4 Fungsi Utama Wiper Pada Mobil Paling Lengkap

Wiper mobil merupakan sebuah piranti yang terdapat pada setiap kendaraan mobil yang berfungsi untuk membersihkan kaca mobil dan memaksimalkan jarak pandang pengendara mobil tersebut. Adapun sumber energi yang membuat wiper bisa bekerja dalam menjalankan fungsinya adalah karena adanya kiriman daya yang berasal dari baterai accu. Pada saat kondisi mesin mati, maka sudah pasti wiper mobil ini pun tidak akan bisa menyala karena tidak adanya daya untuk menggerakkan wiper mobil tersebut.

Pada saat kaca mobil anda kotor atau kaca mobil anda berembun namun wiper mobil anda tidak berfungsi sebagaimana seharusnya, maka sudah bisa dipastikan anda akan mengalami banyak kendala pada saat menyetir mobil kesayangan anda tersebut. Oleh karena itulah keberadaan piranti mobil yang satu ini sangat penting untuk menunjang kelancaran pengendaraan anda.

Mungkin bagi sebagian orang keberadaan wiper ini dianggap sepele dan tidak terlalu memberikan dampak. Namun yang perlu anda ketahui, wiper mobil ini sama pentingnya dengan bagian mobil yang lainnya. Justru alat atau komponen ini memiliki peranan yang tidak dapat disepelekan demi menjamin keselamatan berkendara anda.

Berikut ini adalah beberapa fungsi utama wiper pada mobil, simak penjelasannya ya!

  • Membersihkan kaca mobil , baik kaca bagian depan (khususnya) maupun kaca bagian belakang dari debu pada saat anda berkendara di musim kemarau.
  • Membersihkan kaca mobil, baik kaca bagian depan (khususnya) maupun kaca bagian belakang dari air hujan pada saat anda berkendara di musim hujan.
  • Memperjauh atau memperjelas jarak pandang si pengemudi, karena fungsinya untuk memberihkan kaca mobil tersebut.
  • Menghilangkan water spot di kaca mobil serta yang bisa membersihkan kaca anda dari kotoran yang lainnya yang menempel pada kaca mobil anda.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, apabila pandangan si pengemudi terhalang, maka akan sangat berbahaya sekali. Hal ini dapat mengakibatkan resiko terjadinya kecelakaan. Adapun cara kerja dari wiper ini sendiri pada umumnya terdiri dari dua buah kecepatan, yaitu kecepatan lambat (low speed) dan kecepatan tinggi (high speed).

Di dalam menjalankan fungsinya tersebut, wiper ini dibantu oleh adanya washer. Di mana washer ini berfungsi untuk membantu kinerja wiper untuk menyemprotkan cairan pembersih untuk membantu membersihkan kotoran yang menempel pada bagian kaca mobil anda. Washer ini sendiri terletak pada bagian kaca depan dan bagian kaca belaknag (sama dengan wiper). Biasanya akan ada kotoran yang menempel pada bagian kaca yag tidak bisa dihilangkan hanya dengan menghapusnya dengan wiper tersebut.

Namun ada kalanya kotoran tersebtu harus disiram terlebih dahulu menggunakan cairan pembersih agar kotoran tersebut bisa hilang, sehingga kondisi kaca film mobil anda akan kembali kinclong seperti semula. Selain itu, dengan anda menyemprotkan cairan tersebut ke permukaan kaca, maka kerja dari wiper ini akan lebih ringan dan cepat bersih karena adanya bantuan dari washer tersebut sebagai penyemprot cairan.

Sekian informasi yang bisa kami berikan. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca!

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here