Toyota dan Suzuki Kawin di Pasar India

Toyota dan Suzuki lahirkan produk mobil bersama Vitara Brezza dan Corolla Hybrid.

 

New Delhi, Otomotif1.com – Suzuki dan Toyota telah mencapai kesepakatan untuk berbagi model satu sama lain untuk segmen yang sama. Ya, Toyota dan Suzuki akan melahirkan generasi SUV dalam tampilan Vitara Brezza dan Corolla Hybrid, yang akan dirilis April-Juni 2019.

Seperti dikutip dari Autocar india, Sabtu (31/3), beberapa sumber yang dapat dipercaya mengatakan, bahwa kedua perusahaan tersebut akan melabeli kendaraan sesuai filosofi desain perusahaan mereka,”Jadi melalui kesepakatan ini Suzuki akan memasok versi bensin dan versi hibrida bensin ringan dari hatchback Baleno, dengan model SUV compact Vitara Brezza ke Toyota. Sementara, Toyota akan memproduksi versi bensin dan hibrida Corolla untuk Suzuki,”katanya.

Sebelumnya, Toyota sudah menggunakan strategi ini untuk Toyota Yaris yang berbasis Mazda2 Sedan (sebelumnya Toyota Yaris iA / Scion iA) yang dijualnya di Amerika Utara.

Produksinya sendiri baru akan dimulai pada pertengahan 2019. Berdasarkan kesepakatan itu, kendaraan yang dibuat oleh Suzuki akan diganti namanya dan diganti namanya menjadi mobil Toyota, sedangkan kendaraan Toyota akan menggunakan lencana Suzuki.

Nampaknya rencana panyatuan dua perusahaan otomotif multinasional Jepang Toyota-Suzuki hadir dalam gerakan global menuju pembentukan aliansi untuk mengeksplorasi dan mengembangkan mobilitas bersama, yang terhubung dengan greencar, sesuai dengan memorandum yang disepakai kedua belah pihak pada Februari 2017 lalu.

Dari harian Bisnis Nikkei melaporkan jika nantinya Toyota akan memasok sekitar 10.000 kendaraan ke Suzuki, sementara Suzuki akan memproduksi hingga 50.000 unit per tahun untuk Toyota.

Di India sendiri saat ini memang tengah marak beberapa perusahaan otomotif menjalin kerjasama untuk memproduksi kendaraan bersama, sebut saja Ford dan Mahindra, Tata-Fiat Chrysler, perusahaan grup VW – platform saham Audi, Skoda dan Volkswagen; dan model lintas-lencana Renault-Nissan.

 

You might also like