Memelihara Eksterior dan Interior Mobil

Untuk membuat mobil kita enak dilihat, bagian luar dan dalam mobil juga harus dipelihara dan dirawat dengan baik. Dengan terjaganya kebersihan eksterior dan juga interior mobil maka akan membuat kita nyaman berkendara dan mobil pun enak dilihat ketika melintas dijalan.

Pertama-tama adalah bagian eksterior. Kami kira tips ini akan sangat membantu. Tips untuk membersihkan bagian luar mobil adalah dengan membersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan kemoceng atau lap handuk bersih untuk menghilangkan debu yang masih menempel. Dengan lap handuk bersih, kandungan minyak dan flek asap knalpot juga dapat dihilangkan.

Namun debu yang menempel, terkadang membandel karena saking tebalnya. Cara mudah untuk membersihkannya adalah dengan membasuh bagian luar mobil dengan dicampur shampo mobil. Lalu keringkan dengan lap handuk kering. Agar bagian luar mobil tetap berkilau dan terlihat mencolok.

Setelah bagian luar mobil sudah bersih dan juga bekilau. Jangan lupa perhatikan juga ban dan pelek. Pelek yang kotor bisa dibersihkan juga dengan cara membasuhnya dengan lap handuk bersih basah yang dicampur sabun.

Saat anda membersihkan pelek kotor, tidak disarankan menggunakan lap kulit atau populer dengan sebutan chamois, dikarenakan jika menggunakan lap model ini, pelek tidak boleh asal kering saja. Jika permukaannya dibiarkan agak basah maka ketika kering, ia menimbulkan bercak-bercak air. Oleh karena itu perlu diingat bahwa bersihkan pelek hingga airnya benar-benar hilang atau kering.

Nah, sekarang pelek sudah bersih. Sekarang giliran permukaan ban. Dalam membersihkan permukaan ban gunakanlah semir ban, baik yang berupa cairan ataupun foam. Keduanya sebenarnya sama saja kualitasnya. Hanya saja cara meyemir ban dengan kuas adalah lebih merata dibandingkan dengan cairan foam.

Ok. Setelah semua bagian bodi terlihat kinclong, maka giliran kabin. Pembersihan bagian kabin bisa dimulai dari dasbor, untuk membersihkan bagian ini sebaiknya menggunakan lap yang dibasahi air shampo mobil. Setelah itu, baru dikeringkan dengan memakai lap yang kering. Gunakan sikat gigi untuk membersihkan noda-noda yang membandel, kuas untuk membersihkan saluran ac dan tempat-tempat lain yang susah untuk dijangkau.

Untuk membersihkan dasbor, sangat tidak disarankan memakai semir ataupun wax. Sebab kedua bahan itu akan mengikat debu dan kotoran sehingga tampilan dasbor mobil tidak terlihat asli (alami) lagi. Lalu bersihkan pula bagian jok mobil. Gunakanlah penyedot debu untuk menghilangkan kotoran yang menempel dijok. Namun jika debu sudah terlihat sangat banyak, gunakan saja larutan khusus pembersih jok.

Demikianlah tips dan trik dalam memelihara bagian eksterior dan interior mobil. Semoga bermanfaat untuk anda sekalian dan jangan lupa tetap menjaga kebersihan eksterior dan interior mobil agar anda senantiasanya nyaman dan aman berkendara. Salam.

 

You might also like