dengan komponen mobil yang satu ini? Selain karena memang komponen ini sangat memberikan pengaruh terhadap performa atau kinerja mobil anda sendiri, komponen ini juga harus kita dalami lebih lagi informasinya. Namun pada kenyataannya, masih banyak pengguna mobil yang tidak paham atau tida mengerti apa sebenarnya fungsi differential gear pada kendaraan yang sedang dikendarai atau dikemudikannya.

Differential gear atau biasa disebut dengan komponen gardan mobil merupakan sebuah komponen yang ada pada setiap mobil yang berfungsi untuk meneruskan tenaga mesin ke poros roda yang sebelumnya melewati transmisi dan propeller shaft. Sedangkan untuk fungsi differential gear secara detail tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Merubah Arah Putaran Mesin

Fungsi differential gear yang pertama ialah melakukan pengubahan terhadap arah putaran pada bagian mesin. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa posisi mesin pada mobil jenis truk, atau khususnya mobil yang biasanya menggunakan as kopel, memiliki posisi mobil yang memanjang ke depan. Sehingga arah putaran dari roda jelas tidak searah dengan arah putaran dari roda. Nah sobat differential gear atu gardan inlah yang bekerja untuk membuat arah putaran dari mesin menjadi searah dengan puataran arah roda yang tadi.

  1. Memperbesar Momen

Fungsi lainnya adalah untuk mengubah ukuran momen menjadi lebih besar dari ukuran semula. Momen adalah tenaga putaran dari sebuah benda yang berputar. Putaran poros engkol memunyai tenaga atau momen. Tenaga dari suatu benda yang berputar dengan cepat adalah kecil, begitupun dengan sebaliknya, tenaga dari suatu benda yang berpuatr dengan lambat adalah besar.

Selambat – lambatnya mesin berputar pasti memiliki kecepatan minimal 600 rpm. Sedangkan pada kecepatan tinggi, memiliki kecepatan hingga 12.000 rpm atau sama dengan dua klai lipatnya. Degan kata lain, berarti poros engkol berputar 12.000 kali di dalam satu menit. Agar tenaga dari poros engkol ini menjadi besar, maka kecepatan putaran dari poros engkol ini haruslah diperlambat.

Nah komponen yang bertugas utnuk memperkecil atau memperlambat engkol tidak lain dan tidak bukan adalah differentil gear atau gardan kendaraan.  Gardan memperlambat kecepatan  putaran dari poros engkol tersebut, sehingga tenaga putar yang dihasilkan atau momen yang dihasilkan menjadi lebih besar dan mobil dapat bergerak dan berjalan. Ternyata besar juga ya sobat fungsi garden ini terhadap kendaraan yang sedang kita kemudikan.

  1. Membedakan Putaran Roda Kiri dan Roda Kanan Seakan Saat Membelok

Pada saat mobil anda akan belok ke kiri atau kanan, putaran roda bagian dalam cenderung lebih lambat dari pada putaran roda bagian luar. Hal ini dimaksdukan agar mobil dapat membelok dengan baik dan tidak terjadi slip. Jika kedua roda baik roda yang kiri atau roda yang kanan selalu sama, maka mobil anda tidak akan bisa membelok.

Di sinilah peranan gardan membuat putaran roda kanan dan roda kiri menjadi tidak sama, sehingga mobil yang anda kemudikan dapat membelok dengan baik.

  1. Gardan Mengubah Arah Putar Sebesar 90 Derajat

Fungsi differential gear yang terakhir ialah membantu bagian gardan untuk mengubah arah putar 90 derajat. Dengan adanya gardan pada kendaraan anda, maka tenaga putar yang memang semula lurus, dari mesin transmisi – kopling akan diubah menjadi sebesar 90 derajat sehingga dapat memutar poros roda penggerak.

Nah, bisa anda bayangkan kan jika tidak adanya differential gear atau gardan ini? Mungkin mobil yang anda kendarai jalannya atau arahnya tidak akan lagi ke depan ataupun kebelakang, melainkan akan menyaping ke kanan aatu ke kiri.

Adapun cara kerja gardan adalah sebagai berikut:

  • Saat Mobil Sedang Berjalan Lurus

Saat mobil berjalan pada kondisi lurus, maka tenaga putar dari propeller shaft masuk ke pinion gear. Dari drive pinion gear dihubungkan ke ring gear yang memiliki jumlah mata gigi lebih banyak, sehingga RPM ring gear lebih rendah dari RPM drive pinion gear tetapi torsinya kan bertambah.

Dari ring gear, putaran kemudian akan diteruskan ke differential case. Hal tersebut dikarenakan differential case terpaut dengan ring gear. Sementara itu differential case merupakan rangka dari rangkaian pinion dan side gear.

  • Saat Mobil Sedang Berjalan Belok

Saat kendaraan belok, misalnya saja ke kiri, maka roda bagian kiri yang terletak pada sisi dalam akan mendapatkan tahanan putar dari roda depan yang berubah arah. Hal itu menyebabkan perbedaan berat antara side gear A dan side gear B, atau side gear bagian roda kiri akan leih berat dari side gear roda bagian kanan, sehingga pinion gear akan berputar.Putaran yang disebabkan perbedaan berat side gear in menyebabkan side gear bagian kanan akan berputar lebih cepat, sehingga putaran roda kanan dan kiripun akan berbeda.

Itulah beberapa fungsi differential gear. Semoga tulisan ini bermanfaat. Salam otomotif!



UPDATE TERBARU

Related news

Mobil Lama Terpakir, Begini Tips Mengganti Oli Mobil untuk Siap Hadapi New Normal Adventure

Otomotif1.com - Memasuki fase transisi di era kehidupan baru dibutuhkan berbagai persiapan baik kesehatan diri sendiri maun kondisi kendaraan yang harus tetap prima untuk...

Ini Dia Penyebab Air Bisa Masuk ke Dalam Lampu Besar Mobil

Otomotif1.com - Sebagai salah fitur penting bagi kendaraan, lampu ibarat mata yang memberikan rasa aman dan nyaman ketika berkendara di malam hari, sehingga lampu menjadi...

Wealthy Product Air Purifier dan Air Sanitizer Solusi Terbaik Setelah Proses Fogging Pada Kendaraan

Jakarta, Otomotif1.com – Selama masa diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala besar (PSBB) dibeberapa wilayah, juga turut diwarnai pemberlakuan anjuran untuk tetap dirumah saja dan Work...

Bosan Saat WFH, Ini Tips Rawat Kendaraan ala Daihatsu

Jakarta, Otomotif1.com - Saat pemerintah memberlakukan peraturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), banyak dari kita melakukan pekerjaan dari rumah (WFH), yang membuat rutinitas kegiatan...
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here