Inilah Perbedaan Mobil Matic Dan Manual – Transmisi dan Pengoperasiannya

Bagi anda yang masih bertanya-tanya, apa perbedaan mobil manual dan matic sebenarnya. Maka membaca artikel ini adalah pilihan yang paling tepat.

Saat ini, mobil merupakan kebutuhan transportasi yang paling banyak dicari orang. Selain karena fungsinya yang dapat melindungi dari panas dan juga hujan, mobil juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang membuat pengendara merasa aman dan nyaman saat berkendara.

Mobil juga memiliki berbagai macam merk dan brand yang menawarkan berbagai fitur menarik didalamnya. Pada dasarnya, mobil dibagi menjadi dua jenis, jika kita melihat dari sistem transmisinya (Perpindahan gigi) yakni mobil manual dan mobil matic. Untuk mengetahui, mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan anda, berikut perbedaan antara mobil matic dan mobil manual :

Dilihat dari Sistem Transmisinya

Perbedaan paling mencolok dari dua jenis mobil manual dan matic adalah pada sistem transmisinya. Pada mobil manual, perpindahan gigi biasanya dilakukan secara normal dengan menggunakan pedal kopling dan juga tuas kopling. Sedangkan pada mobil matic, untuk perpindahan giginya mereka menggunakan alat yang dikenal dengan gear box. Tekhnologi transmisi pada mobil telah banyak berkembang seiring dengan perkembangan tekhnologi. Saat ini saja sudah terdapat beberapa jenis transmisi matic yang biasanya terdapat pada mobil matic antara lain :

  • Transmisi Semi Otomatis

Sistem ini biasanya tidak menggunakan pedal kopling namun menggunakan posisi gigi yang masih dipindahkan secara manual, akan tetapi, tidak membuat pengendara mobil harus menginjak kopling.

  • Transmisi Otomatis

Jenis transmisi ini termasuk dalam golongan transmisi otomatis konvensial. Transmisi otomatis menggunakan 3 komponen penting yakni : Torque Converter, Planetary Gear Unit dan juga Serat Hydraulic Control Unit. Semua komponen dalam transmisi ini masuk ke dalam cairan (Oli) yang dikenal dengan ATF (Automatic Transmission Fluid). Transmisi ini akan dapat terlihat dari tuas transmisinya yang menggunakan tombol OD (Tombol Pengunci) untuk memindahkan posisi tuas transmisi dari posisi “P” atau Parkir.

  • Transmisi Otomatis Elektronik

Mobil mewah seperti BMW dan Mercedes memiliki transmisi jenis ini. Jenis transmisi ini sama dengan jenis transmisi sebelumnya namun yang membedakan adalah pengguna mobil dapat memindahkan gigi dengan menggunakan tuas transmisi.

  • Continuosly Vatiable Transmission

Transmisi ini tidak menggunakan gigi sehingga terkesan halus pada saat proses pemindahan gigi, namun sebagai gantinya, mobil ini menggunakan rasio belt saja. Sistem transmisi pada jenis CVT ini memiliki respon yang lambat karena hanya menggunakan 1 gigi saja. Sedangkan untuk akselerasi juga masih jauh dengan transmisi otomatis biasa.

  • Sequential Manual

Cara pengoperasian transmisi ini manual, namun selain itu juga dapat dioperasikan dengan model auto computer pada proses pemindahan gigi. Mobil dengan jenis sistem transmisi ini memiliki tuas transmisi dibalik lingkar kemudinya, namun tidak memiliki pedal kopling. Untuk akselerasinya, jenis transmisi ini lebih responsive bila dibandingkan dengan transmisi manual. Tetapi terkadang respon yang cepat ini menyebabkan hentakan sehingga membuat anda kurang nyaman berkendara. Mobil dengan jenis transmisi ini dapat ditemukan pada mobil balap ataupun mobil produksi besar seperti BMW, Ferrari dan lainnya.

  • Double Clutch Gearbox

Sistem transmisi ini merupakan yang terbaru. Transmisi ini memiliki sistem transmisi sequential, namun transmisi ini menggunakan 2 tuas kopling yang diatur oleh computer sehingga membuat perpindahan gigi terasa halus bahkan pengguna tidak merasakannya. Performa akselerasi transmisi jenis ini lebih baik jika dibandingkan dengan mobil yang menggunakan transmisi manual.

Baca Juga ( Komponen Penyusun Aki Mobil)

Dilihat Dari Pengoperasiannya

Untuk sistem transmisi manual, kaki kiri berfungsi untuk menekan kopling sedangkan kaki kanan digunakan untuk menginjak rem dan gas. Selain itu, tangan kiri anda juga harus aktif pada saat melakukan proses pemindahan gigi. Hal tersebut sangat berbeda saat anda menggunakan mobil matic. Mobil matic pengoperasiannya hanya kaki kanan yang bergerak aktif. Sedangkan kaki kiri tidak melakukan pekerjaan apapun. Untuk tangan kiripun juga dapat bebas melakukan apapun karena jarang digunakan saat proses pemindahan gigi mobil.

Dilihat Dari Segi Bahan Bakar

Untuk mobil matic, konsumsi bahan bakarnya akan lebih boros jika dibandingkan dengan mobil manual. Hal ini karena pada mobil matic, kinerja mesin lebih berat dibandingkan dengan mobil manual. Selain itu, putaran mesin mobil matic tidak dapat diatur sehingga konsumsi bahan bakar akan lebih banyak.

Dari Segi Kenyamanan Berkendara

Jika dilihat dari kenyamanan berkendara, mobil matic memang jauh lebih nyaman dikendarai dibandingkan dengan mobil manual. Hal ini disebabkan oleh perpindahan transmisinya yang lebih halus dan juga nyaman. Tidak seperti pada mobil transmisi manual yang terkadang pada saat proses pemindahan giginya terasa kasar.

Dari Perawatan Mobil

Untuk masalah perawatan, mobil matic akan lebih memakan banyak biaya bila dibandingkan dengan mobil manual. Hal ini dikarenakan harga kopling, sparepart ataupun komponen mobil lainnya yang memang dapat dibilang lebih mahal dibandingkan dengan komponen mobil manual.

Baca Juga (Tips Memilih Mobil Sesuai Kebutuhan)

Nah, itu tadi perbedaan mendasar yang dimiliki mobil manual dan juga mobil matic. Tentunya diantara keduanya terdapat kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mungkin dari anda ada yang lebih nyaman mengendarai mobil matic dan ada pula dari anda yang lebih nyaman mengendarai mobil manual. Apapun jenis transmisi dalam mobil anda, selalu utamakan keamanan dalam berkendara. Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk membaca artikel di otomotif1. Selalu update artikel-artikel terbaru lainnya. Salam.

 

You might also like