Cara Membeli Mobil Baru dengan Harga Murah Namun Berkualitas

Penjualan mobil semakin meningkat setiap waktunya. Meskipun kini ada program pemerintah yang memproduksi mobil-mobil dengan harga murah,  tetap saja setiap orang menginginkan untuk mendapatkan mobil yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Hal tersebut sesuai dengan budget yang ada. Berikut ini ada beberapa cara membeli mobil baru dengan harga murah:

  1. Pastikan Budget Yang Anda Miliki

Hitung berapa budget yang bisa anda keluarkan, mulai dari biaya membeli mobil, perawatan mobil, hingg asuransi mobil. Lebih baik tidak membeli mobil yang tidak sesuai dengan budget yang dimiliki, hal ini akan menyebabkan kesulitan dalam pelunasan di kemudian harinya.

  1. Pilih Jenis Mobil Yang Anda Butuhkan

Usahakan untuk memilih mobil yang anda butuhkan. Bukan malah membeli mobil yang anda inginkan. Misalnya saja anda menginginkan mobil yang dapat digunakan dalam lintasan atau medan yang berat, maka anda bisa memilih mobil SUV paling irit sebagai pilihan. Namun jika anda menginginkan mobil yang cocok untuk keluarga, mobil dengan kabin yang luas dan nyaman menjadi rekomendasi dan pilihan terbaik.

  1. Belilah Di Waktu Yang Tepat

Membeli mobil di waktu yang tepat akan memungkinkan anda mendapatkan mobil dengan harga yang terbaik. Waktu-waktu yang terbaik membeli mobil dapat dilakukan di akhir tahun, awal tahun, akhir bulan, hari raya atau hari besar, dan lainnya. Hal ini karena pada waktu-waktu tersebut produsen mobil memberikan penawaran yang paling murah dibandingkan waktu lainnya. Tidak hanya lebih murah, akan ada banyak promosi atau diskon yang diberikan. Setiap perusahaan berlomba-lomba untuk bisa mengejar target penjualan di waktu tersebut sehingga anda bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan keuntungan.

  1. Siapkan DP 50% Dari Harga Jual

Bagi anda yang ingin membeli mobil secara kredit, anda bisa menyiapkan terlebih dahulu DP atau uang muka hingga 50% dari harga jual. Semakin tinggi DP yang anda berikan maka akan semakin ringan cicilan anda setiap bulannya. Biasanya ketetapan DP yang diberikan adalah sekitar 25% dari harga mobil. Hal ini sudah menjadi ketetapan BI (Bank Indonesia). Namun bukan berarti anda tidak bisa memberikan DP yang lebih besar dari ketetapan tersebut. Anda bisa memberikan DP hingga 50% dari harga jual mobil sehingga dapat meringankan cicilan setiap bulannya.

  1. Lakukan Survey Terlebih Dahulu

Sebaiknya lakukan survey terlebih dahulu. Anda dapat mendatangi satu persatu dealer mobil hingga pameran mobil untuk mengetahui harga mobil yang anda inginkan di pasaran. Apabila anda ingin membeli mobil secara kredit, penting untuk melakukan survey tentang leasing terbaik yang memberikan kredit mobil secara mudah dan nyaman. Tentu saja pilihlah lembaga yang terpercaya sehingga tidak terjadi resiko-resiko yang sekiranya dapat merugikan anda kedepannya. Melakukan survey ini sangat penting jika anda menginginkan harga yang terbaik.

  1. Jangan Sungkan Untuk Bernegoisasi

Cara ini sangat penting jika dirasa anda sudah menemukan dealer mobil yang pas. Namun sayangnya banyak orang yang jarang melakukan hal ini. Tidak ada salahnya jika anda bernegosiasi tentang harga mobil yang anda inginkan. Siapa tahu nantinya dealer mobil tersebut mau memberikan penawaran harga terbaik yang anda inginkan. Namun ketika dealer menolak, mungkin lebih baik untuk mencari-cari dealer mobil lainnya yang sesuai dengan budget anda.

  1. Carilah Diskon Yang Besar

Penawaran menarik ataupun diskon yang bisa anda terima merupakan bagian penting pula dalam mmembeli mobil. Jangan segan-segan untuk bertanya kepada dealer mobil. Hal ini merupakan hal yang wajar saja dilakukan ketika anda ingin membeli sebuah mobil.

  1. Meskipun Murah Namun Tetap Lihat Kualitasnya

Ada banyak mobil yang ada di pasaran, namun belum tentu berkualitas. Untuk memudahkan anda agar tidak mendapatkan mobil yang murahan adalah dengan membeli mobil dari merk-merk yang sudah terkenal dan terpercaya. Dari beragam mobil dipasaran, anda bisa menentukan model dan jenis mana yang bisa anda pilih. Meskipun murah, namun sebaiknya jangan asal dalam memilih mobil. Pastikan kualitas mobil menjadi prioritas utama dalam membeli mobil.

Demikian artikel ini. Semoga bermanfat bagi pembaca!

You might also like