Tips Merawat Ban Mobil Paling Mudah dan Tepat

Saat berkendara, kita harus senantiasa mengutamakan keselamatan. Karena bagaimanapun ada keluarga yang menunggu kita dengan setia dirumah. Lalu bagaimana jadinya jika anda sedang mengemudikan kendaraan dan tiba-tiba ban mobil anda bocor, pecah ataupun tergelincir, bahkan lebih parahnya lagi, terjadi lepas ban.

Faktanya, tidak melulu mesin mobil yang membutuhkan perawatan tapi ban mobil juga. Ban adalah satu-satunya bagian mobil yang menyentuh jalan dan juga ban pula yang menopang bobot mobil serta menahan guncangan saat melintas di jalur kurang rata atau rusak. Ban adalah bagian mobil yang paling sengsara, saat mobil anda kendarai. Maka dari itu perlu dijaga dan dirawat dengan benar.

Tips Merawat Ban Mobil

Selain yang telah disebutkan diatas, ban mobil juga berperan dalam pengereman dan juga pengendali arah mobil yang ia diatur oleh stir mobil. Jika anda sekarang sudah tahu fungsi dari karet ban, masihkan ingin meremehkan keadaan ban mobil anda?

Sudah tahu pentingnya ban mobil, maka ban harus dirawat dengan baik. Namun perawatan ban, tidak hanya dengan pergi ke bengkel atau sentra penjualan ban untuk melakukan proses pemasangan ban ke velg, balancing ataupun spooring saja.

Baca Juga ( Tips Merawat Lampu Mobil Anda )

Nah, dibawah ini adalah tips-tips mudah dan dirasa sangat tepat untuk merawat ban mobil anda :

  1. Memeriksa Tekanan Angin

Pertama, tekanan angin pada ban mobil anda harus stabil. Agar tetap aman, jika tidak stabil maka ban mobil akan cepat rusak.

Jika tekanan angin pada ban mobil anda kurang maka akan mengakibatkan penggunaan BBM yang meningkat karena tarikan mobil juga akan meningkat. Namun jika ban anda terlalu keras atau terlalu banyak angin, maka juga akan mengakibatkan masalah pada ban mobil anda.

Masalah yang ditimbulkan jika ban terlalu keras adalah membuat permukaan ban akan menjadi halus sehingga sangat membahayakan pengendara dan ban harus cepat diganti. Maka pemeriksaan terhadap tekanan angina pada ban, harus rutin.

  1. Menggunakan Ban Sesuai Standart

Jenis mobil tentu bermacam-macam dan ban mobil yang digunakan pun juga bermacam-macam. Ban mobil jenis city car akan berbeda dengan ban untuk jenis MPV karena memang bobot dan ukuran mobilnya juga berbeda, maka bagian bannya juga berbeda. Dengan begitu, menggunakan ban yang sesuai standart adalah cara yang bisa anda lakukan untuk merawat ban mobil anda.

  1. Merotasi Ban Mobil

Lakukan rotasi ban mobil secara berkala. Merotasi ban mobil adalah cara yang perlu dilakukan supaya ban mobil anda awet. Caranya yaitu dengan menukar posisi ban mobil secara berkala.

Ban depan akan sering terjadi gesekan rem ekstra saat mobil berbelok, sehingga ban depan lebih cepat gundul daripada ban belakang. Sebelum itu terjadi maka anda perlu menukar ban depan dan juga belakang.

Tukarlah posisi ban belakang dan ban depan anda setiap 5000 km sekali, supaya ban mobil anda panjang umur dan agar anda tidak terlalu sering membeli ban.

  1. Manghindari Lubang Saat Berkendara

Jalanan tidak selama lurus. Apalagi saat anda berkunjung ke desa ataupun daerah terpencil yang notabenenya jalanan yang penuh batu, berlubang dan mungkin berlumpur. Saat anda melintasi jalan rusak atau berlubang, dianjurkan untuk mengurangi kecepatan kendaraan karena bila jalanan rusak, ban mobil akan dihantam berkali-kali dan tentu saja akan cepat rusak.

Baca Juga ( Fungsi Differential Gear )

  1. Membawa Barang Secukupnya Saat Bepergian

Beban dan bawaan yang terlampau banyak akan mangakibatkan ban mobil cepat rusak. Kerusakan ini disebabkan karena mengangkut beban yang berlebihan saat berkendara adalah benang nylon pada lapisan carcas ban bisa putus dan lalu pecah, ini akan mengakibatkan mobil kehilangan kendali dan sebab terjadinya kecelakaan.

Perhatikan kode pada bagian ban, kode tersebut merupakan keterangan seberapa berat beban ban yang dapat ban tahan. Jangan memaksakan ban mobil anda untuk menahan beban yang berlebih, karena akibatnya tidak hanya berpengaruh pada ban mobil anda, tapi keselamatan anda juga.

  1. Memastikan Ban Sudah Tertutup dengan Tutup Pentil

Tutup pentil ban adalah barang yang sederhana namun banyak orang meremehkannya. Pastikan saat akan berkendara, tutup pentil ban terpasang pada ban karena jika ban mobil anda kehilangan tekanan angin, bisa-bisa ban mobil anda akan cepat rusak.

  1. Pemeriksaan Rutin Ke Bengkel

Peralatan yang lengkap, tentu saja terdapat dibengkel. Ini akan memudahkan pengecekan ban mobil anda dengan baik. Pemeriksaannya pun ditangani oleh orang-orang yang berpengalaman. Kunjungi bengkel didaerah anda sesuai jangka waktu yang ditentukan, minimal satu bulan sekali, maka ban mobil anda pun akan selalu dalam keadaan prima.

Namun, bisa juga anda rawat rutin dirumah namun sebagiannya lagi bisa anda serahkan ke ahli bengkel. Saat anda merawat rutin mesin mobil, jangan lupa untuk merawat ban mobil anda juga.

Baca Juga ( Cara Membersihkan Velg Mobil )

Nah, artikel tadi telah membahas tuntas mengenai tips mudah dan tepat dalam merawat ban mobil anda. Jangan lupa untuk senantiasa merawat ban mobil anda secara rutin. Selalu utamakan keselamatan dalam berkendara. Terima kasih telah menyempatkan waktu membaca artikel di otomotif1. Tunggu artikel luar biasa yang lainnya. Salam.

You might also like