Kelebihan dan Kekurangan Mobil Avanza Terbaru

Anda yang sedang tertarik untuk membeli mobil avanza, sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu kekurangan dan kelebihan dari mobil yang satu ini. Toyota Avanza resmi diluncurkan sejak tahun 2003. Nama Avanza sendiri berasal dari bahasa italia yang bermakna “peningkatan”. Saat peluncurannya, Avanza dinyatakan sebagai mobil MPV paling murah yang dikeluarkan oleh Toyota. Disaat peluncuran, tak heran jika Avanza ini terjual hingga 100.000 unit di tahun pertama.

Kami akan mengulas review Toyota Avanza terlebih dahulu, dari segi eksterior, Interior, performa, keamanan dan juga konsumsi bahan bakar dari mobil Avanza ini.

Kelebihan Toyota Avanza

  1. Eksterior dan Interior Avanza

Hal pertama yang perlu dibahas adalah Eksterior mobil terlebih dahulu. Avanza terlihat mengalami perubahan berangsur-angsur selama 10 Tahun terakhir. Padahal awal munculnya, mobil ini tampil dengan sempurna dan lebih mementingkan fungsinya dibanding desain mobilnya. Hingga kurun 10 Tahun terakhir ini, tampilan Avanza lebih stylish dan elegan, sehingga lebih diminati oleh konsumen. Namun perbedaan yang paling kentara dari All New Avanza dan Grand Avanza adalah dari segi desain grill. Desain terbarunya, grillnya dibuat menjadi lebih besar dan bilah horizontalnya menjadi lebih banyak.

Perbedaan segi eksterior, terlihat dari velg yang dipakai. Di awal masa produksi mobil Avanza ini modelnya cukup rapat dan berkelir silver pada 6 spoke. Kemudian pada tahun 2006, velg 6 spoke ini berubah desainnya yang semakin manis dan terus ada inovasi. Pada Toyota Avanza generasi kedua, velg diganti dengan desain 4-Spoke. Kemudian, pada grand Avanza, velgnya dibuat menjadi lebih sporty dengan kombinasi dua warna yaitu alumunium dan hitam.

Sedangkan jika kita berbicara masalah interior. Inovasi dari Avanza terlihat dari kabinnya, desain lingkar kemudi dan control AC. Warnanya didominasi dari dua tingkat warna yang menambah mobil menjadi lebih terlihat modern.

Pada ruang kabin Avanza, perubahan juga terjadi pada control AC. Perubahan ini sebenarnya terlihat dari segi pemakaian warnanya saja, dari yang awalnya berwarna biasa menjadi berwarna black gloss. Perubahan warna interior ini terus diupayakan agar Avanza tetap terlihat berkelas.

Baca Juga ( Memelihara Eksterior dan Interior Mobil )

       2. Performa Toyota Avanza

Performa Avanza juga mengalami perbedaan dari setiap generasinya. Saat ini mesin yang digunakan oleh Toyota Avanza adalah Variable Valve Timing Injection atau VVT-I bahkan generasi terbaru berubah performa menjadi dual VVT-I.

Dengan membeli tekhnologi pengaturan katup variable model VVT-I maupun Dual VVT-I pada Avanza, tenaga yang tersalur sudah terasa sejak rpm menengah. Dampak dari ini adalah proses produksi daya juga bisa digapai lebih halus dan tentu ini berimbas pada konsumsi bahan bakar yang bisa ditekan lebih baik.

Dan lagi, pedal gas yang dihadirkan oleh Toyota Avanza lebih ringan diinjak dan akan memperoleh laju kecepatan yang lebih maksimal. Performanya pun lebih baik.

Jika bicara terkait tingkat kenyamanan. Tingkat kenyamanan dari generasi ke generasi Avanza tentu lebih baik, suspensinya tidak lagi bermasalah. Kaki-kaki mobil ini kini dibuat lebih lembut dan juga tidak ada bantingan keras. Sistem handlingnya pun lebih presisi dan tidak lagi muncul getaran pada dashboard serta suara mendengung dari luar kabin.

Baca Juga ( Kelebihan dan Kekurangan Mobilio Tipe S )

       3. Keamanan Toyota Avanza

Keamanan merupakan aspek terpenting yang perlu diperhitungkan saat anda ingin membeli sebuah mobil. Fitur keselamatan Toyota Avanza saat ini juga lebih lengkap dibandingkan generasi-generasi sebelumnya. Seperti misalnya, adanya kunci dengan Immobilizer. Sistem kunci ini sangat penting dan fungsi mesinnya akan merespon untuk bisa di starter, jika menggunakan anak kunci yang memiliki kode sama dengan sistem kode mesin. Hal ini tentu lebih menjamin tingkat keamanan mobil ini.

Avanza keluaran terbaru juga terdapat sabuk keselamatan pada tiga titik untuk penumpang tengah di jok baris kedua atau side Impact Beam, Sealtbelt ini untuk seluruh penumpang, kemudian Toyota Avanza juga dilengkapi dengan Rem Anti Lock Braking System (ABS) di semua varian mobil Avanza.

Lebih amannya lagi, bagi pengemudi dan penumpang depan, sudah dilengkapi dengan piranti keselamatan seperti ;Dual SRS Airbags dan sabuk pengaman yang dilengkapi dengan Pretensioner and Force Limiter. Tentu saja hal ini dapat mencegah terjadinya cidera, jika memang terjadi benturan atau kecelakaan, yang terakhir terkait sistem keamanan avanza yakni Avanza juga terdapat Seatbelt warning yang akan menyala dan berbunyi untuk menandai penumpang yang tidak memakai sabuk pengaman.

        4. Konsumsi Bahan Bakar

Bicara tentang konsumsi bahan bakar. Avanza dengan performa mesin VVT-I membuat mobil ini hemat dalam mengonsumsi bahan bakarnya. Disamping itu juga masih dilengkapi Indikator ECO yang ia dapat menjadi acuan pengemudi untuk mendapatkan konsumsi bahan bakar yang optimal.

Grand New Avanza dengan mesin 1.300 cc dan transmisi manual, konsumsi bahan bakar 13,5 Km/Liter dijalan biasa perkotaan dan hanya 18 Km/Liter saat melalui jalan tol.

Baca Juga ( Mobil Paling Irit BBM Di Indonesia )

Kekurangan Toyota Avanza

  1. Limbung Dalam Kecepatan Tinggi

Kekurangan ini sangat disayangkan, bagi anda pengguna Avanza dan kebetulan mengendarai mobil anda dengan kecepatan tinggi, apakah anda merasa limbung? Ini merupakan salah satu kekurangan mobil ini. Sedangkan pada kecepatan rendah, mobil akan terasa empuk. Hal ini terjadi karena lingkaran pegas spiralnya lebar, sehingga membuat mobil ini terlihat sangat bongsor, bilan dibandingkan dengan dimensi Shockabsrober dan juga ukuran bodi.

      2. Aki Bermasalah

Memiliki kekurangan juga pada aki. Mobil Avanza seringkali bermasalah terkait aki. Biasanya mobil menjadi sulit dihidupkan ketika mesin panas. Namun untuk keluaran terbaru, masalah ini tidak terlalu banyak terjadi.

       3. Ventilasi Cepat Pudar

Ini kekurangan Avanza untuk yang kesekian kali. Sirip Ventilasi yang berada dibawah wiper ini sayang sekali cepat sekali pudar. Walaupun mungkin sudah diantisipasi dengan cat mengkilap. Hal ini menjadi tidak nyaman ketika kita melihatnya. Agar hal ini tidak sering terjadi, gunakanlah semir sepatu warna hitam yang berbentuk pasta untuk mengembalikan warna hitam pada wiper.

 

Nah, itu tadi telah kita kupas tuntas terkait kekurangan dan kelebihan Mobil Toyota Avanza. Mungkin artikel ini akan sangat berguna untuk anda yang sedang mempertimbangkan ingin membeli mobil ini atau tidak. Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk membaca artikel di Otomotif1. Salam.

You might also like