MAN Siapkan Truk Berat Berkapasitas 250 Ton Ditahun 2018

 

Surabaya, Otomotif1.com – Produsen khusus kendaraan komersial asal Munich, Jerman, MAN mulai serius merambah pasar on-road kendaraan truk kelas berat dan ringan dengan dua tipe andalannya yaitu TGA dan CLA. Bahkan menurut Nugroho Tjandrakusuma Direktur PT Duta Putera Sumatera, sudah lebih dari 1.600 unit terjual sejak kiprah pertamanya ditahun 2011.

Lewat anak perusahaan SUN Motor Group, PT Duta Putera Sumatera sebagai importir dan distributor tunggal MAN Truck dan Bus di Indonesia sejak 2009. Saat ini PT Duta Putera Sumatera telah mengoperasikan 6 dealernya di Jakarta, Medan, Pekanbaru, Balikpapan, Samarinda dan Surabaya.

Beberapa tipe yang menjadi andalan MAN yaitu TGA dan CLA. Khusus tipe MAN TGA memang dibuat untuk bisa bersaing dengan truk Eropa di Indonesia. Man TGA merupakan versi paling tinggi dan kuat dari truk MAN yang dipasarkan di Indonesia, yang diimpor langsung dari Jerman. Sementara CLA truk memang disiapkan untuk bersaing dengan truk asal Jepang, yang ukurannya lebih kecil, diimpor dari pabrik MAN di India.

Nugroho Tjandrakusuma Direktur PT Duta Putera Sumatera saat menyerahkan 24 truk MAN tipe CLA kepada anak perusahaan Samudera Indonesia di Surabaya beberapa waktu lalu

Menurut Nugroho Tjandrakusuma, Director PT Duta Putra Sumatera, MAN belum lama main di on-road, karena selama ini MAN banyak bermain dibidang off-road.

“Sebenarnya, kami masuk ke on-road baru sekitar tahun 2011. Karena sejak 2009 ini kami memang banyak bermain dibidang off-road seperti pertambangan dan perminyakan dengan tipe MAN TGS. Kemudian baru pada tahun 2011, kami mulai merambah on-road dengan dua tipe andalan kami TGA 80 ton ke atas dan CLA 26-40 ton,” ungkap Nugroho.

MAN TGA merupakan truk canggih bermesin diesel teknologi mutakhir, common rail dengan standar emisi Euro2. Truk ini menggunakan mesin berkapasitas 12,500 cc, 6 silinder dengan sistem penggerak 6 x 4. Tenaga maksimum yang mampu dihasilkan mesin truk ini mencapai 480 PS @1.900 rpm. Adapun torsi 2.300 Nm @1.000-1.400 rpm.

Kabin truk ini dilengkapi dengan AC dan jok per udara yang membuat pengemudi memperoleh  kenyamanan saat menjalankan tugasnya. Menurut Nugroho, TGA dibawa ke Indonesia dengan kondisi standar dari Jerman.

Sementara pada truk MAN CLA menggunakan mesin 7.000 cc, 6 silinder segaris, yang dilengkapi turbo plus intercooler yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 280 PS pada 2.800 rpm dan torsi maksimum 1.100Nm @1.300-1.700 rpm. Standar emisinya, Euro3.

Dengan transmisi 9-speed, MAN merekomendasi rentang putaran mesin 1400-1700 rpm merupakan paling ekonomis. CLA  dengan dapur pacu sesuai standar EURO-3

Mengenai after sales, Sun Motor telah mempersiapkan pelatihan mekanik dengan dukungan MAN Asia Pacific.

“Kami juga telah mempersiapkan suku cadang untuk truk yang kami pasarkan di sini,” ujar Nugroho. Ditambahkannya, MAN sebagai produsen truk dan bus Jerman telah melihat peluang besar untuk pasar truk dan bus mereka di Indonesia setelah mereka beroperasi di Thailand.

Untuk produksi bus di Indonesia, Nugroho masih mempertimbangkan dengan selektif karoseri yang pas untuk produk MAN. Karena menurutnya, bus MAN nanti dapat bersaing dengan Mercedez dan Scania dikelas premium bus.

Dan Tahun 2018 MAN akan memasok tipe TGS 6×6 540 Hp dengan kapasitas 250 ton untuk pasar Indonesia.

“Kalau tidak aral melintang kami akan datangkan pada bulan April 2018. Ini adalah truk pertama kali di Indonesia dengan kapasitas terbesar,” tandas Nugroho.

 

You might also like