Perbedaan Mobil Rush dan Terios Lengkap

Toyota Rush dan Daihatsu Terios adalah jenis mobil yang masuk dalam kategori SUV (Sport Utility Vehicle). Padahal kedua mobil ini sebenarnya merupakan produk hasil kolaborasi pabrikan Toyota dan Daihatsu. Sehingga mobil rush maupun terios memiliki penampilan yang tidak jauh berbeda. Bahkan mesinnya sama sama berkapasitas 1500 cc VVT-I DOHC yang ia dapat mengeluarkan tenaga hingga 107 Hp. Selain itu, kedua mobil ini juga tersedia dengan pilihan transmisi manual dan otomatis.

Dengan kolaborasi ini, memang diharapkan Toyota maupun Daihatsu sama-sama menguasai pasar SUV di Indonesia. Namun, meskipun sekilas antara rush dan terios sama, kedua mobil ini ternyata juga lumayan banyak perbedaan didalamnya.

Bagi anda yang mungkin bingung memilih antara keduanya, artikel ini akan membahas tuntas perbedaan antara mobil Rush dan Terios.

  1. Eksterior Mobil

Kita mulai dari bagian luar terelebih dahulu. Meskipun keduanya sama-sama  gagah dan tangguh namun tetap saja terdapat perbedaan yang signifikan diantara keduanya. Perbedaannya terletak pada aksesoris yang digunakan. Pada Daihatsu Terios TS, desain velg masih standart yakni dengan dengan desain kaleng body, mobil juga tidak dilengkapi spoiler belakang serta aksesoris over fender.

Sedangkan pada Daihatsu Terios TX sudah difasilitasi dengan spoiler belakang sekaligus aksesoris over fender dan juga untuk Terios tipe TX Adventure, sudah dilengkapi dengan aksesoris yang paling lengkap diantara keduanya, yakni dengan tampilan mobil yang lebih gagah serta dilengkapi Body Kit Adventure.

Berbeda dengan Toyota Rush, pada tipe standart (Tipe G), sudah dilengkapi dengan aksesoris fender, spion over fender, sedangkan pada tipe S (TRD Sportivo) sudah ditambah dengan aerokit yang membuat tampilan mobil lebih gagah.

Baca Juga ( Memelihara Eksterior dan Interior Mobil )

  1. Jok Mobil

 

http://medanjokmobil.blogspot.co.id

Perbedaan antara Terios dan Rush selanjutnya adalah pada sisi interiornya. Terutama pada desain jok mobil. Toyota Rush, baik tipe S ataupun Tipe G menggunakan kursi 2 baris. Hal ini dimaksudtkan agar bagasi belakang mobil dapat menampung lebih banyak barang bawaan selama perjalanan. Jika memang anda menginginkan kursi di baris ketiga, anda  bisa menambahkannya sendiri namun tentunya membutuhkan biaya lebih.

Ini sangat berbeda dengan Daihatsu Terios yang jok mobilnya menggunakan model tiga baris di semua varian sehingga dapat menampung lebih banyak penumpang didalam kabin mobil. Namun ketika anda membutuhkan bagasi yang agak luas dari sebelumnya, anda hanya perlu melipat kursi di baris ketiga kedepan.

  1. Muatan Penumpang

Seperti yang dijelaskan diatas, kursi kedua mobil ini memang memiliki konsep yang berbeda. Rush menggunakan konsep 2 kursi, sedangkan Terios menggunakan konsep 3 baris. Sehingga otomatis muatan penumpangnya pun berbeda. Meskipun tampilan mobil cukup gagah dibandingkan merk-merk yang lainnya, namun Toyota Rush hanya bisa menampung hingga 5 orang penumpang didalam kabin mobil. Sedangkan Terios bisa menampung hingga 7 penumpang.

  1. Spion Mobil

Perbedaan selanjutnya adalah terletak pada spion mobil. Spion mobil pada Toyota Rush, sudah dilengkapi dengan penggerak spion elektrik, yang mana dapat diatur dari dashboard langsung dan tidak hanya pada kaca spion nya saja. Sedangkan pada Daihatsu Terios, Spion hanya bisa digerakkan dengan cara manual dan tidak bisa melalui dashboard. Kecuali pada tipe TX Adventure, pengaturan dari kaca spionnya dapat dilakukan langsung dari dashboard.

  1. Fitur Keselamatan

Fitur ini adalah yang terpenting. Sebelum anda membeli sebuah mobil, pastikan anda tahu benar fitur keselamatan yang ada didalamnya. Toyota Rush memang terbilang lebih unggul jika dibandingkan dengan Terios, hal ini karena Rush sudah dilengkapi dengan sistem rem ABS, Dual Airbags, hingga sensor parkir yang terletak dibagian depan mobil.

Sedangkan Daihatsu Terios memang belum dilengkapi fitur-fitur tersebut. Terios memang lebih mengutamakan kenyamanan, terutama saat melewati jalanan yang bergelombang.

  1. Seal Pintu Mobil

Perbedaan antara Rush dan terios lainnya adalah terletak pada Seal pintu mobil. Pada Toyota Rush, seal pada pintu mobil memang didesain lebih tebal sehingga mengesankan lebih senyap di dalam kabin mobil. Sehingga suara-suara yang ada di luar mobil tidak akan sampai masuk ke dalam kabin mobil dan membuat perjalanan lebih nyaman.

Bebeda dengan seal pada pintu Daihatsu Terios, seal pada pintunya memang tidak setebal Toyata Rush, sehingga membuat kesan yang kurang begitu senyap dalam kabin mobil. Sehingga menyebabkan suara di luar mobil dapat masuk ke dalam kabin dan ini tentu akan menimbulkan polusi suara.

  1. Sistem Suspensi

Perbedaan lainnya terdapat pada sistem suspensi. Sistem suspensi belakang mobil Daihatsu Terios memang lebih kaku serta mengayun, ini membuat penumpang yang duduk di bagian belakang mobil akan mengalami ketidaknyamanan selama berkendara. Bahkan karena kondisi sistem suspensi yang kurang bagus ini, mobil menjadi tidak terlalu stabil saat melewati jalan atau lingkungan yang tajam.

Berbeda dengan Toyota Rush, yang mana ia memiliki sistem suspense belakang yang lebih lembut sehingga membuat perjalanan akan semakin nyaman dalam kondisi apapun.

  1. Ukuran Ban Mobil

 

http://www.tirtamotorsport.com

Kembali pada unsur eksterior yakni Ban mobil. Pada Toyota Rush, terdapat ukuran ban yang lebih lebar yaitu 235. Tentunya ban mobil yang lebar ini berpengaruh pada penggunaan bahan bakar kendaraan. Sehingga konsumsi bahan bakar Toyota Rush lebih banyak.

Sedangkan pada Daihatsu Terios, ia menggunakan ukuran ban mobil yang lebih ramping yaitu 215. Walau bagaimanapun konsumsi bahan bakar kedua kendaraan ini tidak jauh berbeda.

Baca Juga ( Tips Merawat Ban Mobil Paling Mudah dan Tepat )

  1. Harga Mobil

 

www.jurnal.id

Sudah kita bahas hampir semuanya, mulai dari eksterior, interior hingga suspense. Sekarang bagian yang penting lagi yakni harga. Harga Daihatsu Terios dan Toyota Rush tentu berbeda.

Toyota Rush memang dibanderol dengan harga yang lebih tinggi mulai dari Rp. 239.400.000 hingga 267.350.000 Rupiah. Sedangkan Daihatsu Terios sendiri lebih murah yakni mulai dari 195.200.000 hingga 252.000.000 Rupiah. Perbedaan yang cukup jauh bukan?

Baca Juga ( Mobil Murah di Bawah 50 Juta Bandel dan Irit

 

Nah itu tadi perbedaan-perbedaan antara Rush dan juga Terios. Anda lebih tertarik yang mana?, Semoga menambah pengetahuan anda dan menjadi pertimbangan anda dalam membeli. Salam.

 

 

You might also like