10 Kelebihan dan Kekurangan Mobil Taruna Terlengkap

Pada awal tahun milenium, mobil dengan jenis SUV masih tergolong minim di Indonesia. Hanya beredar mobil-mobil SUV produksi 80-an yang memenuhi pasar otomotif di Indonesia.

Akan tetapi pada tahun 1999, muncullah mobil SUV yang mengisi kekosongan segmen SUV yang ia diluncurkan langsung oleh PT Astra Daihatsu Motor. Mobil Tarun ini sangat berbeda dari pendahulunya yakni daihatsu feroza.

Saat pertama kali diluncurkan, mobil taruna hadir dalam satu trim yaitu C-Series namun tak lama, setahun kemudian, muncul seri baru dengan F-Series.

Perbedaan antara C-Series dan F-Series hanya terletak pada panjang sasis dan seri ini dijual hinga tahun 2005.

Nah, lebih jelasnya. Dibawah ini adalah kelebihan dan kekurangan mobil Taruna beserta penjelasannya :

 

Kelebihan Mobil Taruna

Berikut beberapa kelebihan mobil taruna :

1.Harganya cukup Terjangkau

Bagi anda yang memiliki budget terbatas untuk membeli mobil, maka mobil taruna sangat cocok untuk anda. Harga mobil ini dibanderol dengan harga 60 hingga 100 juta. Tentunya hal ini membuat anda tidak mengeluarkan banyak biaya, jika dibandingkan dengan membeli mobil lainnya dengan tahun produksi yang sama.

2. Dapat Memuat Banyak Penumpang

Ukuran kabin mobil ini termasuk luas, dengan daya tampung yang besar. Setidaknya mobil ini menampung hingga 7 orang penumpang didalamnya. Sangat cocok bagi anda yang memiliki keluarga cukup banyak ataupun sebagai mobil travel.

3. Sparepart-nya termasuk mudah ditemukan

Suku cadang dan sparepart mobil ini mudah ditemukan dipasaran. Bahkan tak hanya spare part original, anda juga dapat dengan mudah menemukan spare part KW nya.

4. Plat Body nya Tebal

Mobil ini terlihat kokoh dan akan terhindar dari resiko akan korosi atau masalah-masalah lainnya dikarenakan plat body yang dimiliki cukup tebal bila dibandingkan dengan plat body mobil-mobil sejenisnya.

 5. Bahan Pembuat Mesin Kendaraan

Asal anda tahu saja, mobil taruna terbuat dari bahan alumunium yang membuat beratnya relatif ringan. Namun yang perlu diingat bahwa alumunium bisa sangat sensitif pada saat overheat.

 6. Modelnya Masih Menarik Digunakan

Jangan salah, sekalipun mobil ini termasuk produksi tahun-tahun sebelumnya, namun penampilan mobil ini tetap terkesan menarik saat digunakan. Desain eksteriornya yang kokoh sehingga terkesan gagah ketika anda mengendarai mobil ini. Mobil ini juga sangat cocok untuk mobil keluarga.

7. Ground Clearance Tinggi

Mobil ini sangat mudah melewati jalanan lumpur hingga banjir karena memang jarak ground clearance nya yang tinggi.

 

Kekurangan Mobil Taruna

Berikut ini adalah kekurangan mobil Taruna :

1.Adanya Suara Berisik yang Mengganggu

Mesin kendaraan mobil ini termasuk sangat berisik, namun sebenarnya, suara berisik dari mobil ini bisa diperbaiki. Sehingga jika anda sudah memiliki mobil ini dan anda terganggu oleh suara berisiknya, anda sebaiknya segera langsung memperbaiki kendaraan anda ini. Jika terlambat, maka akan sangat mempengaruhi performa yang dihasilkan.

  2. Sistem Handlling sangat Limpung

Handling pada mobil ini sangat kurang optimal. Pada saat mobil ini dikendarai pada kecepatan tertentu, handlingnya akan terasa limbung, sehingga membuat pengemudi merasa tidak nyaman mengendarainya. Rasa limbung tersebut dapat sangat terasa saat jalanan menikung.

3. Konsumsi BBM yang Boros

Bagi anda yang ingin memiliki mobil yang irit, mobil taruna mungkin tidak cocok untuk anda. Dikarenakan konsumsi bahan bakarnya dirasa sangat boros. Untuk pemakaian dalam kota saja, mobil ini menghabiskan 1 liter bahan bakar hanya dalam 10 km. Namun untuk pemakaian luar kota 1 Liter bahan bakar dapat digunakan untuk menempuh jaral 13 km. Tentu hal ini akan membuat pengeluaran anda bertambah.

 

Nah, sudah tahu kan kekurangan dan juga kelebihan mobil Taruna. Semoga bermanfaat bagi anda sekalian, terlebih digunakan untuk menjadi bahan referensi, jika anda ingin membeli mobil ini. Salam.

 

You might also like