IMZ Ural Motorcyle, Motor Tentara Beruang Merah Yang di Pakai TNI AL

 

Surabaya, Otomotif.com – Kehadiran sepeda motor Ural asal Rusia, bukanlah baru, melainkan sudah dipamerkan di GIIAS 2016 silam. Jadi Ural Motorcyle bukanlah kendaraan baru untuk sebagian kalangan di tanah air.

Kehadiran motor yang memiliki gandengan samping (sespan) ini, digadang-gadang kehadirannya di Indonesia ada kaitannta dengan pembelian pesawat Sukhoi era Presiden Megawati.

Motor buatan IMZ Ural Motorcycle pertama kali digunakan oleh Marinir Indonesia sebagai kendaraan tempur (Ranpur) hadiah dari pemerintah Rusia untuk Indonesia.

Ural memang terkenal sebagai produsen kendaraan dan peralatan perang di Rusia. Tidak mengherankan jika motor ini memiliki spesifikasi yang layak untuk dipakai perang.

Asal tahu saja, Motor Ural ini di Negara asalnya adalah produk asli tunggangan tentara merah yang diusung dengan mesin berkapasitas 750 cc, seluruh model Ural dilengkapi dengan sespan.

“Ini desainnya dipertahankan klasik, jadi masih identik dengan gaya tentara,” kata CEO Ural Motorcycle Indonesia Michael Sofyan, ketika dihubungi Otomotif1 Rabu (16/5).

Sementara untuk produk yang di jual di Indonesia  Ural Retro dan Gear Up tidak jauh beda dengan yang digunakan tentara merah Rusia, dengan dibekali mesin dua silinder Boxer berkapasitas 750 cc dengan sistem asupan bahan bakar karburator kembar dari Keihin L 22 AA. Tenaga disalurkan ke roda belakang melalui transmisi empat percepatan manual mencapai 40 tk.

Uniknya, meski memiliki tampilan klasik, tapi rem cakram sudah menggunakan single discBrembo.

Di Indonesia, Ural Motorcycle Indonesia menyediakan empat varian model, yakni CT Daily Commuter yang dijual seharga Rp 325 juta, Gear Up Hello Adventure seharga Rp 405 juta, M70 Retrotun dibanderol Rp 375 juta, serta Patrol Touring Comfort seharga Rp 375 juta.

Sofyan menjelaskan, seluruh produk Ural menggendong kapasitas mesin yang sama, hanya model yang membedakan masing-masing produk. Untuk bahan, produk ini terbuat dari baja, baik bagian bodi sepeda motor sampai jeruji.

“Memang ciri khas akan terus dipertahankan. Motor ini tangguh dan menjadi andalan untuk medan off road,” ujarnya.

Bagi Anda pecinta kendaraan tempur atau beraura militer, mungkin sepeda motor ini bisa menjadi salah satu koleksi anda.

 

 

You might also like