Mobil Paling Irit BBM di Indonesia

Ada beberapa orang, yang sangat menyukai mobil dengan bahan bakar irit. Tentu saja ini bertujuan untuk menghemat keuangan dan menghindari pembengkakan dana. Seperti halnya akan membeli sebuah mobil, anda harus mempertimbangkan matang-matang fasilitas dari mobil yang anda beli. Untuk anda yang ingin memiliki mobil irit, anda juga harus memilih mobil yang irit.

Ada beberapa mobil yang memberi harga miring namun dengan kebutuhan bahan bakar yang sedikit. Bagi anda yang ingin membeli mobil irit, tentu ini adalah kabar gembira untuk anda.

Dengan membeli mobil irit, maka pengeluaran anda tidak terlalu besar untuk membeli bahan bakar minyak (BBM) dan keuangan anda dapat dialihkan kepada kebutuhan lain yang lebih penting

Artikel kali ini akan membahas mengenai mobil paling irit di Indonesia. Bagi anda yang belum tahu, mobil apa saja yang dimaksud. Tidak ada salahnya anda menyimak artikel ini.

  1. Kia Picanto 19 Km/Liter
www.youtube.com

Mobil irit pertama adalah Kia Picanto. Mobil ini merupakan produksi jepang. Jepang tidak mau kalah untuk bersaing BBM (Bahan Bakar Minyak) sehingga jepang meluncurkan mobil yang jepang sendiri bilang bahwa mobil ini tergolong murah dan mobil ini sangat irit dalam penggunaan BBM nya.

Mobil ini dibanderol dengan harga Rp. 171 Jutaan. Walaupun menurut jepang sendiri termasuk kategori murah tapi di Indonesia, harga tersebut sudah lumayan mahal. Namun sepertinya mobil ini akan sangat memuaskan penggunanyam karena dilengkapi mesin yang memiliki tipe Kappa 1,2 MPI Engine Dual CVVT DOHC dan memiliki kapasitas 2 Liter serta memiliki kapasitas silinder 1200 cc.

Kia Picanto juga dilengkaoi dengan fitur Eco Mode dan memberikan informasi tentang jumlah pemakaian bahan bakar, sehingga bagi anda yang mengendarai mobil ini akan terasa sangat efisien. Mobil ini juga bisa dibilang irit dalam penggunaan bahan bakarnya karena 1 liter saja, itu dapat menempuh perjalanan 19 km dengan berada di jalan yang stabil tanpa hambatan macet. .

Baca Juga ( Mobil Murah, Bandel dan Irit )

  1. Toyota Agya 19. 3 Km/Liter
toyotaagya.wordpress.com

Mobil paling irit di Indonesia selanjutnya adalah Agya. Toyota Agya adalah mobil yang memiliki harga dan pemakaian BBM yang cukup irit. Dalam pemakaiannya, mobil Toyota Agya ini dalam satu liternya, dapat menempuh jarak kurang lebih 19,3 km, dengan jalan bebas hambatan macet.

Sedangkan kemampuan yang dimiliki oleh mobil agya, tidak akan lepas dengan pemakaian mesin yang memiliki tipe 1KR DOHC 12 Valve yang ia memiliki teknologi yang full injection dan secara otomatis, sudah mampu meningkatkan efisiensi BBM. Soal irit, sudah tentu Agya dapat diandalkan. Selain itu, Toyota Agya ini juga menonjolkan keunggulan yang dimilikinya yaitu kemampuan mesin Toyota Agya yang masuk dalam kategori lumayan karena bisa menghasilkan power mencapai 6000 rpm dan torsi 3600 rpm yang melalui mesin dengan kapasitas 998 cc. Anda dapat memiliki mobil ini, hanya dengan membayar sekitar Rp. 110 Jutaan dan yang paling mahal yakni Rp. 150 Jutaan.

Baca Juga ( Mobil Anak Muda Irit dan Berkualitas )

  1. Daihatsu Ayla 19. 5 Km/Liter
paultan.org

Mobil irit di Indonesia selanjutnya adalah Daihatsu Ayla. Mobil ini memiliki keunggulan yang hemat dalam pemakaian bahan bakarnya. Selain irit, mobil ini juga lumayan murah yakni dengan sekitar Rp. 85 Jutaan hingga Rp. 120 Jutaan, mobil ini sudah dapat anda miliki.

Harga boleh saja murah, namun anda pertimbangkan sendiri keunggulannya. Keunggulan dari Ayla adalah dengan mesin yang bertipe D26F 1KR-DE yang memiliki 3 silinder, bisa menghasilkan power mencapai 6000 rpm dan torsi 3600 rpm.

Tidak berbeda jauh dengan Toyota Agya, yang telah dijelaskan sebelumnya. Ayla juga memiliki mesin dengan kapasitas 998 cc dan benar terbukti bahwa mobil ini memang irit BBM.

Rasio bahan bakar minyak (BBM) dalam satu liternya, Ayla dapat menempuh jarak sekitar 19,5 km. Ayla juga salah satu mobil yang cocok dijadikan mobil keluarga.

  1. Mobil Datsun Go + 19,7 Km/Liter

 

promomobildatsun.com

Mobil irit di Indonesia lainnya adalah Datsun Go + (Plus). Mobil ini diluncurkan karena merupakan salah satu kebijakan yang diberikan oleh pemerintah mengenai LCGC (Low Cost Green Car). Datsun Go + (Plus) adalah salah satu mobil yang telah diluncurkan dari anak perusahaan Nissan.

Datsun Go + (Plus) mampu memberikan mesin yang juga tak kalah tangguh jika dibandingkan dengan mobil yang sudah dikenal hemat BBM yang diluncurkan oleh Suzuki, Daihatsu maupun yang lainnya.

Mobil ini memiliki mesin yang bertipe Petrol Engine, yang memang sudah memiliki kapasitas silinder 1,198 cc dengan dilengkapi 3 silinder. Mesin yang digunakan Datsun Go + (Plus) terbukti sangat irit, karena denga 1 Liter saja, mobil ini dapat menempuh jarak 19,7 Km. Jika masalah harga, mobil ini dapat anda miliki, hanya dengan mulai Rp. 85 Jutaan hingga 105 Jutaan saja.

  1. Honda Brio Satya 20,1 Km/Liter

 

www.youtube.com

Mobil paling irit di Indonesia selanjutnya adalah Honda Brio Satya, yang sama dengan Datsun Go + (Plus), Honda Brio Satya juga memasuki kelas LCGC (Low Cost Green Car). Mobil ini memang sepertinya dirancang khusus sebagai mobil irit BBM.

Mobil ini menggunakan mesin 1.198 cc yang memiliki tenaga 88 dk dan bisa bertransmisi secara manual, sehingga dapat menjadikan mobil lebih hemat dibandingkan rival-rivalnya.

Mobil ini sangat irit, terbukti dengan 1 Liter BBM, Brio Satya dapat menempuh jarak sejauh 20,1 Km, tetapi dengan jalan bebas macet.

Baca Juga ( Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio )

  1. Suzuki Karimun Wagon R GS 20,7 Km/Liter

 

http://membelipengalaman.blogspot.co.id/

Mobil Suzuki Karimun Wagon R GS juga merupakan salah satu mobil yang hemat dalam penggunaan BBM. Suzuki Karimun Wagon R GS adalah mobil yang memiliki mesin dengan tipe K10B, DOHC yang ia sudah memiliki kapasitas silinder 99 cc dan sudah dilengkapi dengan pembakaran untuk bahan bakar yang memiliki teknologi multi-point fuel injection, sehingga mobil ini dapat melakukan pembakaran yang sempurna.

Suzuki Karimun Wagon R GS sudah terbukti hemat, bahwa hanya dengan 1 liter, mobil ini dapat menempuh jarak kurang lebih 20,7 Km tetapi dengan jalan raya bebas hambatan.

  1. Daihatsu Sirion M/T 20,8 Km/Liter
www.daihatsumedan.xyz

Mobil paling irit selanjutnya ialah Mobil Daihatsu Sirion M/T. Daihatsu Sirion M/T adalah salah satu mobil city car yang terbaik. Mobil ini memberikan tawaran dengan desain eksterior nya yang lebih stylish dan sporty. Sistem keamanan yang ada dalam mobil ini juga merupakan sistem keamanan terbaik saat ini.

Mobil dengan 16 Katup dengan empat silinder ini segaris menghasilkan mesin 1.298 cc. Maka dari itu, sirion mampu menempuh 20,8 Km Per Liter.

Mesin Daihatsu Sirion M/T sendiri termasuk mesin dengan tipe K3-VE, DOHC VVT-I, 4 Silinder, 16 Katup dan sudah memiliki kapasitas silinder sebesar 1298 cc.

  1. Renault Duster 1,5 dci RXL 21,1 Km/Liter

 

www.carwale.com

Mobil irit di Indonesia yang lain adalah Renault Duster 1.5 dci RXL. Renault Duster 1.5 dci RXL adalah mobil pertama dan satu-satunya SUV yang sudah kompak dengan menggunakan mesin diesel.

Renault Duster 1.5 dci RXL menggunakan mesin diesel turbo 4 silinder, K9K HP, Turbocharger yang juga sudah memiliki kapasitas 1.461 cc. Mobil ini juga sangat irit, terbukti dengan bahan bakar 1 liter saja, Renault Duster 1.5 dci RXL mampu mencapai jarak 22,1 Km, dengan jalan tanpa hambatan dan juga macet.

  1. Honda Brio 21,2 Km/Liter

Mobil irit di Indonesia lagi adalah Honda Brio. Honda Brio juga berhasil memperoleh penghargaan sebagai mobil yang sudah LCGC (Low Cost Green Car) terbaik pada tahun 2015.

Mobil ini juga termasuk irit BBM, karena Honda Brio menjadi salah satu mobil yang dikenal dengan irit BBM terbaik di Indonesia.

Mesin dari Honda Brio ini aitu 1,2 Liter SOHC Silinder yang segaris dengan 16 katup i-VTEC + DBW. Mesin-mesin yang telah diciptakan oleh Honda dengan tangan dingin, sudah diklaim dan memiliki rasio dalam mengkonsumsi bahan bakar mencapai 21,2 Km/Liter, pada saat dijalan bebas hambatan. Harga dari Honda Brio ini pun termasuk murah, yakni mulai dari Rp. 115 Jutaan sampai Rp. 125 Jutaan.

  1. Mazda 2 Skyactiv 21,5 Km/Liter
www.drive.co.uk

Mazda yang kita tahu, selalu mengeluarkan produk – produk terbarunya di Indonesia. Setiap produk baru selalu ada pembaharuan yang di lakukan dan hampir di seluruh bagian dari mazda mengeluarkan mobil yang modern dan efisien, tentu mazda ini sangat inovatif dan selalu saja memiliki fitur yang unggul.

Desain dari mazda yang telah diperbaharui ini, dari segi keamanannya sudah mendukung pada stabilitas mobil mazda sendiri dan memiliki kecepatan yang tinggi sehingga bisa meminimalkan hambatan dengan udara, pembaharuan seperti interior nya dengan menambahkan berbagai fitur dari keselamatan dan kenyamanan pengendara. Mobil Mazda 2 Skyactiv memiliki mesin yang 1500 cc dan bertenaga hingga 110 Hp.

Mobil Mazda 2 sudah dikenal sebagai mobil yang irit yakni dapat menempuh 21,5 Km/jam.

  1. Jaguar XE 2.0 Prestige 21,7 Km/Liter

Mobil irit selanjutnya adalah Jaguar XE 2.0 Prestige. Desain mobil Jaguar XE 2.0 Prestige terkesan mewah. Desain dari mobil Jaguar XE 2.0 Prestige yang mewah bisa dilihat mulai desain yang ada head lamp, yang pada  Mobil Jaguar XE 2.0 Prestige ini sudah menggunkan HID Xenon yang memiliki fitur teknologi DRL. Selain pada bagian itu maka yang berada di dapur pacu yang akan di bawa nya sudah pasti powerfull.

Dilihat dari mesinnya, Jaguar XE 2.0 Prestige memiliki mesin 4 silinder , tourbocharger dan dengan memiliki kapasitas mesin yang 1.999 cc daya max 197 dk/ 5.500 rpm. Mobil Jaguar XE 2.0 Prestige bisa membuktikan bahwa ia bisa mengkonsumsi BBM sebesar 21,7 Km/jam.

  1. Mitsubishi Mirage 22,4 Km/Liter

 

www.mitsubishi-motors.com.au

Mobil irit selanjutnya adalah Mitsubishi Mirage. Mitsubishi Mirage dikeluarkan pertama kali pada tahun 2012. Mitsubishi Mirage memiliki mesin berteknologi DOHC MIVEC yang telah di lengkapi dengan mesin yang mencapai 1,193 cc.

Selain itu Mobil mitsubishi mirage sudah di lengkapi dengan fitur ECI – MPI (Electronic Control Injection-Multi Point Injection) yang akan membuat Mobil mitsubishi mirage hanya membutuhkan 1 liter bahan bakar minyak (BBM) untuk perjalanan yang jarak tempuh nya 22,4 km.

Mobil mitsubishi mirage memiliki mesin yang irit dan mesin yang bandel sehingga menjadi sorotan tersendiri untuk Mobil mitsubishi mirage yang memang sangat jarang di miliki oleh mobil yang lainnya. Tetapi jika di lihat dari harganya, maka Mobil mitsubishi mirage masih menempati titik mobil yang masih kategori mahal karena Mobil mitsubishi mirage masih di pasarkan dengan harga yang jauh berbeda dari harga mobil yang lainnya yaitu sekitar Rp. 156 jutaan sampai dengan Rp. 180 jutaan

 

  1. BMW 320 D 27,2 Km/Liter
www.youtube.com

Mobil irit selanjutnya adalah BMW 320 D. Performa mobil ini memang tidak main-main. BMW 320 D menggunakan mesin diesel yang telah di gunakan oleh Mobil BMW 320 adalah mobil BMW Advance Diesel yang memiliki tenaga sangat mutakhir sehingga menghasilkan mobil yang memiliki tenaga tangguh.

Dalam mesin mobil BMW 320, ia memiliki auto star/stop sehingga dapat memberhentikan mesin mobil dengan otomatis jika mobil yang anda gunakan akan anda berhentikan. Sedangkan jika bicara interior, BMW 320 D juga memperlihatkan kemewahan dari desain interiornya yang menggunakan  kulit dari dakota oyster dan juga dari dakota black. Mesin dari Mobil BMW 320 D sudah menggunakan BMW Twinpower Turbo Diesel dengan silinder 2.0 liter dan juga dengan injeksi common rail dan turbocharger diesel. Mesin mobil ini bisa menghasilkan tenaga hingga 184 dk/ 4.000 sehingga bisa menghasilkan torsi maksimal 380 Nm.

Sedangkan untuk penggunaan bahan bakar, BMW 320 D dapat mengkonsumsi BBB yang bisa di bilang irit karena hanya menghabiskan 27,2 Km.

  1. Suzuki Calerio M/T 27,9 Km/Liter

Mobil irit di Indonesia yang terakhir adalah Suzuki Calerio M/T. Suzuki merupakan produsen terbaik yang berada di jepang, dan Suzuki pernah menduduki peringkat paling atas yang memiliki pabrik perakitan mobil yang jumlah nya sangat besar di dunia, tahun 2008. Tidak heran jika suzuki menjelajahi dunia pemasaran dan mampu memberikan daya saing yang sengit bagi produsen – produsen lainnya seperti honda, toyota dan lain sebagainya.

 

Dilihat dari Harganya, mobil suzuki juga masih di bilang cukup murah dan sangat terjangkau bagi masyarakat Indonesia. Mobil Suzuki Calerio M/T ini sudah menggunakan mesin K10B, 3-silinder, dengan MPI,  kapasitas 998 cc sehingga memberikan daya yang sangat maksimal 67 dk/ 6.000 rpm dan torsi maksimal 90 Nm/ 3.500 rpm.

Mobil Suzuki Calerio M/T juga mengkonsumsi BBB yang sangat  irit karena hanya menghabiskan 27,9 Km/ Liter.

Baca Juga ( Pilihan Mobil Sporty Untuk Pria )

Nah, itu tadi beberapa mobil paling irit di Indonesia. Yang mana yang membuat anda tertarik? Jangan lupa selalu mempertimbangkan matang-matang saat akan membeli. Terima kasih sudah membaca artikel di Otomotif1. Tunggu artikel-artikel selanjutnya. Salam.

You might also like