Mobil SUV Paling Irit dan Bertenaga

Mobil SUV, saat ini tengah banyak digandrungi masyarakat Indonesia. Tampilannya terlihat kokoh dan tangguh, selain itu mobil ini juga bisa dibilang serba guna karena dapat digunakan untuk kebutuhan di perkotaan maupun digunakan didalam kondisi jalanan yang seperti tidak berbentuk jalanan sekalipun (Terjal).

Disamping tampilannya yang macho dan fungsinya yang serbaguna, mobil SUV terbaru saat ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang sangat lengkap dan menarik.

Namun beberapa masyarakat kita, juga mencari mobil SUV yang irit pemakaian bahan bakarnya. Karena jika bahan bakar mobil itu irit, dana atau keuangan anda dapat diarahkan kepada hal lain yang lebih penting.

Maka dari itu, artikel kali ini akan membahas mengenai beberapa mobil SUV yang irit dan juga bertenaga, apa saja mobil-mobil yang dimaksud. Simak artikel dibawah ini :

  1. Renault Duster (20 Km/Liter)

Mobil SUV irit pertama adalah Renault Duster. Mobil yang berada dikelas low SUV ini ternyata memiliki reputasi tinggi sebagai mobil SUV irit dan tak kalah bertenaga. Dengan 1 Liter saja, mobil yang satu ini dapat menempuh jarak hingga 20 Km. Angka tersebut tentu saja melebihi dari LCGS lainnya. Selain irit, mobil impor dari India ini juga dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

  1. Chevrolet Captiva S S (16,5 Km/Liter)

Mobil yang memiliki kesan mewah ini disenjatai dengan mesin diesel DHOC 2.4 liter yang memiliki kapasitas sebesar 2.384 cc, dapat mengeluarkan tenaga hingga 171 Ps dan torsi maksimum 225 Nm. Mobil yang satu ini juga dilengkapi dengan transmisi 6 percepatan baik MT ataupun AT, mobil mewah ini juga dibekali teknologi Dual Continuous Variable Cam Phasing dan DBW yang dapat meningkatkan sekaligus mengoptimalkan kinerja mesin kendaraan. Tak hanya itu, mesin Chevrolet Captiva S S ini juga mampu menghemat pemakaian bahan bakar menjadi 16,5 km untuk pemakaian 1 liter bahan bakar.

  1. Nissan X-Trail (15,7 Km/Liter)

Nissan X-Trail

Mobil SUV paling irit selanjutnya adalah Nissan X-Trail. Nissan X-Trail memang lebih menggunakan konsep City Cruiser yang dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi mobil yang satu ini. Mobil ini juga memiliki 3 varian mesin, membuat nya makin diidolakan konsumen di pasar otomotif Indonesia. Nissan X Trail terbaru dapat membuat gesekan pada sistem transmisi berkurang yang membuatnya lebih hemat bahan bakar. Untuk 1 liter bahan bakar saja, mobil ini dapat menempuh perjalanan sejauh 15,7 kilometer. Berbagai fitur keselamatan dan keamanannya yang melekat pada mobil ini juga membuat berkendara anda akan semakin nyaman.

  1. Ford Everest (15,7 Km/Liter)

Lalu Ford Everest. Ford Everest adalah SUV andalan terbaru, tersedia dalam 3 varian mesin yang berbeda, yaitu 2000 c + teknologi ECO Boost, mesin diesel 2200 cc, mesin berkapasitas 3200 cc Durator. Adanya teknologi ECO Boost ini dipercayai mampu membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit namun tetap bertenaga. Hal ini dibuktikan dengan catatan pemakaian dari mobil ini yang hanya menggunakan 1 liter bahan bakar untuk jarak sejauh 15,7 kilometer.

  1. Hyundai Santa Fe (15,51 Km/Liter)

Mobil SUV irit bertenaga selanjutnya adalah Hyundai Santa Fe. Mobil keluaran Hyundai ini disenjatai dengan mesin berkapasitas 2.199 cc yang dapat mengeluarkan tenaga maksimal mencapai 198 Hp dan torsi mencapai 445 Nm. Meskipun angka torsi tersebut agak kecil dalam kelas SUV, namun ini lah yang membuat mobil ini mengkonsumsi bahan bakar yang cukup irit. Dengan penggunaan 1 liter bahan bakar saja dapat digunakan menempuh perjalanan sejauh 15,51 km luar kota.

  1. Mazda CX-5 (15 Km/Liter)

Mazda CX-5 juga termasuk mobil SUV yang irit dan juga bertenaga. Mobil ini disenjatai dengan berkapasitas 2.500 cc yang dilengkapi teknologi Sky Activ, dapat menghasilkan tenaga hingga 187 Hp dan torsi 250 Nm. Dengan adanya teknologi ini, tentu saja dapat membuat kerja mobil lebih optimal mulai dari sistem transmisi, bodi, sasi, hingga mesin, sehingga menghasilkan konsumsi bahan bakar yang cukup irit. Untuk 1 liter bahan bakar, mobil ini mampu menempuh hingga 15 km perjalanan.

  1. BMW X1 (14,8 Km/Liter)

Sepertinya khusus mobil yang satu ini, ia tidak mengandalkan mesin mobil, agar dapat membuat konsumsi bahan bakarnya irit. Namun yang membuat mobil ini irit adalah karena mobil ini lebih mengandalkan fitur fitur canggih yang ada pada mobil. Misalnya saja fitur ECO Pro Mode yang dapat membuat mengemudi menjadi lebih efisien dan mengurangi konsumsi bahan bakar hingga mencapai 15%. Selain itu juga terdapat fitur Auto Start-Stop yang dapat menghemat konsumsi bahan bakar yang terbuang sia-sia dengan cara mematikan mesin sementara saat dalam kondisi tertentu, misalnya terhenti di lampu lalu lintas dan berbagi fitur lainnya. Sehingga hal ini membuat konsumsi bahan bakar hanya sekitar 14,8 km/liter.

  1. Mazda CX3 (14 Km/Liter)

Mazda CX3 juga termasuk kedalam SUV paling irit dan bertenaga lainnya. Dalam catatan EPA, mobil ini dapat menghabiskan 1 liter bahan bakar untuk menempuh perjalanan 12 km (jalanan luar  perkotaan) dan 14 km untuk perjalanan kota. Dengan body nya yang modis dan tangguh membuat anda akan merasakan sensasi berkendara yang menyenangkan.

  1. Honda CRV (14 Km/Liter)

Berdasarkan catatan EPA. mobil ini mampu berjalan hingga 14 km dengan hanya 1 Liter saja. Namun meskipun irit, peforma dari mesin ini tetap sangat responsif karena disenjatai dengan  mesin  SHOC yang dapat menyemburkan tenaga hingga 150 Hp.

  1. Honda HR-V (14 Km/Liter)

Mobil keluaran Honda yakni HR-V ini juga dimasukkan kedalam rekomendasi mobil SUV yang paling irit dan bertenaga. HR-V memiliki keunggulan pada tempat duduknya yang dapat dilipat ke bagian belakang untuk kargo. Meskipun fitur hiburan memang masih dirasa kurang, namun HR-V dapat menjadi pilihan mobil yang nyaman dan irit dikendarai. Dalam catatannya, mobil ini dapat menempuh perjalanan hingga 14 km (di dalam kota) dan 11 km ( di luar kota) hanya dengan 1 liter bahan bakar saja.

  1. Nissan Juke (13 Km/Liter)

Mobil yang bergaya sporty dan memiliki desain radikal ini memiliki konsumsi bahan bakar yang juga cukup irit. Akselerasi mobil ini juga cukup baik dan kinerja konsumsi sekitar 28/32 mpg atau setara dengan penggunaan 1 liter bahan bakar untuk perjalanan 13 kilometer di dalam kota serta 11 kilometer untuk perjalanan luar kota.

  1. Daihatsu New Terios (12,8 Km/Liter)

Mobil SUV yang juga irit dan bertenaga adalah Daihatsu New Terios. Mobil SUV ini memiliki tampilan yang cukup premium dengan menghadirkan 2 pilihan sistem transmisi, yaitu manual dan juga otomatis. Dengan mesin DHOC berkapasitas 1495 cc, mobil ini dapat mengeluarkan tenaga hingga 109 Ps dalam putaran 6000 rpm. Meski begitu, Daihatsu New Terios dipercaya 6% lebih irit dibandingkan sebelumnya karena adanya teknologi terbaru Electrci Power Steering yang membuatnya dapat melaju hungga 12,8 kilometer dengan 1 liter bahan bakar.

Baca Juga ( Bridgestone Alenza, ban resmi Toyota All New Rush dan Daihatsu All New Terios )

  1. Toyota Fortuner (11 Km/Liter)

Fortuner

Mobil irit dan bertenaga kali ini adalah produksi dari Toyota. Toyota Fortuner ini dibekali dengan 2 varian mesin yakni mesin bensin 2,7 Liter Dual VVT-i dan mesin diesel 2.4 liter New Super GD Engine VNT Turbo. Mesin mobil Toyota Fortuner ini tidak hanya dapat mengeluarkan tenaga yang besar saja, namun juga dapat menghemat penggunaan bahan bakar. Rata-rata pemakaian bahan bakar hanya 1 liter untuk penggunaan perjalanan sejauh 11 km.

  1. Hyudai Tucson (10,9 Km/Liter)

Mobil yang juga irit dan bertenaga selanjutnya adalah Hyundai Tucson. Mobil keluaran Hyundai ini disenjatai dengan mesin NU 2.0 MPI berkapasitas 1.9999 cc yang dapat mengeluarkan tenaga hingga 158 Ps. Meskipun peforma mesin cukup besar, namun konsumsi bahan bakar mobil ini cukup efisien. Dengan 1 liter bahan bakar saja, mobil ini mampu menempuh perjalanan 10,9 kilometer pada perjalanan di dalam kota dan 8,8 kilometer untuk perjalanan luar kota.

Baca Juga ( Mudik Nyaman Serasa Didalam Kabin Jet Pribadi Kelas Premium New Hyundai H-1 Royale )

  1. Mitsubishi Pajero Sport (9,1 Km/Liter)

Lalu Mitsubishi Pajero Sport. Mobil yang disenjatai dengan mesin dengan kapasitas 2.477 cc 4 silinder ini dilengkapi dengan teknologi Common Rail Direct Injection Diesel yang mana membuatnya mampu menghasilan tenaga mencapai 178 dk dan toris 350 Nm. Mobil besar ini cukup tangguh dengan menggunakan sistem transmisi 5 percepatan. Tak hanya tangguh dan bertenaga saja, mobil SUV ini juga irit bahan bakar. Dalam penggunaan 1 km saja, mampu menempuh hingga 9.1 km.

Baca Juga ( Mobil SUV Murah dan Irit )

Nah, itu tadi sekiranya beberapa mobil SUV yang irit dan juga bertenaga. Yang mana yang membuat anda tertarik? Yang jelas sesuaikan dengan kebutuhan dan juga kantong anda. Terima kasih telah menyempatkan waktu membaca artikel di Otomotif1. Salam.

You might also like