Kelebihan dan Kekurangan Mobilio Tipe S yang Wajib Anda Ketahui

Mobilio adalah salah satu mobil keluaran Honda, yang saat ini cukup laris dipasaran. Mobil dengan tema MPV ini cukup laris menjadi mobil keluarga dengan kapasitasnya yang dapat menampung 7 orang penumpang sekaligus. Sekalipun banyak mobil yang sejenis dengan mobil ini, namun tak dapat dipungkiri bahwa permintaan terhadap mobil ini selalu saja meningkat. Mungkin juga mobil ini termasuk mobil dengan harga terjangkau dan juga murah.

Bila anda saat ini sedang memiliki ketertarikan dengan mobil ini dan mungkin ingin membelinya, maka dibawah ini adalah kelebihan dan juga kekurangan mobilio tipe S :

Kekurangan Honda Mobilio 

  1. Kualitas Pengerjaan Mobil

Sangat disayangkan memang, bahwasanya dari segi pengerjaannya, mulai dari sambungan body mobil, door trim, body serta engine bay yang terlihat seperti asal-asalan dalam pengerjaannya dan juga tidak tepat. Honda memang sedang menekan produksi mobilio sehingga menurunkan kualitas pada pengerjaan serta material yang digunakan pada mobil.

  1. Transmisi CVT

Mobilio tipe S menggunakan sistem transmisi CVT. namun disayangkan, transmisi CVT nya tidak mampu menyalurkan tenaga mesin mobil yang sebenarnya, seperti yang ada pada seri manual. Pada saat anda mengendarai mobil ini dengan kecepatan sedang seperti 40-48 km/jam, maka anda dapat merasakan transmisinya sangat lambat dan tidak dapat memberikan performa yang sebenarnya, seperti pada saat menggunakan seri manual. Pada saat anda menggunakan kecepatan 150 km/jam pada versi speedometer, transmisi tidak akan sanggup menanggapi injakan pedal kaki anda untuk memacu mobil, agar semakin cepat lagi. Sehingga, bila anda tertarik dengan mobilio, lebih baik anda memilih jenis mobilio yang seri manual saja.

  1. Kekedapan Kabin Mobil

Seperti pada awalnya, hal lain yang membuktikan bahwa pengerjaan mobilio tidak begitu baik adalah kita lihat kekedapan kabinnya. Pada saat mobil dalam keadaan idle, suara mesin mobil memang dirasa sangat tenang dan tidak akan terasa. Namun pada saat anda mengendarai mobil ini dengan kecepatan 80 km/jam maka suara mesin, ban dan angin akan sangat mengganggu interior anda.

Bahkan mungkin tidak hanya itu, suara dari luar mobil pun dapat terdengar didalam kabin mobil. Hal ini terjadi karena bodi mobil menggunakan material yang tipis dan karet peredam yang digunakan hanya satu lapis saja.

  1. Kenyamanan Suspensi

Kekurangan mobilio selanjutnya adalah pada kenyamanan suspensinya. Dapat dikatakan, Honda mobilio adalah yang paling kaku bila dibandingkan dengan mobil yang berada dikelasnya. Bila mungkin anda melewati jalan bergelombang atau polisi tidur, maka pastikan anda melewati jalanan tersebut dengan perlahan terutama pada suspense bagian belakang.

  1. Desain dan Kualitas Interior

Desain mobilio ini, hampir sama dengan Honda brio, hanya perbedaannya terletak pada pewarnaan mobil yang diberikan. Selain bentuknya yang juga kurang menarik, kualitas material serta fit dan finishing yang kurang baik. Anda juga tidak akan mendapatkan kompartemen penyimpanan yang melimpah seperti pada mobil kompetitor lainnya pada kelasnya.

  1. Sparepart yang Mahal

Spare part dari mobilio bisa dikatakan mahal, sehingga bila terjadi kerusakan ataupun pergantian komponen mobilio, maka anda sepertinya perlu merogoh kocek yang dalam.

  1. Material Pembuatan Mobil

Sebagian besar interior mobilio, terbuat dari plastik. Tentu saja ini sangat mengurangi kesan mewah dan elegant pada mobil.

Baca Juga ( 11 Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio )

Kelebihan Honda Mobilio 

  1. Kabin Mobil Cukup Lega

Ini yang sudah sempat disinggung sebelumnya, kabin mobilio cukup lega karena dapat menampung 7 orang sekaligus didalamnya. Padahal jika diamati eksteriornya, mobilio memiliki ukuran yang lebih rendah bila dibandingkan dengan mobil-mobil pada kelasnya. Dimensinya sendiri 43866 mm x 16833 mm x 1603 mm. Namun Honda memaksimalkan desain mobilnya, untuk memberikan ukuran kabin yang cukup luas tanpa harus memberikan kesan besar pada bagian eksterior mobil.

Disamping itu, didalam mobil terdapat beberapa fasilitas pendukung seperti : Panel instrument, Unit AC serta setir model 3 spok. Bagian kiri pada setir dilengkapi tombol control audio, sehingga dapat menunjang kenyamanan pengemudi dalam berkendara. Belum lagi jok didalam kabin mobil yang menggunakan jok empuk yang dilapisi kain. Semua joknya sudah dilengkapi dengan penopang kepala yang akan membuat pengemudi lebih nyaman. Tak lupa bahwa jok mobilnya dilengkapi dengan fungsi elektrik adjustable. Pada baris kedua memiliki fasilitas lipa 60:40 serta pada garis ketiga memiliki fasilitas lipat 50:50.

  1. Sistem Handling yang Baik

Seperti halnya produk Honda yang lainnya yakni Honda brio. Mobilio juga memiliki sistem handling yang baik, meskipun ia menggunakan sistem EPS yang terkadang dapat mengurangi feeling dalam mengemudi namun Honda mobilio sangat baik pada bodyroll sekaligus feedback setirnya, jika dibandingkan dengan mobil-mobil pada kelasnya, namun terkadang tetap terasa understeer karena bagian belakang yang terlalu panjang.

  1. Performa Mesin

Ini yang penting. Mesin Honda mobilio sangat bisa diandalkan. Ia menggunakan mesin 1500 cc L15Z1, mesin mampu menghasilkan tenaga sebesar 118 HP.

  1. Desain Eksterior Mobil

Dapat dikatakan bahwa desain eksterior mobilio merupakan yang paling keren dan berkelas dikelasnya. Dari bagian depan hingga belakang mobil, akan membuat anda terkesan pada tampilannya.

  1. Bagasi yang Luas

Bagi anda yang sering bepergian jauh serta membawa barang banyak. Mobilio sangat cocok untuk anda, karena mobilio memiliki bagasi yang cukup luas bahkan lebih luas dibandingkan bagasi yang ditawarkan pada mobil-mobil lain dikelasnya. Bahkan bagasi mobilio mengalahkan bagasi yang dimiliki Kijang Innova, padahal kijang innova sudah dikenal sebagai mobil dengan bagasi paling luas.

  1. Irit BBM

Honda memang dikenal akan teknologinya yang dapat menghemat bahan bakar. Hal ini yang membuat banyaknya konsumen tertarik. Penggunaan bahan bakar mobilio untuk didalam kota mencapai 10-12 km untuk 1 liter penggunaan bahan bakar. Irit bukan?

Baca Juga ( Inilah Perbedaan Mobil Manual dan Matic)

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan daripada mobil Honda mobilio tipe S. Mungkin anda yang tertarik ingin membeli mobil tersebut, artikel diatas dapat menjadi pertimbangan keputusan anda dalam membeli atau tidak. Terima kasih telah menyempatkan waktu membaca artikel di otomotif1. Semoga bermanfaat. Salam.

 

You might also like