Di Tengah Jam Sibuk, Jembatan Babat Widang Roboh

3 truk tercebur dan 4 sepeda motor hanyut terbawa derasnya arus Bengawan Solo

 

Lamongan, Otomotif1.com – Dramatis, di tengah jam sibuk lalu-lalang kendaraan berbagai tipe mulai roda dua sampai truk yang melintasi di atas jembatan Babat Widang yang menghubungkan  Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Tuban roboh sekitar pukul 10.30 WIB.

Jembatan yang dibawahnya mengalir sungai terpanjang di Indonesia, yaitu Bengawan Solo dan dibagi dua arah serta menjadi urat nadi antar dua kota di Jawa Timur pasalnya mengalami pergeseran dan akibatnya tersebut ambrol cukup dalam.

Namun dari beberapa sumber di lokasi,”Robohnya jembatan Babat Widang disebabkan karena seringnya muatan truk yang melintas di atas jembatan melebihi tonase, salah satu akibatnya karena jembatan timbang yang ditutup,” ungkap Budi Kurniawan warga sekitar jembatan Babat Widang.

Keberadaan jembatan Babat Widang yang putus ini adalah salah satu akses utama yang menghubungkan daerah-daerah wi wilayah Pantura Jawa Timur dan Jawa Tengah, karena itu ini tentunya sebuah tragedi buruk bagi Dinas Perhubungan Jawa Timur.

Bukan Kejadian Pertama

Robohnya jembatan Babat Widang ini bukan yang pertama kali terjadi, melainkan kejadian yang kedua kali, beberapa waktu lalu.

Karena itu, setiap pengguna jalan yang melintasi jembatan Babat Widang ini diharuskan ekstra hati-hati.

Menurut Kasat Lantas Lamongan, AKP Anggi Saputra Ibrahim kepada wartawan membenarkan amblasnya jembatan Babat Widang sedalam 15 cm.

Anggi tidak mau berspekulasi lebih jauh tentang amblasnya jembatan ini, namun secara teknik dirinya menambahkan jika penyebab amblasnya jembatan yang terkenal padat lalu lintas ini kemungkinan disebabkan karena besi penyambungjembatan mengalami kerusakan.

Dari informasi yang dihimpun, akibat amblasnya jembatan tersebut sebanyak tiga truk dan sejumlah kendaraan bermotor ikut tercebur dan hanyut ke sungai Bengawak Solo yang cukup deras tersebut.

Menurut keterangan Martono, Kepala Desa Truni, Kabupaten Lamongan, tidak hanya tiga unit truk yang tercebur namun ada empat sepeda motor yang dikabarkan ikut tercebur dan hanyut ke sungai dan sampai saat ini korban nya belum ditemukan.

Sebagai antisipasi kejadian tersebut, pihak Sat Lantas Polres Lamongan sendiri, sudah memasang rambu-rambu di jalur jembatan naas tersebut.

 

 

You might also like