Tips Memilih Mobil Keluarga Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Bagi anda yang sudah memiliki keluarga, untuk mempermudah akomodasi tentu saja akan mempertimbangkan untuk membeli mobil untuk keluarga. Namun untuk memilih mobil keluarga, juga harus mempertimbangkan banyak hal. Agar nantinya mobil tersebut memang sesuai dengan fungsinya sebagai mobil keluarga yang nyaman dan aman digunakan. Berikut  tips memilih mobil keluarga:

  1. Perhitungkan Jumlah Penumpang

Hal ini menjadi pertimbangan utama karena mobil keluarga tersebut nantinya harus mampu menampung semua anggota keluarga. Misalnya saja, mobil yang memiliki 4-5 tempat duduk biasanya akan cocok bagi anda keluarga baru ataupun memiliki 2 anak. Namun, berbeda lagi dengan mobil yang dapat menampung 7 penumpang di dalamnya, akan cocok bagi anda yang memiliki anggota keluarga lebih banyak. Saat ini banyak mobil MPV dengan daya tampung yang cukup besar dan nyaman.

  1. Perhatikan Konsumsi Bahan Bakar

Mobil keluarga umumnya digunakan untuk bepergian dalam jarak yang jauh, misalnya untuk berlibur, pulang kampung, dan lainnya. Sehingga akan lebih baik untuk memperhatikan konsumsi bahan bakar kendaraan sebelum memilih mobil karena akan sangat mempengaruhi pengeluaran pengendara. Semakin jauh jarak yang dapat ditempuh dengan konsumsi bahan bakar 1 liter, maka menandakan jika konsumsi bahan bakar tersebut sangat irit.

Biaya bahan bakar merupakan salah satu pos pengeluaran utama dalam anggaran biaya operasional sebuah mobil. Langkah untuk menekan biaya tersebut dengan cara mengetahui berapa kilometer jarak tempuh optimal sebuah mobil dalam setiap liter konsumsi bahan bakar. Semakin jauh jarak tempuh mobil per liter bahan bakar yang dikonsumsinya maka akan semakin irit mobil tersebut.

  1. Fitur Keselamatan

Sebaiknya mobil keluarga memiliki fitur-fitur keselamatan yang memadai, seperti Seat belt (sabuk pengaman) yang sebaiknya terdapat pada semua tempat duduk penumpang. Pintu dan kaca jendela sebaiknya memiliki sistem penguncian otomatis sehingga akan lebih aman bagi anak kecil. Kenyataannya beberapa mobil saat ini telah memiliki fitur keamanan yang lebih canggih yaitu berupa airbag dan sistem rem ABS (anti-lock breaking system). Karena komponen yang mendukung bagi keselamatan merupakan elemen yang wajib ada pada sebuah mobil. Tentunya pada mobil keluarga hal ini sangat penting dan perlu diperhatikan.

  1. Fitur Penunjang Kenyamanan

Anak-anak dan orang lanjut usia cenderung akan lebih cepat lelah terutama ketika menempuh perjalanan jauh dengan menggunakan mobil. Maka dari itu, kenyamanan dari sebuah mobil memang sangat penting bagi seluruh anggota keluarga. Mobil yang bisa disebut nyaman itu harus memenuhi beberapa hal antara lain seperti tempat duduk yang empuk, AC yang sejuk, ruang yang lega, suara yang senyap, dan suspensi yang empuk.

  1. Kemampuan/Budget

Kondisi finansial anda menjadi salah satu pertimbangan yang cukup penting dalam memilih sebuah mobil keluarga, entah itu mobil baru maupun mobil bekas. Bagi anda yang mencari mobil bekas, penting untuk mengetahui pertimbangan-pertimbangannya. Jangan terpengaruh dengan harga dan merk yang bagus namun tidak sesuai dengan kondisi finansial anda. Saat ini banyak mobil yang berkualitas yang dapat anda pilih sebagai mobil keluarga.

Di sisi lain, anda juga harus mempertimbangkan terkait biaya perawatan serta biaya operasional dari mobil tersebut. Ada baiknya untuk mengetahui dan membandingkan biaya-biaya perawatan dari mobil yang anda minati. Semakin kompleks teknologi yang di sematkan dalam sebuah mobil, maka tentu saja akan semakin mahal biaya perawatan serta suku cadang dari mobil tersebut. Tentu saja anda tidak menginginkan untuk mengeluarkan biaya berlebih pada fitur yang jarang digunakan bukan? Maka dari itu, akan lebih baik memutuskan lebih lanjut terkait biaya-biaya yang akan anda keluarkan untuk mobil tersebut.

  1. Bagasi Yang Luas

Tentu saja pilihan mobil dengan ukuran bagasi yang luas dan besar menjadi pilihan yang paling tepat bagi mobil keluarga. Bagasi yang luas tentu saja tidak akan mengharuskan anda untuk membawa barang-barang di atas mobil yang mana dapat membahayakan kendaraan lainnya.

  1. Suku Cadang yang Mudah Ditemukan

Terkahir, suku cadang yang mudah dan harga terjangkau menjadi pertimbangan lainnya dalam memilih mobil keluarga. Mengapa demikian? Ketika anda mengalami kerusakan pada komponen-komponen mobil anda, maka anda bisa dengan mudah untuk mendapatkan suku cadangnya. Mobil yang memiliki suku cadang yang mudah untuk ditemukan tentunya menjadi pilihan yang terbaik bagi mobil keluarga.

Nah, demikian artikel mengenai tips memilih mobil untuk keluarga. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca!