First Impression Jawara Eropa 2017 di Kota Surabaya, New Peugeot 3008 GT Line  

 

 

Surabaya, Otomotif1.com – Setelah vakum selama 3 tahun akhirnya produk terbaru Peugeot resmi diluncurkan secara nasional di Jakarta pada 28 Maret 2018, generasi kedua New Peugeot 3008 GT Line hadir sebagai penantang SUV lainnya seperti BMW X1, Audi Q3, Mercedez-Benz GLA dan Volkswagen Tiguan, kini resmi mengaspal di Kota Surabaya pada Senin (2/4).

Produk yang merupakan modernitas dari 3008 generasi sebelumnya, mengalami pengembangan yang terletak pada penggabungan daya tarik Peugeot dan kenyamanan anda dalam berkendara. New Peugeot 3008 mulai dikenalkan pada tahun 2016 di Peugeot di Paris Motorshow.

Beragam penghargaan berhasil diraih New Peugeot 3008 ini :

  • Europian Car of The Year 2017
  • Reddot Award 2017
  • Dakkar Victory 2016, 2017, 2018 (3 tahun berturut-turut)
  • Best SUV – Car Buyer 2018 (2 tahun berturut-turut)

Apa saja kelebihan kelebihan SUV asal negeri cantik Perancis ini, Otomotif1.com sempat menjajal nyamannya sang jawara Eropa ini di jalanan Kota Surabaya.

Pertama yang akan kami soroti di sini adalah eksterior dari New Peugeot 3008 GT Line, yang memang maskulin banget dan super nyaman.

New Peugeot 3008 GT Line memiliki dimensi panjang 4.447 mm, lebar 1.841 mm dan tinggi 1.624mm, sedangkan wheelbase 2.675mm, itulah kenapa sosok SUV Crossover begitu kentara, apalagi mobil ini memiliki ground clereance 219mm lebih tinggi dari beberapa SUV premium yang sudah ada saat ini. Selain itu, dengan wheelbase yang panjang akan memberikan kenyamanan dan kestabilan lebih pada mobil ini.

 Eksterior

Karakter New Front Face dari The New Peugeot 3008 sepenuhnya didisain ulang, memberikan kesan lebih berkarakter dan memiliki kualitas.

Tampilan membulat sudah tidak ada pada generasi kedua Peugeot 3008, tampilan sisi-sisinya diberi lekukan tajam, misalnya saja ujung kap mesin yang nyambung dengan grille yang memiliki motif 3D, ditambah lagi bumper depan dengan lekukan yang nyambung ke dalam lampu depan yang membentuk seperti taring singa.

The New Peugeot 3008 memiliki pengaturan pencahayaan yang khas dengan teknologi modern dan inovatif. Dengan headlamp yang sudah menggunakan LED dan DRL serta running sein yang juga menggunakan LED. Sedangkan foglamp depan kecil yang dapat memberikan jarak pandang maksimal saat pengemudi dalam kondisi berkabut.

Nuansa SUV Crossover begitu kentara dari mobil ini

 

Sedangkan bagian belakang The New Peugeot 3008, dirancang dengan sempurna dan mencerminkan karakter khas Peugeot, dengan kesan unik juga diberikan dari 3 baris cluster merah dari 6 LED DRL yang akan menyala terus menerus  yang melambangkan kuku singa.

New Peugeot 3008 menggunakan ban Continental Cross Contex profile 225-55/R18 dengan velg twotone polish.

Interior

Saat masuk di New Peugeot 3008 GT Line, kita diajak merasakan suasana seperti kabin sebuah pesawat dengan adanya desain dashboard yang mirip kokpit pesawat. Dashboard telah dirancang futuristic dan spektakuler.

Dasboardnya dibagi dalam beberapa layer dengan lekukan lekukan yang sedikit mengarah ke arah pengemudi.

Generasi terakhir Peugeot i-cockpit telah diaplikasikan sebagai sebuah konsep baru yang semua teknologi onboard, mudah dijangkau pengemudi dan terdapat tempat penyimpanan tambahan bagi yang sedang melakukan perjalanan panjang.

Lingkar kemudi yang tidak lazim karena tidak membulat penuh bahkan cenderung oval, sangat mewah sekali

 

Untuk memberikan kenyamanan akses kepada pengemudi maka terdapat layar sentuh 8 inchi yanag besar menyerupai tablet yang dipasang di tengah dashboard dan dilengkapi dengan teknologi yang terkini sehingga pengemudi lebih praktis untuk mengatur. Selain itu disertai dengan six elegant piano key ‘taggle switches’ memberikan akses langsung dan permanen ke kontrol utama fungsi, radio, control iklim, parameter kendaraan, telepon dan aplikasi mobile.

The New Peugeot 3008 adalah crossover berkapasitas 5 tempat duduk dengan disain multiflex interior seperti kursi belakang yang dapat dilipat rata. Floor panel bagasi dengan 3 level position memberikan ragam penyimpanan sesuai kebutuhan. The New Peugeot 3008 dilengkapi dengan 13 tempat penyimpanan dengan 50 liter ruang penyimpanan yang dapat digunakan. Di bagain depan terdapat konsol tengah dan ruang untuk botol 1,5 liter di bawah sandaran tangan. Pada bagian belakang, ada ruang di bawah kaki penumpang.

Handfree rear tailgate dapat dibuka dengan melakukan kontak kaki pada bumper belakang, selain itu 3008 dilengkapi dengan fungsi pre-lock untuk memastikan bahwa tailgate akan terkunci setelah bak tertutup. Di dalam bagasi juga terdapat two folding seat control untuk memudahkan melipat kursi belakang serta terdapat lampu senter untuk keadaan darurat.

Mesin

Kapasitas mesin New Peugeot 3008 sebesar 1.598 cc 16 Valve Turbocharger. Sumber tenaga kendaraan tersebut dikawinkan dengan sistem transmisi otomatis 6-percepatan. Hasilnya mobil tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 165 hp pada 6.000 rpm dan torsi 240 Nm di putaran 1.400 rpm.

Mesin new Peugeot 3008 tidak hanya menghasilkan tenaga yang besar. Namun jantung pacu SUV tersebut dikatakan efisien dengan emisi yang rendah. Konon produk terbarunya ini hanya membutuhkan 8,4 liter bahan bakar, serta 193 g/km CO2. Hal ini sebabkan karena jantung pacu mesin New Peugeot 3008 yang berkode EP6FDTM telah mengantungi standar emisi Euro 6.

Dan katanya mesin New Peugeot 3008 adalah mesin yang lebih “tahan banting”, untuk dipasarkan di negara-negara yang memiliki standar emisi bahan bakar lebih rendah.

Keamanan dan Kenyamanan

Keamanan mobil ini sangat inovatif dan lengkap diterapkan hampir disemua bagian. Pengamanan aktif The New Peugeot 3008 meliputi ABS, EBD, EBA & Electronic Stability Program (ESP) yang mempu menjaga kestabilan kendaraan dari understeer/over steer. Ditambah lagi dengan ventilated disc with diagonal circuit system pada 2 roda depan dan disc diagonal circuit pada roda belakang.

Sedangkan untuk pengamanan pasif antara lain sabuk pengaman 3 titik, 6 airbags (2 front airbags, 2 side airbags, 2 curtain airbags), pedestrian impact, reinforcerd safety cage. Untuk menambah kenyamanan dan keamanan, The New Peugeot 3008 telah dilengkapi teknolohi electronic parking brake, yang dapat bekerja secara manual maupun otomotis, sesuai keinginan pengemudi. Pada posisi otomotis, parking brake akan bekerja sehingga kendaraan akan tetap pada posisinya walaupun pedal rem tidak diinjak.

Kenyamanan The New Peugeot 300 karena didukung dengan Pseudo Mc Pherson pada suspense depan dan deformable crossmember pada suspensi belakang dan sistem ESP yang telah disesuaikan mampu memberikan kenyamanan dan stabilitas 3008 anda.

Setiap bagian dari The New Peugeot 3008 telah dirancang untuk keamanan maksimum. Hal ii menjadi salah satu alasan untuk memperoleh peringkat bintang 5 rating tertinggi dari Euro NCAP (European New Car Assessment Programme).

The New Peugeot 3008 ditawakan dengan on the road Surabaya Rp 707.000.000 dan tersedia dalam 5 pilihan warna, metallic cooper, Bianca white, ultimate red, near black dan nimbus grey.

 

You might also like