SUV Kompak Hyundai Kona Diluncurkan Sebagai Encino di RRC

 

Beijing, Otomotof1.com – Masih ingat dengan Hyundai Kona ? Sebuah kendaraan SUV kompak yang pada awal pemunculannya sebagai kendaraan concept dari Hyundai Motor Co yang mengundang banyak perhatian dari banyak pihak, karena konsep desainnya out of the box seperti Toyota C-HR yang baru saja diluncurkan di Jakarta.

Perihal akan diperkenalkannya Hyundai Kona dengan mesin hybrid ditahun 2018 memang sudah lama terdengar. Karena itu, tidak mengherankan jika Hyundai akhirnya meluncur di tahun 2018. Namun yang mengejutkan, justeru Hyundai Kona meluncur pertama kali di RRC dengan label Encino.

Mungkin saja alasan kenapa Hyundai Motor Co memilih RRC sebagai lokasi peluncurkan perdana dari Hyundai Kona, karena ingin mendapatkan kembali hasil penjualan yang sempat menurun dengan cepat ditahun lalu.

Sebagaimana kita ketahui, Hyundai Motor Co telah banyak kehilangan penurunan pasarnya di China, karena rendahnya penjualan yang disebabkan oleh pertikaian diplomatik. Pabrikan Korea itu juga memamerkan konsep Hyundai Kona pada Expo Mobil 2018 awal tahun ini.

Peraih Red Dot Design Award ini, Hyundai Encino menggunakan mesin bensin T-GDi turbocharged 1,6 liter yang menghasilkan 130 kW (177 PS) pada 5.500 rpm dan 265 Nm torsi pada 1.500-4.500 rpm, yang dikawinkan dengan transmisi kopling ganda 7-percepatan.

Hyundai Encino tersedia secara eksklusif dalam konfigurasi mesin FWD 1.6L T-GDi 7-DCT.

 

Dibandingkan dengan standar Kona, crossover Encino sedikit lebih rendah dan lebih luas dalam penampilannya.

Hyundai Encino memiliki panjang 4.195 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.575 mm, selain itu Encino juga memiliki wheelbase 2.600 mm dan ground clearance 172 mm.

Pada bagian eksterior Hyundai Encino, jika dilihat dari sisi samping kesan modern begitu terlihat dengan lengkungan roda besar dan garis lipatan yang berjalan dari fender depan ke lampu belakang belakang.

Lapisan plastik di sekitar lengkungan roda lurus dari buku desain crossover dan memberikan tampilan kasar ke Kona.

Hyundai Encino menggunakan lampu depan full LED, DRL LED, velg hitam 18 inci, lampu ekor LED, sunroof listrik, rel atap terintegrasi, knalpot ganda, skema warna two-tone dan antena sirip hiu adalah highlight eksterior dari Hyundai Encino.

Pada bagian interior Hyundai Encino dilengkapi dengan kursi pengemudi 8-electric highadjuster, kursi sudah dilapisi kulit, electric parking, port USB ganda, sistem infotainment layar sentuh 9,6 inci dengan Apple CarPlay dan Baidu CarLife serta sistem suara 6-speaker adalah beberapa fitur interior utama.

Andai saja Hyundai Encino ini bisa masuk Indonesia, bisa jadi segmen sport utility vehichle (SUV) B yang saat ini baru saja diisi dengan hadirnya Toyota C-HR tentunya akan semakin seru. Kita tunggu saja kabar selanjutnya.

 

You might also like