Cara Membersihkan Filter Udara Sesuai Bahannya

Filter udara berperan cukup penting dalam sebuah mobil. Terutama untuk mendukung kinerja dari mesin mobil. Filter mobil dapat digunakan untuk menyaring udara yang akan masuk ke ruang bahan bakar guna proses pembakaran. Sehingga udara yang masuk terbebas dari debu dan kotoran. Sebab, hal itu dapat menyebabkan proses pembakaran terhambat.

Jika udara yang masuk lebih bersih, maka tentu saja membuat peforma mobil semakin bertenaga dan membuat mesin tidak mudah panas. Namun jika kondisi udara kotor, maka hal ini lah yang menjadi penyebab mobil panas.  Hal ini biasanya terjadi karena kondisi filter udara yang memang sudah kotor akibat tertumpuknya kotoran dan debu halus di permukaannya. Sehingga membuat aliran udara yang menuju bahan bakar tidak menjadi lancar.

Filter Udara Berbahan Karton 

Apabila jenis filter udara mobil anda berbahan dasar karton atau keras, maka cara yang tepat untuk membersihkannya adalah dengan menggunakan udara atau gin dengan tekanan yang tinggi (kompresor). Cara ini akan membuat debu dan kotor yang menempel di permukaan filter otomatis akan bersih. Karena berbahan dasar kertas, maka jangan sampai anda membersihkannya dengan menggunakan air karena akan menyebabkan kerusakan.

Filter Udara Berbahan Spon

Bagi filter filter udara yang berbahan dasar spon, maka anda bisa mencucinya langsung. Caranya pun sangat mudah, anda hanya perlu melarutkan sabun cuci ke dalam air dan kemudian celupkan filter udara tersebut ke dalamnya. Setelah itu remas-remas namun jangan terlalu kencang dan jangan dikucek karena bisa merusak filter udara mobil anda. Setelah itu keringkan dengan cara diangin-anginkan ataupun dijemur.

Filter Udara Berbahan Kain

Cara membersihkan filter udara yang berbahan kain bisa anda lakukan dengan metode yang sama seperti membersihkan filter dengan bahan spon. Namun anda juga dapat menggunakan larutan oli yang khusus untuk cleaner dan degreaser yang dpat melepaskan debu dan kotoran yang melekat pada permukaan filter udara. Setelah itu anda dapat menyemprotkan dengan menggunakan udara atau angin yang bertekanan tinggi.

  • Buka penutup udara terlebih dahulu dan mengeluarkan elemen atau bahan filter udara mobil tersebut
  • Bersihkan dimulai dari tempat filter udara terlebih dahulu
  • Lalu bersihkan bahan filter sesuai dengan bahan dasar dari filter udara tersebut
  • Jika memang sudah bersih dan kering, anda bisa langsung memasangnya kembali ke tempat semula
  • Jangan lupa untuk memasangkan kembali penutup dari filter udara.

Filter udara minimal dibersihkan setiap menempuh 1000 km dan diganti saat sudah mencapai 5000 km. Namun, apabila anda sering menggunakan mobil di medan yang berat dan ekstrim, maka akan lebih baik lagi jika anda lebih sering membersihkan filter udara.