Makna Terdalam Dari Logo ‘H’ Pada Kendaraan Merek Hyundai

Warna Coklat Gantikan Warna Biru Pada Background Logo Hyundai

Surabaya, Otomoti1.com – Logo yang tertera pada setiap kendaraan, tidak dibuat semarangan. Pastinya ada makna dan filosofi di balik logo tersebut. Misalnya logo ‘H’ yang tertera pada merek Hyundai. Mungkin dari kita banyak yang mengira huruf ‘H’ pada logo Hyundai, adalah melambangkan nama Hyundai semata.

Flashback sedikit tentang asal muasal Hyundai, yang lahir dari sebuah perusahaan kontruksi yang didirikan oleh Chung Ju Yung pada tahun 1947. Seiring dengan perkembangan jaman, kini Hyundai Motor Company (HMC) telah berkembang menjadi salah satu produsen mobil dunia asal Asia terbesar setelah Jepang.

Inilah bentuk logo H pada lambang Hyundai yang sebenarnya

 

Hyundai sendiri baru masuk ke pasar Indonesia pada tahun 1995 lewat perusahaan PT Citra Mobil Nasional (CMN), berbarengan dengan luncurkannya mobil pertama asal Korea yang di rakit di pabriknya di Bekasi Barat, yaitu Elantra.

Logo Hyundai merupakan salah satu logo yang paling popular dan mudah dikenali di dunia otomotif. Terdiri atas lingkaran berbentuk oval dengan huruf ‘H’ di dalamnya. Logo Hyundai ternyata memiliki filosofi yang dalam, bukan hanya hubungan antara manusia dengan manusia, melainkan manusia dengan alam.

Bentuk hurup ‘H’ sebenarnya adalah gambaran dua orang yang sedang berjabat tangan, yang mencerminkan hubungan antara perusahaan dengan customer. Sedangkan lingkarang berbentuk elips yang mengelilinginya menggambarkan ekspansi merk Hyundai ke pasar otomotif dunia.

Unsur warna juga mempengaruhi meski ada perubahan pada unsur warna dasar pada logo Hyundai, yang tadinya berwarna biru dan pada tahun 2018 ini berwarna coklat. Menurut Hendrik Wiradjaja, Deputy Marketing Direktur PT Hyundai Mobil Indonesia hal tersebut tidak merubah makna sama sekali.

“Warna tersebut tidak merubah arti sama sekali, maknanya tetap sama dengan warna terdahulu yaitu biru. Warna tersebut hanya corporate identity yang baru saja,” kata Hendrik ketika dihubungi otomotif1.com.

Sementara warna silver pada lambing ‘H’ mencerminkan kecanggihan, kreativitas dan kesempuraan dari produk Hyundai.

Jadi jangan salah kaprah lagi dengan logo merek terkenal, banyak logo terkenal di dunia yang dirancang untuk memperlihatkan sesuatu yang jauh lebih luas dari hanya sekadar produk yang dibuat. Para desainer dan orang-orang yang terlibat dalam pembuatan logo, kebanyakan memiliki tujuan tertentu saat menciptakan sebuah logo.

Karena itu, makna dibalik logo baik warna dan detail gambar pada logo yang dimiliki ada makna terkandung dari filosofi perusahaan tersebut di dalamnya.

You might also like