Penyebab Mobil Boros BBM dan Cara Mengatasinya

Sebagian besar dari masyarakat kita, akan mencari mobil dengan penggunaan bahan bakar yang irit. Bagaimanapun jika penggunaan bahan bakar irit, maka uang bisa disisihkan untuk tabungan ataupun untuk memenuhi kebutuhan yang lainnya. Misalnya saja seorang ibu rumah tangga yang mencari mobil yang irit karena agar anggaran biaya bulanan tidak membengkak, seorang mahasiswa anak kos yang hemat biaya untuk kebutuhan-kebutuhan lainnya. Umumnya seseorang memang menyukai mobil yang irit. Namun faktanya, ada juga mobil yang kita miliki sudah irit, namun tiba-tiba saja boros? Apakah hal ini pernah anda rasakan?

Artikel hari ini akan membahas terkait penyebab mobil boros BBM serta cara mengatasinya. Apabila mobil anda termasuk mobil yang irit namun tiba-tiba boros. Anda perlu menyimak artikel dibawah ini :

  1. Filter Udara Yang Mampet

Penyebab pertama mobil anda boros adalah filter udara yang mampet. Filter udara merupakan komponen penting yang berfungsi menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran. Sehingga memang hanya udara saja yang dapat menembus kedalam filter yang satu ini. Namun biasanya terdapat juga debu yang terbawa oleh udara yang masuk lalu menempel pada permukaan filter, maka ini menyebabkan penimbunan debu dalam waktu yang lama.

Tentu saja penimbunan debu tersebut akan mengganggu kelancaran pasokan udara, sehingga membuat kerja mesin semakin berat. Ini yang akan menyebabkan bensin akan terasa lebih cepat habis. Kondisi ini pula yang menyebabkan tenaga mesin mobil ngempos. Untuk mengatasi hal ini, anda harus rutin membersihkan filter udara. Gunakan air bertekanan untuk membuat debu-debu yang menempel bisa bersih.

Baca Juga ( Cara Membersihkan Filter Udara )

  1. Mesin yang Berkerak

Sebaiknya memang anda sering-sering melihat kondisi mesin anda dan membersihkannya. Karena ternyata kerak-kerak yang menempel pada mesin anda dapat menjadi penyebab mobil anda tiba-tiba boros. Kerak pada mesin mobil dapat membuat peforma mobil menjadi berkurang. Hal ini karena volume pada ruang bahan bakar menjadi menurun dan berdampak pada tenaga mesin yang dikeluarkan. Akibatnya tentu saja konsumsi bensin akan semakin boros.

  1. Sering Menyalakan AC Pada Suhu yang Terlalu Dingin

Apakah hal ini masih sering anda lakukan? Lebih baik jika udara sudah cukup dingin, anda tidak perlu menyalakan AC. Karena hal ini juga menyebabkan pengeluaran bahan bakar mobil anda menjadi lebih banyak.

AC mobil menjadi hal yang sangat penting bagi kenyamanan saat berkendara, terutama jika kondisi cuaca sedang panas-panasnya. Sehingga tak heran jika saat ini banyak orang yang memanfaatkan AC mobil ini untuk “ngadem” meskipun mobil tidak sedang dikendarai. AC mobil yang dinyalakan terlalu sering apalagi dalam kondisi suhu yang dingin akan menyebabkan konsumsi bensin yang boros jika digunakan terus menerus.

Saat anda menyalakan AC, maka kompresor AC akan berputar untuk memompa refrigerant. Tentua saja daya yang digunakan kompresor AC ini menjadi banyak, apalagi jika suhu yang dinyalakan terlalu dingin.  Hal ini lah yang membuat tenaga mobil akan terbagi ke bagian kompresor. Sehingga anda perlu menekan pedal gas yang lebih dalam saat sedang berkendara.

  1. Kompas Kopling Selip

Mengapa Kompas Kopling Selip juga dapat menjadi penyebab mobil anda boros? Karena Kampas kopling mobil yang selip dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada proses power train dari mesin menuju sistem transmisi. Sehingga RPM mesin tidak tersalurkan dengan baik. Untuk itu cobalah untuk mengecek kondisi kampas kopling mobil anda. Jika terjadi selip, maka anda harus segera menggantinya dengan yang baru.

  1. Oli Belum Diganti

Sekarang coba anda ingat dengan baik, kapan terakhir anda mengganti oli mobil anda? Ternyata Oli mobil yang lama tidak diganti, dapat menjadi penyebab borosnya penggunaan bahan bakar mobil anda.

Baca Juga ( Akibat Kelebihan Oli Pada Mobil )

Terutama bagi anda yang menggunakan mobil matic. Jika tiba-tiba merasakan konsumsi bahan bakar kendaraan menjadi semakin boros, cobalah untuk mengecek kondisi oli anda. Ketika kondisi oli transmisi sudah tidak baik, maka dapat menimbulkan berbagai masalah salah satunya yaitu konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Sehingga rutinlah mengganti oli matic mobil anda tepat waktu dan gunakan oli mobil terbaik dan berkualitas.

 

Nah, itulah tadi penyebab mobil menjadi boros. Anda harus tetap memeriksa mobil anda secara rutin dan mengantisipasi agar hal-hal diatas tidak terjadi pada mobil anda, sehingga mobil anda menjadi boros. Terima kasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel di Otomotif1. Salam.

 

 

You might also like