5 Tips Mobil Hemat BBM Yang Mudah Dilakukan

Kebutuhan bahan bakar tentu saja menjadi kebutuhan utama yang cukup penting. Apalagi jika sering digunakan setiap harinya, maka tentu saja biaya yang dikeluarkan untuk bahan bakar tidak sedikit. Tak heran banyak orang yang mencari mobil-mobil yang memiliki konsumsi BBM yang irit.

Kebanyakan mobil saat ini memang sudah didukung dengan sistem pembakaran yang dapat menghemat konsumsi bahan bakar mobil anda. Namun, sebenarnya selain dari sistem pembakaran, anda juga bisa menghemat konsumsi BBM mobil anda dengan teknik mengemudi yang baik. Berikut penjelasannya:

1. Menginjak Pedal Gas dengan Perlahan

Semakin besar terbukanya katup gas, maka akan menyebabkan bahan bakar yang dikonsumsi semakin banyak. Saat menginjak gas spontan dan penuh, maka mobil akan membutuhkan bahan bakar lebih banyak. Sehingga hal inilah yang menjadikannya boros.

Sehingga biasakan untuk tidak menarik atau menginjak pedal gas mobil sesuka hati. Injak atau tarik pedal gas dengan stabil dan lembut. Usahakan ketika berakselerasi, dari diam hingga ke kecepatan yang diinginkan, pastikan untuk menggunakan posisi gear yang baik dan tepat. untuk mobil, cobalah untuk mengganti posisi gear ketika berada di putaran mesin 2.000-2.5000 rpm.

2. Atur Kecepatan Agar Tetap Stabil

Mengatur agar kecepatan mobil anda tetap stabil di jalanan yang sedang dilewati bisa dilakukan juga untuk membuatnya lebih irit. Misalnya saja saat berada di jalanan perkotaan, anda bisa mengatur kecepatan mobil agar stabil di kisaran 40-60 km/jam. Sedangkan untuk berkendara di jalanan yang bebas hambatan, anda bisa mencoba melaju di kecepatan maksimal 80 km/jam.

Jika anda ingin melakukan deselerasi, maka turunkan gear ketika putaran mesin berada dalam posisi rendah. Jika anda menurunkan gear saat posisi putaran mesin terlalu tinggi, maka akan menyebabkan konsumsi bahan bakar semakin tinggi.

3. Ketika Macet Panjang Maka Matikan Mesin

Macet diperkotaan besar memang sudah menjadi masalah yang umum. Tentu saja hal ini menjengkelkan, terutama ketika anda sedang mengendarai mobil sendiri Macet tidak hanya dapat membuat waktu anda terbuang saja namun juga membuat mobil anda boros bahan bakar.

Apalagi kemacetan di ibu kota terkadang lumayan lama dan panjang. Tips mobil hemat bbm yang dapat anda lakukan adalah dengan mematikan mesin mobil ketika mengalami macet panjang.

4. Berhati-Hati Saat Berada di Jalanan

Berhati hati ketika mengemudi di jalanan yang cukup padat. Jika terjadi perubahan kecepatan secara tiba-tiba maka akan juga mempengaruhi penggunaan bahan bakar. Selalu berhati-hati dan waspada saat berkendara di jalanan padara, jangan sampai terhadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti pengereman mendadak.

5. Jaga Intensitas Injakan Rem

Penggunaan rem yang tidak benar seringkali menjadi penyebab mobil boros. Usahakan untuk tidak menekan rem mobil secara terus menerus, terkecuali jika ada kebutuhan mendadakn seperti kendaraan yang tiba-tiba muncul di depan mobil anda. Sehingga hindari penggunaan mobil yang stop and go karena dapat membuat boros bahan bakar kendaraan anda.

Demikian tips membuat mobil lebih irit. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca!

You might also like